Cara Mengatasi BIOS Laptop Yang Terkunci

Daftar Isi

    LancangKuning.com - BIOS, Apa itu dengan bios? BIOS Merupakan singkatan dari Basic Input Output System, dalam system computer kompatibel (computer yang berbasis keluarga prosesor intel x86) atau IBM PC Yang merujuk kepada kumpulan – kumpulan perangkat lunak yang bisa melakukan hal – hal berikut:

    1. Inisialisasi, Serta pengujian kepada perangkat – perangkat keras ( Di dalam proses tersebut dinamakan POST, Power On Self Test )
    2. Menjalankan Sistem Operasi dan memuat Sistem Operasi.
    3. Dapat mengatur konfigurasi dasar dalam computer (Tanggal, Waktu, Konfigurasi Proses Booting, Konfigurasi Media Penyimpanan, Serta Kestabilan Komputer )
    4. Membantu system operasi dan aplikasi di dalam proses pengaturan hardware dengan menggunakan BIOS Runtime Service

    BIOS Pun menyediakan antar muka komunikasi dengan tingkat rendah dan bisa mengendalikan banyak jenis dari perangkat keras, dengan kedekatan nya dengan hardware, BIOS umumnya dibuat menggunakan Bahasa rakitan Atau Assembly Yang digunakan engine. istilah dari BIOS pertama kali muncul di dalam system operasi CP/M, Yang merupakan bagian dari CP/M Yang di muat pada saat booting di mulai yang langsung berhadapan denga hardware ( Beberapa mesin yang dapat menjalankan CP/M memiliki boot loader yang sederhana dalam ROM ). Kebanyakan versi DOS mempunyai sebuah berkas – berkas yang di sebut dengan “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau IO.SYS (MS-DOS) Yang dapat berfungsi sama halnya dengan CP/M disk BIOS.

    Kata BIOS pun dapat kita artikan sebagai “kehidupan “. Dan BIOS mempunyai beberapa komponen dasar yaitu:

    1. Program BIOS Setup, Pengguna akan mengubah konfigurasi computer (tipe harddisk, Manajemen daya listrik, kinerja computer, dan disk drive).
    2. Driver, Untuk Hardware dasar Contohnya video adapter, perangkat input dan beberapa hardware lainnya.
    3. Program bootstrapper utama, yang dapat memungkinkan computer melakukan booting ke dalam SO yang sudah terpasang.

    Terdapat banyak cara untuk mengamankan computer kita dari banyaknya orang–orang jahil, salah satunya adalah dengan cara mengunci folder / file yang ada di dalam windows dan lalu meng enkripsi disk itu. Selain itu ada juga cara yang mudah mengamankan komputer yaitu dengan menggunakan password BIOS Sampai PC Anda tidak dapat booting lagi. Bagi pengguna SO Windows , Cara yang paling mudah untuk mengunci computer adalah  memberi password pada akun yang kita gunkana untuk masuk. Walaupun cara itu sangat efektif, tapi dengan hanya mengunci account user aja orang masih tetap saja bisa booting hingga masuk ke login screen. Dan lebih bahayanya itu, apa bila ada tangan yang jahil yang sudah ber pengalaman dan menggunakan linux live CD atau windows live media, di pastikan juga dia akan mengakses dan menyalin  semua data yang ada di dalam computer anda tersebut.

    Karena kalau lupa password login ke windows masih dapat di akali dengan bootable media ciptaan dari pihak ketiga, maka kebanyakan pengguna windows banyak yang memilih pakai password BIOS. Mengunci Compute pakai Password BIOS akan relative lebih aman di timbang dengan password akun windows karena sebelum sebelum booting ke SO Bios menanyakan password nya terlebih dahulu ketimbang password windows.

    Walaupun password BIOS bisa di reset dengan cara lepas baterai CMOS yang terdapat di dalam motherboard, tetapi cara itu tergolong sangat sulit karena otomatis kita membongkar computer tersebut.

    Jika sudah teralnjur memasang password pada BIOS computer dan anda lupa psswordnya, maka ada dua cara yang dapat anda gunakan, yang pertama adalah dengan cara melepas baterai CMOS yang ada di Motherboard, Yang kedua adalah dengan cara menggunakan layanan pihak ketiga. Menggunakan cara ini anda harus mempunyai kode BIOS, Dan cara mendapatkan kode tersebut adalah:

    1. Matikan Komputer anda dan masukkan password BIOS yang salah hingga berulang kali sampai BIOS Terkunci total.
    2. Setelah itu kode bios akan muncul, Catat kode tersebut
    3. Pakai perangkat yang bisa terhubung ke internet dan kunjungi bios-pw.org, Ketik kode yang anda catat tadi
    4. Pakai password yang muncul di halaman tersebut pada computer anda, Kalau tidak bisa, Restart Komputer anda terlebih dahulu. (Ikhwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi BIOS Laptop Yang Terkunci
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar