Jenis-jenis Magnet

Daftar Isi

    LancangKuning - Magnet merupakan suatu jenis benda yang bisa mampu  menarik benda lain yang di sekitarnya  dan memiliki sebuah sifat khusus. Setiap magnet mempunyai sifat dari kemagnetan.

    Sifat-sifat Magnet

    • Magnet hanya menarik sifat dari suatu benda yang yang ada di sekitarnya. Memang tidak semua jenis dari benda bisa ditarik oleh sebuah magnet meski saling berada dalam jangkauannya.
    • Gaya magnet dapat menembus suatu benda
    • Magnet mempunyai sebuah kutub dan mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.
    • Apabila dari kutub magnet yang sejenis didekatkan satu sama lain, yaitu ketika kutub akan saling tolak menolak. Sebaliknya, dan kutub yang berlainanlah yang akan saling tarik-menarik antara satu sama lain.
    •  Medan magnet akan semakin rapat jika saling didekatkan dengan sebuah magnet.
    • Sifat dari ke magnetan dapat melemahkan atau hilang disebabkan karenakan hal tertentu, seperti saling jatuh, terbakar, dan lain-lain.

    Jenis Bahan Magnet

    Berdasarkan sifat dari kemagnetannya, ada jenis dari bahan magnet yang secara umum terbagi menjadi dua, yaitu bahan magnet (Feromagnet) dan bahan nonmagnetik.

    • Bahan Nonmagnetik

    Bahan nonmagnetik terbagi atas yaitu:

    1. Paramagnetik merupakan suatu benda yang bisa dapat ditarik dengan suhu lemah oleh magnet yang paling kuat. Contoh alumunium, temabaga, platina, dan lain-lain.
    2. Diamagnetik adalah sebuah benda yang akan menolak dari magnet. Benda dari diamagnetik  ini tidak bisa ditarik sama sekali oleh magnet meski benda itu berada sangat dekat dengan magnet dengan tarikan yang cukup kuat. Contoh benda diamegnetik adalah seperti emas, seng, merkuri, dan lainnya sebagainya.

    Macam-macam Bentuk dari Magnet

    • Magnet batang yang bentuknya menyerupai sebuah batang seperti, balok dan kubus.
    • Magnet silinder, yang menyerupai tabung yang panjang.
    • Magnet jarum yang akan menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub dari magnet yang cukup runcing. Bentuk dari magnet ini pipih memanjang dan memiliki ujung lancip. Magnet jarum ini biasanya digunakan hanya untuk membuat kompas sebagai petunjuk untuk arah mata angin.
    • Magnet U (magnet ladam) berbentuk seperti sebuah tapal kuda atau yang serupa dengan huruf U.
    • Magnet keping, magnet ini memiliki sebuah bentuk yang menyerupai keping logam.
    • Magnet Cincin biasanya digunakan hanya untuk pembuatan pengeras suara, seperti speaker di radio, bioskop, atau pun pada ponsel.

    Berikut ini adalah dua jenis magnet yang akan dibagi berdasarkan asalnya:

    • Magnet Alami

    Seperti namanya magnet alami adalah magnet yang sedang terbentuk oleh alam tanpa ada campuran dari tangan manusia. Magnet janis ini adalah magnet yang sedang ditemukan oleh penduduk magnesia pada zaman lampau. Biasanya magnet alami berupa batu-batuan.

    • Magnet Batuan

    Kebalikan dari magnet alami, magnet buatan adalah sebuah dari magnet yang sengaja dibuat oleh manusia. Hal ini di dalakukan sering meningkatnya kebutuhan magnet. Karena buatan magnet sejenis ini memiliki bentuk seperti magnet ladam atau tapal kuda, magnet jarum, magnet silinder, dan lain-lain. Magnet buatan biasanya dibuat dari besi, baja atau bahan sejenis logam lainnya.

     

    Ada bebarapa pada magnet terdapat beberapa bagian antara lain:

    1. Kutub Magnet, bagian magnet yang akan mempunyai gaya dari sebuah tarikan terbesar di sebut magnet. Magnet selalu mempunyai dua kutub.Hal ini dapat diketahui bila sebuah magnet dari batang dicelupkan ke dalam serbuk besi. Hal ini akan menandakan gaya dari magnet yang paling besar berada padaujung-ujung magnet yang disebut dengan kutub utara dan kutub selatan dari magnet.
    2. Magnet elementer adalah magnet yang paling kecil yang berupa atom. Suatu benda yang akan bersifat magnet jika sebuah magnet-magnet dari elementernya mempunyai arah yang cenderung sama. (Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-jenis Magnet
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar