Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Passion

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memilih jurusan kuliah adalah hal yang paling membingungkan siswa. Bukan hanya karena biaya, tetapi banyak pertimbangan harus direncanakan. Salah satunya adalah menentukan siapa yang memiliki prospek karier yang menjanjikan di 2018 dan tahun berikutnya.

    Meskipun ini tampaknya tidak sulit, para siswa baru di semester kedua sering menyesal bahwa mereka telah membuat pilihan yang salah di perguruan tinggi. Rasa penyesalan ini telah dibuktikan dalam publikasi ilmiah dalam Pendidikan Psikolog Integritas Pengembangan Fleksibilitas (IDF). Irene Guntur, M .Psi., Psi., CGA, mewakili sekitar 87% siswa Indonesia yang keliru masuk perguruan tinggi.

    Sejumlah besar untuk pendidikan Indonesia. Apakah Anda ingin menjadi salah satu dari 87% siswa? Pertimbangkan kiat-kiat berikut untuk menentukan gelar universitas yang tepat.

    Mengapa Anda harus berhati-hati ketika memilih mata pelajaran utama? Karena jika Anda membuat pilihan yang baik, Anda bisa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan, menyelesaikan disertasi dengan cepat, dan menyelesaikan lebih banyak, karena setiap proses belajar lebih antusias.

    1. Tentukan Departemen Kuliah Siapa hasrat Anda?

    Aset utama dalam menentukan jurusan kuliah adalah untuk mengamati hasrat yang ada pada Anda. Karena gairah adalah langkah pertama dalam menentukan tujuan akhir karier Anda.

    Salah satu cara yang paling tepat untuk menentukan hasrat Anda dalam memilih jurusan adalah memilih area yang menjadi hobi Anda dan selalu membuat Anda kehilangan perhatian dalam aktivitas sehari-hari.

    1. Berkonsultasilah dengan mahasiswa yang lebih berpengalaman

    Pengalaman adalah ilmu yang berharga di dunia. Nasihat siswa atau profesional berpengalaman adalah pilihan yang tepat. Anda tidak hanya harus bekerja di lapangan, tetapi Anda juga harus belajar lebih banyak tentang prospek pekerjaan di departemen. Siapa orang yang paling berpengalaman? Jawabannya diberikan kepada siswa semester 6, staf departemen dan dosen.

    1. Apakah Anda sudah punya pilihan kuliah? Pastikan Anda tidak hanya mengikuti orang lain

    Siswa sekolah menengah sering memiliki kehidupan sosial yang tinggi. Saya selalu ingin bermain dan belajar dengan teman-teman yang merupakan teman baiknya di sekolah menengah.

    Sampai akhirnya saya membuat janji untuk bersama selamanya, bahkan sampai usia tua, apakah saya memilih mata pelajaran universitas atau pekerjaan. Pikiran seperti inilah yang harus Anda hindari.

    Karena yang menentukan tujuan akhir karier Anda adalah Anda. Jangan ragu untuk mendapatkan rincian dari kursus yang Anda pilih sebelumnya. Kiat-kiat ini juga sangat berguna untuk melatih keterampilan pengambilan keputusan Anda.

    1. Cari program kuliah yang memotivasi Anda

    Apakah tujuan karir anda? Siapa yang Anda inginkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak, pemasaran atau perancang digital?

    Anda harus menggali motivasi dalam diri Anda sendiri sebelum memutuskan arah mana yang harus dipilih. Karena motivasi akan sangat membantu Anda mengatasi segala hambatan yang dapat membuat Anda malas, kuliah, bekerja malas hingga akhirnya Anda meninggalkan perguruan tinggi.

    Dengan motivasi yang kuat, Anda akan dengan mudah menemukan program magang terbaik di awal semester.

    1. Cari kursus universitas yang sesuai dengan kepribadian Anda

    Ternyata selain hasrat, kepribadian juga berperan penting dalam menentukan jurusan. Padahal, ini adalah salah satu faktor yang membuat seseorang sukses di bidang ini. Kepribadian yang dapat ditentukan jurusan adalah:

    Realistis

    Pemikir

    Artistik dan kreatif

    Asisten

    Mereka hanya ingin berkomunikasi dan terhubung

    Terorganisir

    Saya suka mengajar

    Ilmu Politik

    Perusahaan

    Bahasa

    Mode

    Sejarah

    Psikologi

    Seharusnya Anda bisa dengan mudah mengklasifikasikan 13 kepribadian dalam kategori jurusan kuliah. Contohnya adalah kategori pikiran artistik dan kreatif, Anda dapat memasukkan kepribadian itu ke dalam desain utama komunikasi visual.

    1. Pertimbangkan perspektif perguruan tinggi

    Pilihan program universitas tidak terbatas pada subjek. Sangat mudah untuk dipahami dan dilakukan, karena sudah menjadi hasrat Anda sejauh ini. Akhirnya, perspektif departemen harus disebutkan. Tiga pertanyaan yang diajukan adalah:

    Apakah ini mengarah pada pekerjaan yang lebih populer di industri?

    Apakah jumlah peserta di sebagian besar universitas masih kurang?

    Berapa gaji untuk jenis pekerjaan di departemen ini?

    Saat melihat prospek, disarankan untuk melihat prospek selama 5 tahun ke depan. Alasannya adalah Anda dapat menerima maksimal lima tahun lagi.

    1. Lakukan sedikit riset dengan menentukan program gelar

    Prospek bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan ketika memilih program utama untuk perguruan tinggi Anda berdasarkan minat Anda. Tetapi untuk sistem pendidikan yang Anda pilih di universitas, apakah itu baik atau tidak?

    Meskipun kampus terkenal di Indonesia bukanlah instrumen yang memungkinkan Anda untuk mengejar karir yang lebih baik daripada siswa dari universitas lain. Jika Anda tahu bagaimana sistem pengajaran diterapkan di kampus pilihan Anda, minat Anda untuk belajar kursus meningkat.

    Saran terbaik untuk mengidentifikasi jurusan kuliah berdasarkan minat Anda sambil mencari prospek pekerjaan yang baik untuk tujuan karir global.

    Kunci untuk mencapainya adalah tidak terlalu bersemangat untuk memilih, terutama ketika meneliti. Dapatkan kredibilitas dari informasi yang Anda terima. Kemudian ikuti keputusan yang sesuai dengan hati Anda.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Dengan Passion
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar