Cara Memperbaiki Laptop Blackscreen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Blackscreen atau yang sering disebut dengan layar yang hitam,  merupakan sebuah masalah yang dimana layar laptop tidak tampil, warna full hitam terkadang hanya pointer mouse yang hanya timbul padahal laptop dalam keaadaan hidup, hal ini tidak terjadi pada laptop saja, HP juga bisa terkena masalah blackscreen pokoknya di semua layar elektronik. Di sini akan dibagikan beberapa contoh masalah blackscreen pada laptop atau PC. Banyak pengguna laptop atau computer terkena masalah ini, yaitu layar hitam atau tidak muncul atau seperti yang disebutkan diatas tadi hanya cursor yang timbul.

    Dan kalian tau apa penyebabnya? masalah blackscreen ini tidak menentu atau banyak hal yang bisa menyebabkan layar menjadi blackscreen, seperti terletak pada software nya, mungkin penyebab layar blackscreen karena aplikasi tidak compatible dengan system laptop atau pc tersebut, contohnya menginstall display driver yang sebetulnya tidak cocok atau compatible dengan laptop atau pc. Dan contoh lainnya yaitu menginstal game yang berat atau berspesifikasi tinggi padahal spesifikasi laptop atau PC tersebut masih minim, itu juga salah satu penyebab layar menjadi blackscreen,  dan penyebab masalah blackscreen yang sering terjadi ialah VIRUS, virus lah penyebab utama kenapa layar menjadi Blackscreen, virus virus itu biasa masuk ke computer atau laptop kita di karenakan kita terhubung internet dan mendownload macam-macam file seperti music, aplikasi, film, dll  di situs yang tidak jelas. Dan kalau dalam konteks hardware biasanya dikarenakan RAM, VGA dan layar yang rusak. Itulah beberapa penyebab kenapa layar bisa blackscreen, dikarenakan kesalahan hardware atau software.

    Dan berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi masalah Blackscreen ini:

    1. Cek resolusi layar kamu, Resolusi layar yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan blackscreen karena tidak sesuai dengan kemampuan laptop anda. Ini tentu saja bisa terjadi terutama pada computer atau laptop dengan resolusi yang rendah, jadi cara memperbaiki nya adalah anda harus terlebih dahulu masuk ke safe mode dahulu disaat laptop dinyalakan. Apabila laptop telah menyala segera perbaiki masalah tersebut.
    2. Periksa Layar, terkadang masalah blackscreen ini tidak disebabkan oleh kerusakan yang parah, terkadang hanya masalah kecil yang terjadi pada sistem dan menyebabkan layar menjadi blackscreen, oleh karena itu periksa lah layar laptop atau computer anda apakah bekerja dengan baik atau tidak. Jika sudah terjadi blackscreen pada laptop kamu cobalah periksa terlebih dahulu dengan hubungkan laptop atau computer kamu dengan monitor external. Apabila di monitor tersebut outputnya keluar atau bekerja dengan baik, berarti masalah yang terjadi ada pada kabel display laptop atau layar laptop.
    3. Hapus CMOS, Penyebab laptop tidak berfungsi seperti biasanya juga bisa terjadi dari kesalahan konfigurasi BIOS. Cara untuk mengatasi masalah tersebut ialah hidupkan laptop dan masuk ke Safe Mode supaya bisa mencek system, setelah itu setting bios agar kembali ke kondisi default dengan menghapus memori bios di motherboard laptop.
    4. Hapus Software yang tidak cocok pada laptop kamu, menginstal aplikasi yang diinginkan untuk memudahkan pekerjaan emang menyenangkan. Tetapi aplikasi atau software yang tidak cocok pada laptop kamu bisa menyebabkan terjadinya blakscreen, bukan hanya itu, aplikasi yang kamu download sembarangan juga bisa mengancam laptop kamu Karena aplikasi tersebut biasanya disertai dengan virus. Untuk mengatasi masalah tersebut masuklah kesafe mode, lalu uninstall aplikasi yang menurut kamu menjadi penyebab masalah laptop kamu jadi blackscreen, kalo dah selesai restart laptop kamu dan tunggu sampe masuk windows.
    5. Periksa dang anti perangkat keras atau hardware, Selain masalah software diatas tadi hardware juga bisa jadi penyebab blackscreen, biasanya terjadi pada RAM. Hal ini bisa terjadi dikarenakan perubahan pada hardware yang merubah proses booting computer anda. Cara mengatasi masalah ini adalah cabut RAM tersebut dang anti dengan RAM yang baru.

    Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop jika terjadi blackscreen. (Andani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Memperbaiki Laptop Blackscreen
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar