Keterampilan Yang Harus Dikuasai Agar Mudah Melamar Pekerjaan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Anda harus mempunyai keterampilan yang berguna dalam dunia pekerjaan yang semakin maju dengan diikuti oleh perkembangan teknologi. Keterampilan seperti itu mengubah masa depan kita menjadi lebih baik karena mereka datang dari apa yang terbaik dalam diri kita. Singkatnya, menguasai keterampilan belajar seumur hidup yang bermanfaat ini membantu kita bekerja, belajar, dan hidup lebih baik.

    Keterampilan sangat mirip dengan banyak soft skill yang mungkin pernah Anda dengar. Itu ada hubungannya dengan bagaimana kita terhubung satu sama lain, dan dengan dunia di sekitar kita. Dalam banyak hal, mereka juga tentang membangun hubungan. Dengan mengingat hal ini, mari kita lihat keterampilan yang bermanfaat bagi semua orang — siswa, pendidik, orang tua, dan sebagainya.

    1. Kreativitas

    Tidak mengherankan jika faktor kreativitas masuk dalam daftar. Ini bukan hanya pengejaran pembelajaran yang berharga; itu juga penting untuk kesuksesan di sekolah dan di tempat kerja. Untuk alasan ini Kreativitas Kefasihan digunakan di ribuan sekolah di seluruh dunia.

    Mengapa Kreativitas Penting: Pasar global lebih kompetitif dari sebelumnya. Produk-produk inovatif berkembang pada kemampuan organisasi untuk merancang dan menyajikannya dengan cara-cara yang menyenangkan secara estetika. Pemikiran kreatif dan aplikasi menarik perhatian konsumen dan mendapatkan kesetiaan mereka. Pada akhirnya, kreativitas adalah bahasa umum yang dapat kita semua pelajari untuk mengomunikasikan hasrat dan gagasan kita.

    2. Pemecahan Masalah

    Sejauh keterampilan belajar seumur hidup bermanfaat pergi, yang satu ini mungkin yang paling penting. Memecahkan masalah dunia nyata dengan proses seperti Solution Fluency sangat penting untuk bertahan dan berkembang di masa sekarang dan masa depan.

    Mengapa Pemecahan Masalah: Dunia sedang berubah dan akan terus berubah secara dramatis. Dengan demikian anak-anak kita akan menyelesaikan masalah di masa depan yang bahkan belum dapat kita bayangkan. Mereka akan menghadapi tantangan yang membutuhkan keterampilan untuk mendefinisikan masalah, merancang solusi yang tepat, dan memanfaatkannya secara efektif. Keterampilan memecahkan masalah membantu mereka menangani apa pun mulai dari menulis daftar belanja hingga merancang dan mewujudkan impian terbesar mereka.

    3. Berpikir Kritis

    Kemampuan untuk berpikir kritis adalah suatu keharusan untuk kesuksesan masa depan di dunia yang terus berubah. Ini tentang berpikir secara mandiri, bertanggung jawab, dan produktif. Bahkan, salah satu definisi terbaik dari pemikiran kritis dapat ditemukan di sini. Mengapa Berpikir Kritis Penting: Cara kita berpikir tentang dunia, diri kita sendiri, dan satu sama lain memengaruhi lebih dari sekadar pengalaman pribadi. Ia memiliki peran dalam menentukan masa depan segala sesuatu dan semua orang dan seluruh dunia — ini adalah "Efek Riak." Sudah menjadi bagian dari banyak filosofi budaya selama ribuan tahun, mengingatkan kita bahwa bagaimana kita memilih untuk berpikir dan bertindak memengaruhi seluruh dunia kita. Kita tidak harus diliputi olehnya, cukup dengan menyadarinya karena itu menuntun praktik berpikir kritis kita.

    4. Kepemimpinan

    Memahami kepemimpinan adalah salah satu keterampilan belajar seumur hidup yang bermanfaat yang dapat mengubah hidup orang. Lagi pula, orang yang memimpin bukan hanya orang yang mengelola banyak hal. Apa yang dilakukan seorang pemimpin adalah menginspirasi, memotivasi, dan memberdayakan. Para pemimpin sejati melihat yang terbaik dalam diri orang dan mengajar mereka untuk memanfaatkan potensi mereka dalam semua yang mereka lakukan.

