Keunggulan Jurusan Teknik Informatika

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada masa sekarang yang telah banyak memasuki era digital, tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan lagi. Banyak perusahaan yang terus berkembang demi kelancaran usahanya, maka dari itu kita juga harus pandai pandai bermain di dunia digital ini. Sebenarnya kehidupan yang kita rasakan ini memiliki resiko tentang radiasi yang ditimbulkan oleh teknologi maka dari itu ada baiknya kita sebagai orang yang terjerumus dalam bidang informatika, harus mencari cara untuk mengurangi tingkat radiasi yang di hasilkan oleh teknologi tersebut.

    Banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi, bisa berbicara dengan jarak  yang jauh, bertatap muka dengan jarak yang jauh, serta berbisnis di bidang teknologi secara daring (disebuah jaringan yang biasanya kita sebut dengan online). Ada beberapa aplikasi yang dilakukan secara daring oleh anak negeri, salah satunya yaitu aplikasi  “ Pasti Hebat ” , aplikasi yang bisa menumbuhkan pendidikan yang ada di Indonesia menjadi maju. Hal ini membuktikan bahwa informasi telah mudah di dapat dari berbagai teknologi yang telah maju. Ada semacam jurusan atau prodi (program studi) yang mempelajari tentang ilmu informasi yaitu teknik informatika.

    jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang mempelajari  prinsip – prinsip dari ilmu komputer serta analisa matematis digunakan untuk desain, pengujian, pengembangan, dan pemeriksaan operating system ( sistem operasi ), software ( perangkat lunak ),  dan kerja komputer. Pada jurusan ini, siswa akan memelajari mulai dari menghasilkan ide yang kreatif, dan kita bisa mengaplikasikan ide tersebut di kehidupan nyata, memecah fungsi-fungsi, serta menciptakan struktur - struktur instruksi yang bisa di bilang sangat detail dalam bahasa pemrograman.

    Dalam hal ini juga kita bisa belajar mengenai apa saja yang harus dilakukan terhadap system yang error. Mahasiswa Ilmu Komputer atau ilmu informatika  harus menjadi ahli dalam bidang sistem operasi dan aplikasi agar memastikan bahwa dasar operating system ( sistem operasi ) bekerja dengan baik. Ada keunggulan keunggulan dalam jurusan teknik informatika, yaitu :

    1. Memahami Pemrosesan Informasi pada Komputer

    Pada hal informatika, ada alat yang digunakan untuk memprosesnya yaitu computer. Dalam jurusan teknik informatika kita bisa mengetahui proses atau pun alur dari proses informasi dalam computer. Itu akan memungkinkan kita agar bisa paham dan mengerti jika ada kendala pada pemrosesan pada computer.

    2. Peka Akan Perkembangan Teknologi

    Yang sudah kita ketahui, informasi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Jika kita sudah mempelajari bagaimana informasi itu bekerja, maka kita akan mudah menerima hal yang baru pada teknologi.

    3. Menciptakan dan mengembangkan perangkat keras (hardware)

    Sangat dimungkinkan bagi mahasiswa jurusan teknik informatika untuk membuat suatu perangkat sendiri. Itu akan menjadi peluang kerja bagi kita sendiri dan mungkin bisa membuat lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

    4. Menciptakan dan Mengembangkan perangkat lunak (Software)

    Dalam pengembang teknologi harus ada system manajemen suatu hardware atau perangkat keras. Maka dari itu softwarelah yang akan memanajemen hardware. Jika kita membuat dan merancang suatu program, maka itu juga akan menghasilkan suatu asset bagi kita. Asset itu akan menjadi sangat berharga untuk menghidupi diri sendiri bahkan keluarga.

    5. Dapat Mendevelop Sebuah Sistem

    Hal yang sangat berguna jika suatu perusahaan mempunyai orang yang bisa membuat system dari perusahaan tersebut. Orang tersebut bisa berasal dari mahasiswa jurusan teknik informatika. Itu merupakan keunggulan yang sederhana tapi bermanfaat bagi kehidupan. Hal ini bisa membuat diri kita menjadi seorang developer (Pengembang)

    6. Banyaknya Lapangan Pekerjaan bagi Lulusan Teknik Informatika

    Ini merupakan hal yang sering dicari dalam berbagai jurusan. Akan tetapi dari teknik informatika akan banyak dicari bagi penerima kerja. Jadi kesimpulannya, jurusan ini mempunyai banyak peluang kerja.(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunggulan Jurusan Teknik Informatika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar