Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan YARSI (STIKES) Mataram adalah salah satu kampus yang menyelenggarakan pendidikan di sektor kesehatan. Kampus ini didirikan dengan latar belakang bahwa kebutuhan tenaga kesehatan di Nusa Tenggara Barat belum terpenuhi baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

    Angka kematian ibu dan bayi baru lahir tetap tinggi, demikian juga kekhawatiran tentang keberhasilan visi Indonesia Sehat 2010 dan meningkatnya tingkat pendidikan tinggi bagi petugas kesehatan. Terutama perawat yang belum memenuhi standar, baik dalam pelayanan kesehatan maupun di lembaga pendidikan STIKES YARSI Mataram.

    Kampus ini didirikan pada 3 September 1991 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 00.06.2648 tentang Izin Sementara untuk Yayasan Rumah Sakit Islam NTB di kota Mataram.

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan YARSI (STIKES) Mataram didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 196 / D / 0/2005 tanggal 29 Desember 2005 tentang pemberian izin untuk mengelola program Studi Perawat (S.1) dan transformasi dari Akademi Keperawatan YARSI Mataram (AKPER) menjadi Sekolah Ilmu Kesehatan Mataram YARSI (STIKES) yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Provinsi Nusa Tenggara Barat di kota ini berasal dari Mataram.

    Berdasarkan Keputusan (196 / D / 0/2005) di atas, YARSI STIKES Mataram melaksanakan program studi keperawatan yang terdiri dari tingkat Diploma III dan menyelenggarakan program studi kebidanan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Nomor: 499 / D / T / 2009, tentang izin Organisasi program studi kebidanan D-III di YARSI STIKES Mataram.

    Meskipun pelaksanaan Program Studi Perawat didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 230 / E / O / 2012 tanggal 26 Juni 2012 tentang Implementasi Program Studi Perawat Profesional.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram:

    Program Studi

    Strata

    Wilayah

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Keperawatan

    D-III

    08

    0029/LAM-PTKes/Akr/Dip/I/2017

    2017

    B

    2022-01-28

    Kebidanan

    D-III

    08

    0510/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2017

    2017

    B

    2022-08-25

    Keperawatan

    S1

    08

    0019/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2015

    2015

    B

    2020-09-21

    Ners

    Profesi

    08

    0020/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2015

    2015

    B

    2020-09-2

    Visi dan misi STIKES YARSI Mataram

    Visi: ‘’Menjadi lembaga pendidikan ilmiah dan kesehatan berbasis Islam yang dapat bersaing di tingkat nasional, regional, dan internasional’’.

    Misi:

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang kesehatan berdasarkan nilai-nilai Islam dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2. Melakukan penelitian inovatif dan aplikatif di bidang kesehatan berdasarkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    3. Melaksanakan pengabdian masyarakat berdasarkan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
    4. Organisasi pengelolaan organisasi dan kelembagaan berdasarkan tata kelola yang baik dengan prinsip efisiensi, tanggung jawab dan transparansi.
    5. Membangun jaringan kerja sama nasional dan internasional di bidang Tri Dharma dan melatih siswa untuk keberlanjutan program.

    Mataram YARSI STIKES adalah peningkatan di negara bagian Mataram YARSI AKPER. Yayasan Rumah Sakit Islam Akademi Keperawatan Mataram atau biasa disingkat AKPER YARSI Mataram. (Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Mataram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar