Sampai Kapanpun PKI Tak Punya Hak dan Tempat Untuk Berada di Indonesia

Daftar Isi

    Oleh: Helmi Yani

    Bangkitnya kembali Komunis seperti yang sedang hangat dibicarakan oleh beberapa kalangan mengkhawatirkan sebagian besar kalangan, baik pemerintah maupun kalangan masyarakat.  Keturunan komunis mungkin masih ada, namun tetap saja gerakan dan paham komunis sangat dilarang di Indonesia karena sudah tertera pada Ketetapan MPRS Nomor XXV Tahun 1966 tentang Pelarangan Partai Komunis Indonesia dalam bentuk apa pun.

    Banyaknya beredar atribut bahkan ada bus yang berlambangkan palu arit menandakan ada gerakan tersembunyi Komunis di Indonseia. Hal ini tentu harus segara dihilangkan dan dimusnahkan meski dalam bentuk apapun atribut tersebut. Meskipun saat ini kebebasan berpendapat memasuki era nya tetap saja Komunis bukanlah paham yang cocok untuk berada di Indonesia.

    Banyak kalangan yang mengatakan bahwa PKI pasti bangkit kembali, namun Wakil Presiden M Jusuf Kalla menyatakan tak yakin PKI atau komunisme bisa bangkit lagi di Indonesia. ”ideologi (komunisme) terbukti gagal di banyak negara. negara besar seperti Rusia dan negara Eropa Timur sudah tidak lagi menerapkan paham tersebut dan Komunisme di Tiongkok sudah berubah dengan menerapkan sistem Demokrasi pada tingkat tertentu. Satu-satunya negara Komunis yang masih tersisa hanyalah Korea Utara.”

    Anggota TNI angkatan darat Eko Ismadi Disjarah Juga mengkritik Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjen (Purn) Agus Widjojo, ia Mengatakan pada surat terbukanya, “Kenapa di masa pemerintahan Jokowi, baru anggota PKI berani melakukan tuntutan kepada pemerintah? Apa karena Bapak Jokowi bisa diajak kompromi dengan anggota PKI??? Tolong dong Pak jelaskan! Saya yakin Bapak pintar dan cerdas! Kan mantan jenderal! NKRI harga mati!!!! Siapa pun berpikir di luar Pancasila adalah makar !!!. Jgn membuat perwira seperti kami jadi ingin kudeta, kami sakit hati dan kecewa terhadap sikap Bapak yang mendukung mereka”

    Adapun menurut Azyumardi Azra, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Komunis di Indonesia bisa bangkit jika kepincangan ekonomi, kemiskinan dan pengguran kian meluas. Beliau mengatakan, ekonomi Indonesia yang terus tumbuh-meski sedikit melambat-telah melahirkan kelas menengah cukup besar. Menurut berbagai estimasi sedikitnya separuh dari sekitar 250 juta jiwa telah menjadi kelas menengah. Jika Indonesia ingin peluang PKI bangkit kembali mengecil, tantangan dan tugas ke depan adalah mengatasi kesenjangan ekonomi, kemiskinan, dan pengangguran.” 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sampai Kapanpun PKI Tak Punya Hak dan Tempat Untuk Berada di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar