Tips Hilangkan Jenuh Saat Belajar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kejenuhan adalah sesuatu hal yang selalu dialami seseorang. Kejenuhan ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Seperti contohnya jenuh dalam hubungan halal, jenuh dalam menggapai mimpi, jenuh dalam menonton dan yang paling anak zaman now rasakan adalah jenuh saat belajar. Jenuh ini bisa menyebabkan seseorang ngantuk, melamun, dan tidak bisa diam. Rasa jenuh juga bisa muncul karena tidak ada motivasi pada diri manusia . Meskipun beberapa mata pelajaran mungkin tidak membuat Anda tertarik sama sekali, Anda kadang-kadang harus mempelajarinya karena itu diperlukan untuk pekerjaan Anda atau itu adalah bagian dari mata kuliah utama yang Anda pilih. Dengan mengingat hal ini, mempelajari sesuatu yang tidak Anda sukai atau yang sangat membosankan bisa membosankan. Dalam artikel ini, temukan beberapa tips tentang cara belajar tanpa bosan.

    Saat Anda mempelajari sesuatu yang tidak Anda sukai, Anda mungkin akan bosan. Meskipun ada banyak tanggal, penulis, atau teori yang sama sekali tidak menarik bagi Anda, Anda tetap harus mempelajarinya. Dengan demikian, kebosanan dapat membuat Anda menunda-nunda dan meninggalkan belajar selama menit terakhir. Pada gilirannya, ini akan menyebabkan banyak stres dan kecemasan. Untuk menghindarinya, cobalah tips berikut ini.

    • Bangkitkan Rasa Ingin Tahu Anda

    Salah satu cara belajar tanpa bosan adalah membangkitkan rasa ingin tahu Anda. Keingintahuan membantu Anda belajar dengan relatif mudah. Karena itu, ini adalah salah satu musuh terbesar kebosanan. Bahkan, jika rasa ingin tahu Anda dibangunkan, gangguan akan lebih tidak mungkin.

    Bayangkan Anda mempelajari Sebuah teori tetapi buku teks menjelaskan semuanya dengan cara yang sangat linier dan membosankan. Mungkin beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah mencari video, tertarik dengan apa yang terjadi dalam hidupnya atau, lebih baik lagi, membaca beberapa teks yang ditulisnya. Tentunya akan ada sesuatu yang menarik perhatian Anda. Mungkin itu adalah sesuatu yang tidak ada di buku teks Anda dan akan mendorong Anda untuk belajar lebih banyak.

    • Belajar dalam Kelompok

    Meskipun dalam banyak kasus studi individu hampir penting, belajar dalam kelompok dapat menjadi cara yang bagus untuk belajar tanpa bosan. Bahkan, itu bisa lebih memperkaya. Menindaklanjuti contoh kami sebelumnya, bayangkan bahwa seseorang di kelas Anda menyukai Shakespeare. Anda bisa mendapat banyak manfaat dari ini jika Anda belajar bersama mereka. Misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada mereka dan mengklarifikasi beberapa keraguan Anda.
    Selain itu, kelompok belajar membantu memotivasi diri sendiri untuk belajar. Misalnya, jika Anda semua setuju untuk membahas topik tertentu lebih awal pada hari berikutnya, akan ada insentif untuk mencegah Anda menunda-nunda.

    • Bergerak sambil Belajar

    Cara lain yang bagus untuk belajar tanpa bosan adalah dengan bergerak. Selain itu, ini akan membantu Anda menyimpan informasi yang telah Anda pelajari. Tentunya Anda telah bertemu banyak orang yang cenderung belajar dengan lantang saat berjalan dari satu tempat ke tempat lain.

    Ini mengaktifkan pikiran Anda dan mencegah rasa kantuk yang timbul karena duduk atau tidak bergerak dalam waktu lama. Setiap tingkat aktivitas fisiologis dasar akan menghilangkan sensasi kantuk. Pada saat yang sama, itu juga akan mempromosikan retensi konsep-konsep baru.

    • Tetapkan Tujuan Kecil dan Hadiahi Diri Anda Sendiri

    Cara hebat lain untuk melawan kebosanan saat belajar adalah dengan memotivasi diri sendiri dengan tujuan-tujuan kecil. Misalnya, jika Anda harus belajar aljabar atau mata pelajaran matematika lainnya, Anda dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan meninggalkan kursi sampai Anda dapat menyelesaikan masalah dengan benar.

    Setelah Anda mencapai ini, Anda dapat menghargai diri sendiri atas waktu dan usaha Anda. Misalnya, Anda bisa pergi keluar untuk berlari, berjalan-jalan pendek, atau makan sepotong cokelat. Kemudian, Anda dapat melanjutkan dengan tujuan lain. Misalnya, memecahkan serangkaian masalah yang lebih rumit.

    • Jadilah Kreatif

    Kiat terakhir tentang cara belajar tanpa bosan adalah menjadi kreatif, karena akan membuat sesi belajar Anda lebih menyenangkan. Jika ada sesuatu yang tidak dapat Anda pelajari, seperti nama peristiwa penting dalam sejarah, Anda dapat menggunakan post-it untuk membuatnya tetap terlihat dan tidak melupakannya.

    Anda juga dapat membuat lagu atau mencoba mengingat sesuatu seolah-olah itu sebuah cerita. Selain itu, garis bawah dapat membantu Anda belajar tanpa bosan. Ada banyak pilihan. (Irma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Hilangkan Jenuh Saat Belajar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar