Pj Gubri Paparkan Antisipasi Karhuta di Riau dalam Rakorsus Karhutla 2024

Daftar Isi

    Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) penanganan Karhutla di Kementerian LHK.

    LANCANGKUNING.COM,Jakarta-Sebagai daerah yang kerap dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto memaparkan langkah-langkah yang ditempuh Pemerintah Provinsi Riau dan stake holder terkait mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

    Hal ini disampaikan Pj Gubri dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Karhutala 2024 yang dilaksanakan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (14/3/2024).

    Ditambahkan Pj Gubri, ada beberapa kendala yang dihadapi Riau dalam antisipasi Karhutla. Diantaranya adalah sebagian besar wilayah Riau adalah lahan gambut. 

    Kemudian jelasnya, kendala lainnya adalah lokasi kabakaran yang sulit di akses dan sumber air yang kering.

    "Persoalan timbul sekarang banyak wilayah banjir dan air surut rumput banyak mati. Ini juga bisa menimbulkan potensi dan kami buat edaran kabupaten/kota untuk lebih mengantisipasi," katanya.

    Mengatasi kondisi kebakaran hutan dan lahan, serta lokasi kebakaran yang sulit diakses, perlu kiranya diberikan bantuan helikopter maupun pesawat untuk penanganan Karhutla di Riau. 

    "Rapat tadi kita minta BNPB ada helikopter patroli satu unit dan waterboombing enam unit. Kemarin juga ada dari KLHK satu unit sudah sampai di Lanud Roesmin Nurjadin," kata SF Hariyanto. 

    Saat ini di Provinsi Riau Pj Gubri telah telah menetapkan status siaga darurat Karhutla di Provinsi Riau hingga 30 November 2024 mendatang. 

    Dengan penetapan status siaga darurat Karhutla ini menjadikan Riau sebagai provinsi pertama yang menetapkan status Siaga Darurat Karhutla. Salah satu alasan penetapan status siaga Karhutla ini yakni minimnya curah hujan, hotspot terus meningkat dan banyak lahan terbakar.

    Dalam Rakorsus Karhutla 2024 ini, Pj Gubri turut didampingi oleh Danrem Wirabima 031 Brigjen TNI Dany Racka Andalasawan, Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi, dan lainnya.

    Acara Rakorsus kali ini diadakan secara langsung dan daring, yakni terdapat sembilan gubernur yg di undang dalam kegiatan ini. 

    Diantaranya, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Riau, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan, dan Gubernur Papua Selatan.

    Rakorsus Karhutla 2024 ini dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, kemudian juga dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Menteri LHK Siti Nurbaya.(adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pj Gubri Paparkan Antisipasi Karhuta di Riau dalam Rakorsus Karhutla 2024
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar