'Umat Islam Sangat Rindu Bulan Suci Ramadhan'

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi


    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Bulan suci ramadhan tentunya moment yang sangat di tunggu oleh ummat islam yang beriman tentunya, karna banyak juga orang yang mengaku islam,tapi seakan-akan mereka terbebani dengan datang nya bulan ramadhan.

    Seperti yang sama sama kita ketahui, bulan ramadhan hanya datang satu tahun sekali saja, jadi wajar saja kalau kedatangan nya sangat dirindukan, sekali lagi, bagi ummat islam yang beriman didalam dirinya.

    Ibarat menyambut seorang tamu yang istimewa, tentunya kita akan mempersiapkan kedatangan nya sebaik mungkin.begitu juga dengan ramadhan ini, kita selaku ummat islam yang beriman, harus mempersiapkan kedatangan nya dengan persiapan yang baik.seperti membiasakan puasa sunnah di bulan lain nya, supaya ketika ramadhan datang, kita sudah terbiasa untuk melaksanakan ibadah puasa.

    Sebelum penulis berikan tips bagi para mahasiswa untuk menghadapi bulan ramadhan, karna memang kondisi jauh dari orang tua, sehingga tidak ada yang membangunkan untuk sahur, menyiapkan makanan, penulis ingin menyampaikan, jangan sampai kita hanya menghindari apa yang membatalkan puasa nya saja, seperti makan, minum dan sebagainya, tapi kita tidak memperhatikan apa yang membatalkan pahala puasa kita, seperti gosip, menjelek jelek kan orang, dll.

    Langsung saja kita ke tips nya, bagaimana seorang mahasiswa yang notabene jauh dari orang tua untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, agar lebih khusyuk dan menghemat biaya tentunya.

    1. Alarm
    Langkah awal dalam menjalankan puasa adalah sahur.kita jangan sampai meninggalkan sahur, karena banyak keberkahan yang terletak di waktu sahur, salah satunya waktu sahur adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

    Kebanyakan mahasiswa tentunya akan susah untuk bangun sahur, alaram merupakan jalan yang paling efektif, maklum saja, karena belum ada do'i untuk membangunkan, jadi terpaksa alarm saja dulu untuk membangunkan.

    Ketika memasang alarm, jangan pasang satu waktu saja, tapi pasang setiap 10 menit, karna kalau dipasang satu waktu saja, takutnya tidak terbangun, dan waktu sahur terlewat, jadi puasanya tidak semangat dan bisa jadi tidak puasa karena lapar.

    2. Akhiri waktu sahur
    Ketika sahur, usahakan waktunya tidak terlalu jauh jaraknya dengan adzan subuh, agar tubuh kuat ketika menjalankan ibadah puasa.kalau waktu adzan sekitar jam 05.00, maka mulailah sahur 20 menit sebelum adzan, selain itu, mengakhirkan waktu sahur juga termasuk sunnah, selain tubuh semangat berpuasa kita juga mendapatkan pahala sunnah.kalau sahur nya terlalu cepat, takut nya setelah sahur kita jadi kantuk dan tertidur, sholat subuh bisa kesiangan.

    3. Ke masjid setiap waktu sholat
    Ketika masuk waktu sholat, usahakan pergi kemasjid, sebenarnya kemasjid itu bukan hanya ketika berpuasa, tapi setiap masuk waktu sholat baik di bulan ramadhan ataupun diluar bulan ramadhan.setelah sholat, usahakan baca al qur'an dimasjid, tanpa terasa waktu akan cepat berjalan, tau-tau nya udah sore aja.

    4. Cari masjid yang menyediakan buka puasa atau ta'jil
    Ketika menjelang waktu berbuka, maka carilah masjid yang menyediakan buka puasa atau ta'jil, karna biasanya kalau di kota, banyak masjid yang menyediakan buka puasa gratis, hitung hitung untuk menghemat uang jajan.

    5. Jangan makan terlalu banyak ketika berbuka
    Ketika kita berbuka puasa, janganlah terlalu banyak makan, karena kalau terlalu kenyang, kita jadi malas sehingga tidak ikut sholat tarawih, ibadah sunnah yang semestinya kita dapatkan hanya di bulan ramadhan saja, jadi terlewatkan.

    6. Jangan tidur larut malam
    Langkah selanjutnya adalah, jangan tidur larut malam, karena nantiny akan jadi susah untuk bangun sahur, kalau tidak sahur puasa jadi tidak semangat dan dikampus ketika belajar tidak bergairah.

    Itulah mungkin tips bagi mahasiswa yang masih kuliah di bulan ramadhan, dan juga untuk penulis sendiri sih, karena penulis juga termasuk mahasiswa yang di bulan ramadhan ini masih ada perkuliahan.semoga bermanfa'at bagi kita dan semoga ibadah kita diterima allah swt

    Moment puasa ketika kuliah ini seharus nya menambah semangat kita ketika kuliah, bukan malah menjadi kan kita terus mengeluh karena alasan capek, dan sebagai nya, tapi niat kan semua nya untuk ibadah, di dalam hadist nabi juga telah mengatakan, orang yang keluar untuk mecari ilmu (maka) ia berada dijalan Allah hingga dia kembali (H.R. Tirmidzi) .

    Mari sama sama kita manfaatkan moment puasa tahun ini, selain kita menuntut ilmu karna allah, ketika itu kita juga sedang berpuasa, ibarat kata, kita sama seperti orang yang sedang berjihat di jalan allah, ketika itu dia sedang berpuasa, ada dua kemuliaan utama yang dia dapatkan dalam satu waktu, amin ya rabbal alamin. (LKC)

    Laporan: Rilis Eko Wahyu Naldi

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 'Umat Islam Sangat Rindu Bulan Suci Ramadhan'
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar