Cara Belajar Desain Grafis Otodidak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat ini, profesi desainer grafis semakin dibutuhkan karena teknologi grafis yang lebih maju memfasilitasi pembelajaran. Meskipun istilah grafis mengarah ke seni dan tidak semua orang memiliki bakat artistik yang hebat, belajar grafis tidak ada salahnya.

    Seni itu relatif dan akan sangat menyenangkan jika kita bisa mengambil gambar dan kemudian mengunggahnya ke media sosial. Banyak lembaga yang menawarkan magang desain grafis di Indonesia, bahkan beberapa universitas, menawarkan spesialisasi dalam desain grafis atau ingin menyelesaikan studi desain grafis di luar negeri.

    Namun, terkadang biaya, waktu dan energi tidak dapat mengarah pada keputusan untuk belajar sendiri. Tetapi banyak orang sering mengeluh. Sangat sulit untuk belajar desain grafis sendiri atau sebagai seniman otodidak.

    Tentu saja, ketika kita mempelajari subjek sains, kita harus mulai belajar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentangnya. Salah satunya adalah ilmu desain grafis.

    Selain itu, banyak dari Anda mungkin tidak tahu cara belajar desain grafis? Padahal, belajar grafik itu mudah karena Anda bisa mempelajarinya sendiri, itu otodidak. Apa pendapat Anda tentang grafik otodidak?

    1. Tanamkan niat

    Memang benar bahwa orang mengatakan bahwa ketika kita melakukan sesuatu, itu harus didasarkan pada niat yang tertanam dalam hati. Ini juga berlaku untuk pembelajaran desain grafis, terutama bagi mereka yang mencari desainer yang andal. Tanyakan pada diri Anda apakah desain grafis adalah hasrat Anda, jika tidak, Anda mungkin akan belajar setengah jalan.

    1. Mulai dari Software Mudah

    Dari perangkat lunak sederhana Metode belajar desain grafis belajar mandiri adalah memilih perangkat lunak yang menurut Anda paling mudah. Ada dua perusahaan desain, Adobe dan Macromedia. Anda dapat memilih perangkat lunak yang paling sederhana dan paling menghibur.

    Setelah Anda tahu perangkat lunak mana yang akan Anda gunakan, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu dan tidak mencoba perangkat lunak lain. Jika Anda sering mengubah perangkat lunak, mungkin tidak ada perangkat lunak yang Anda kuasai. Jika Anda terbiasa menggunakan perangkat lunak, beralihlah ke perangkat lunak desain lainnya untuk meningkatkan keterampilan Anda.

    1. Lupakan buku tutorial

    Jika Anda ingin membiasakan diri dengan desain, Anda dapat membeli buku teks di toko buku. Namun, itu lebih efektif jika Anda mencoba mencoba banyak perangkat lunak daripada membaca buku. Karena jika Anda mencoba sesuatu dan terjadi kesalahan, Anda akan lebih mengerti.

    1. Buat objek yang mudah

    Anda mungkin sering menemukan karya desain menarik yang akan membuat Anda mencoba kreasi tersebut. Nah, karena posisi pemula Anda bisa jadi lebih sulit. Hal terbaik untuk dilakukan di awal latihan adalah mencoba benda sederhana. Misalnya, gambar mangkuk, kacamata, televisi, atau barang yang Anda temukan mudah.

    Ada banyak cara untuk belajar desain grafis, tetapi belajar secara bertahap menjadi hal yang bijak. Mengapa? Karena belajar grafik seperti bermain game, akan ada level yang membuat Anda lebih baik. Ketika Anda secara bertahap belajar, tanpa menyadarinya nanti, Anda akan mencoba hal-hal sulit, dan jika Anda berhasil mengatasinya, kemampuan Anda akan meningkat.

    1. Ikut komunitas

    Cara selanjutnya untuk belajar desain adalah mengikuti komunitas desain yang ada. Dalam komunitas yang baik, diskusi biasanya terjadi dan kemudian keterampilan dan pengetahuan Anda diperluas. Dan biasakan menjadi aktif ketika Anda bergabung dengan komunitas. Jika Anda belajar grafik autodidactic, Anda harus malu.

    1. Bersabar

    Mungkin Anda telah melihat teman-teman Anda yang pandai desain dan Anda tidak bisa pergi. Tidak ada kata langsung di dunia grafis. Perlu pelatihan berkelanjutan, perkelahian, dan pengorbanan untuk melakukannya. Nah, kesabaran akan sangat membantu Anda. Sabar dulu dan jangan pernah menyerah.

    1. Open minded

    Pikiran terbuka adalah karakter yang sangat penting ketika Anda perlu mencoba hal-hal baru yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya. Selain itu, dengan kemampuan ini Anda dapat merekam kritik dengan cara yang sehat. Tingkatkan kemampuan Anda untuk tumbuh cepat.

    Berikut cara belajar desain grafis secara otodidak, semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi anda yang ingin mendalami desain grafis secara otodidak.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Belajar Desain Grafis Otodidak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar