Bahaya Bakso Bagi Ibu Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bakso adalah makanan yang melekat pada orang sehari-hari. Makanan dalam bentuk bakso dan campuran mie, sayuran dan sup membuat makanan ini diterima oleh semua kalangan, termasuk wanita hamil. Tapi bisakah wanita hamil makan bakso?

    Sebelumnya, mari kita lihat bahan apa yang digunakan dalam semangkuk bakso. Satu porsi bakso terdapat bahan-bahan yang terdiri dari bakso terbuat dari ayam atau daging sapi, tepung tapioka, telur, dan bawang putih. Kaldu dibuat dari tulang sapi, lada, daun bawang, gula bawang putih, bawang merah, dan kaldu. Sedangkan campuran lainnya terdiri dari mie, sawi dan tauge, kecap, cuka, MSG, dan saus cabai.

    Namun, sayangnya mengonsumsi bakso tidak dianjurkan untuk wanita hamil, karena makanan lezat ini dapat mengganggu perkembangan janin di dalam rahim. Berbahayanya jika wanita hamil mengkonsumsi bakso. Bakso berbahaya bagi wanita hamil, jika diproses dan disajikan secara tidak benar.

    Seperti kita ketahui, laporan beredar bahwa bakso menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti boraks sehingga bakso kenyal, beberapa menggunakan bahan pengawet seperti formalin, atau menggunakan bahan-bahan non-segar seperti daging yang tidak lagi layak untuk di konsumsi.

    Inilah yang membuat bakso berbahaya bagi semua yang mengkonsumsinya, terutama wanita hamil.

    Konsekuensi atau bahaya berikut jika wanita hamil mengkonsumsi bakso yang diproses dan disajikan secara tidak benar:

    • Bayi beresiko disabilitas

    Jika pengolahan bakso tidak tepat dan higienis, seperti bakso pemotongan yang tidak benar atau sapi yang sakit, dan sapi yang mati tanpa disembelih, bisa dikatakan bangkai. Kondisi seperti bahan daging dapat mengandung parasit bagi mikroorganisme berbahaya seperti Toxoplasma yang dapat membahayakan pertumbuhan janin secara fisik di dalam rahim.

    Kemungkinan kelainan pada janin dalam bentuk jari yang tidak lengkap, tanpa kerangka bagian bawah, kelainan jantung, hidrosefalus, dan bentuk dan struktur tengkorak tidak sempurna, jika ibu hamil memiliki virus toksoplasma. Dianjurkan agar ibu hamil mengonsumsi bakso yang dibuat dengan bahan segar dan higienis, apalagi membuat bakso lebih sehat di rumah.

    • Merusak saraf janin

    Cukup banyak konten dalam bakso adalah Monosodium Glutamate (MSG). Mengkonsumsi MSG selama perkembangan janin dapat mengganggu perkembangan sel-sel otak janin dan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel saraf janin.

    Sementara itu, ibu akan berisiko terkena kanker payudara jika mereka mengonsumsi terlalu banyak MSG. Hal yang memacu saat kondisi seperti ini sebenarnya juga dapat mengganggu perkembangan dalam janin.

    • Risiko meningkatnya hipertensi

    Bahan lain yang tidak kalah berbahaya adalah garam, karena bakso tidak akan terasa enak jika tidak menggunakan banyak garam. Seperti kita ketahui, mengonsumsi banyak garam dapat menyebabkan hipertensi. Nah, bagi ibu hamil sebaiknya tidak banyak mengonsumsi garam, karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol darah.

    MSG dan Garam yang mengandung Natrium (Na) bisa menyebabkan retensi cairan tubuh, yang meningkatkan volume darah yang menyebabkan hipertensi. Meskipun natrium tidak memengaruhi preeklampsia dan eklampsia, hipertensi selama kehamilan dianjurkan untuk menghindarinya karena hipertensi adalah tanda keracunan kehamilan.

    • Autisme

    Formalin dan Boraks terkandung dalam bakso, meski tidak semua bakso! Ini adalah pengawet yang berbahaya. Jika seorang wanita hamil mengkonsumsi formalin dan boraks dalam jangka waktu panjang adalah mungkin untuk melahirkan bayi dengan autisme, hiperaktif, bayi berat badan lahir rendah, cerebral palsy, hingga infertilitas.

    Sementara formalin yang terkandung dalam bakso dapat mengganggu dan merusak sel-sel tubuh wanita hamil, baik ibu maupun janin menjadi rentan terhadap penyakit.

    • Keguguran

    Sayuran seperti sawi hijau, daun bawang dan seledri dapat terpapar bahan kimia seperti pestisida. Kandungan pestisida dan insektisida pada sayuran, jika tidak dicuci dengan baik maka masuk ke tubuh manusia akan mengganggu pencernaan dan metabolisme.

    Jika wanita hamil terkena bahan kimia dari bakso ini, mungkin ada risiko keguguran, kelainan saraf, kelainan jantung, kelainan tungkai, dan berbagai komplikasi.

    • Tingkatkan asam lambung

    Cuka yang digunakan dalam mangkuk bakso bisa berisiko penyakit lambung seperti bisul karena cuka bersifat asam. Jika mulas tidak segera diobati, ini dapat menyebabkan gangguan kehamilan, seperti stres pada kehamilan dan risiko keguguran.

    Jadi, berhati-hatilah jika wanita hamil ingin makan bakso, pastikan bakso yang Anda konsumsi aman atau lebih baik untuk membuat bakso Anda sendiri yang lebih sehat di rumah. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahaya Bakso Bagi Ibu Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar