Tugu dan Monumen di Kota Pekanbaru, Menambah Keindahan Kota

Daftar Isi

    Tugu  dan Monumen di Kota Pekanbaru banyak  sekali kita jumpai di berbagai tempat lokasi yang ada di Pekanbaru.  Tugu dan Monumen ini menjadi objek wisata bagi pengunjung yang datang ke Pekanbaru, Riau ataupun masyarakat setempat.  Ada berbagai Tugu dan Monumen bersejarah yang dapat kita jumpai, ada sebelas Tugu dan Monumen yang ada di Kota Pekanbaru, namun kali ini kita akan mengangkat lima diantaranya, pada artikel selanjutnya akan kita tampilkan Tugu dan Monumen lainnya.

    1.      Tugu Pahlawan Kerja dan Monumen Lokomotif

    Tugu ini merupakan peninggalan para pekerja paksa (romusha) pada zaman penjajahan Jepang. Pada saat itu Jepang membangun rel kereta api dari Pekanbaru ke Muara Sijunjung yang terdapat di Sumatra Barat.

    Dapat ditemui di Jl. Kaharudin Nasution, Simpang Tiga, Pekanbaru. Tugu ini menyimpan cerita sejarah, anda yang menyukai sejarah tidak akan melewati tempat ini. Saat  pembangunan tugu ini Riau telah menjadi Provinsi tersendiri di bawah pemerintahan Gubernur Jepang Makino Susaboro dan memiliki pelabuhan besar. Tugu ini dibangun pada tahun 1943-1945.

    2.      Tugu Zapin

    Terletak di Jl. Jendral Sudirman. di persimpangan tiga Jl. Gajah Mada Pekanbaru.  Tugu ini dibangun pada masa Gubernur Riau Rusli Zainal. Ini merupakan salah satu peninggalan Pemerintahan Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang menggantikan Tugu Pesawat Tempur peninggalan Mantan Gubernur Imam Munandar.  Tugu Zapin dibuat dari perak dan tembaga yang khusus diukir oleh pematung kelas dunia asal Bali, I Nyoman Nuarta pada akhir tahun 2011.

    3.      Tugu Perjuangan

    Monumen perjuangan rakyat Riau berada di Jl. Diponegoro Pekanbaru, persis berada didepan Kompleks Gubernur (Rumah Dinas Gubernur Riau). Di tengah monumen ini terdapat patung TNI dan Rakyat dalam menghadapi penjajah, patung ini berdiri di atas pelataran yang berisi relief perjuangan dan disisi kanan dan kiri terdapat meriam. 

    4.      Tugu Keris

    Tugu Keris Riau, berdiri indah dan terlihat di simpang Jl. Pattimura dan Jl. Diponegoro, Pekanbaru. keris adalah simbol kehormatan yang dijunjung tinggi mengarah ke langit. Ini bentuk perlawanan, perjuangan, serta mempertahankan marwah dan martabat diri. Sebaliknya, bila keris ditancap ke bumi, itu menandakan kekalahan atau menyerah. Adapun Tugu Keris ini dibangun dengan posisi dibalik. (cekau.com)

    5.      Tugu Tepak Sirih

    Seorang perempuan berpakaian Melayu dengan membawa tepak sirih berdiri tegak menjaga perempatan Jl. depan Mall SKA. Tugu yang dibangun oleh Walikota Pekanbaru Herman Abdullah waktu itu sempat menjadi polemik. Masyarakat Kota Pekanbaru menyebutnya dengan Tugu Janda. Karena menilai tugu yang dibuat hanya seorang perempuan, tanpa ada penamping pria. Menurut adat Melayu, tamu yang datang disambut sepasang, pria dan wanita. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tugu dan Monumen di Kota Pekanbaru, Menambah Keindahan Kota
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    40%

    Komentar