    Mengapa Kepemimpinan Penting: Pemimpin alami adalah aset di setiap kelas dan di setiap angkatan kerja. Siapa pun yang perilakunya berubah dari "Aku bisa melakukannya" ke "kita bisa melakukannya" membuat semua orang lebih baik. Adalah kemandirian dan kemauan mereka untuk mengambil tanggung jawab untuk mewujudkan hal-hal baik, tidak hanya sekadar menyelesaikan pekerjaan. Itulah sebabnya para pemimpin melihat lebih banyak, melakukan lebih banyak, dan belajar lebih banyak.

    5. Komunikasi

    Di era digital, komunikasi telah berubah melampaui interaksi tatap muka. Kami berkomunikasi menggunakan teknologi lebih dari sebelumnya. Meski begitu, media apa pun yang kita pilih ada keterampilan yang bisa kita peroleh untuk membantu kita berkomunikasi lebih efektif.

    Mengapa Komunikasi Penting: Di sekolah, kami bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan solusi terhadap tantangan dan masalah yang kami hadapi. Menariknya, kami melakukan hal yang sama persis di tempat kerja. Satu-satunya cara ini dapat dilakukan secara efektif adalah dengan komunikasi yang baik. Memiliki keterampilan komunikasi berarti lebih sedikit stres, lebih banyak produktivitas, dan hubungan yang lebih baik.

    6. Rasa penasaran

    Pembelajaran seumur hidup didorong oleh rasa ingin tahu. Di luar kerasnya sekolah, tidak ada pendidik atau teman sebaya untuk memotivasi kita untuk belajar dan memperluas pikiran kita. Mengembangkan rasa ingin tahu tidak diragukan lagi merupakan salah satu keterampilan belajar seumur hidup paling bermanfaat yang dapat Anda miliki.

    Mengapa Keingintahuan Penting: Sederhananya, tanpa rasa ingin tahu tidak ada pembelajaran. Rasa ingin tahu yang menumbuhkan dapat menyebabkan saat-saat di mana seorang pelajar berkata, "wow, saya tidak pernah berharap itu di sekolah." Ini adalah jenis reaksi yang menunjukkan bahwa anak-anak sebenarnya dapat jatuh cinta pada pembelajaran. Dengan demikian, mereka adalah jenis momen yang berusaha diciptakan oleh guru.

    7. Kolaborasi

    Ini berarti dapat bekerja dalam kelompok yang bersifat fisik dan virtual. Ini mencakup kemahiran dalam komunikasi, empati, dan nilai-nilai kepemimpinan. Ini juga berarti dapat bekerja dengan seseorang di seluruh dunia dengan mudah dan produktif seperti seseorang di seberang ruangan. Inilah sebabnya mengapa Kefasihan Kolaborasi adalah salah satu Kefasihan Esensial yang diajarkan di ruang kelas di seluruh dunia.

    Mengapa Kolaborasi Penting: Bekerja dalam kelompok adalah ciri khas era digital. Ruang kelas dan bisnis kami menggabungkan kerja tim dalam praktik sehari-hari mereka. Dengan demikian, kemampuan kolaboratif memiliki tempat permanen di antara keterampilan belajar seumur hidup yang paling bermanfaat yang harus dikembangkan oleh semua siswa.

    8. Manajemen Informasi

    Informasi pada dasarnya adalah semua hal di Internet, dan itu hidup dan berkembang. Bahkan, menurut VCloud News, sekitar 2,5 triliun byte data dibuat secara online setiap hari. Selain itu, statistik ini hanya akan semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Ada begitu banyak di luar sana sehingga seperangkat keterampilan diperlukan untuk menguraikan banyak dari itu dan membuatnya berguna. Inilah yang diajarkan Kefasihan Informasi kepada kita.

    Mengapa Manajemen Informasi Penting: Berurusan dengan informasi berarti kita dapat menentukan apa yang berharga dan membuang apa yang palsu atau dipertanyakan. Ini penting untuk menghasilkan solusi dan produk yang asli dan bermanfaat. Ini juga merupakan aspek penelitian dan atribusi sumber yang tepat, hal-hal yang perlu diketahui oleh setiap warga digital yang baik.(Irma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keterampilan Yang Harus Dikuasai Agar Mudah Melamar Pekerjaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar