Fungsi  Prototype Produk Barang/Jasa

Daftar Isi

    LancangKuning Prototype merupakan suatu contoh atau model yang dibuat dari awal untuk produk yang akan diolah menjadi sebuah barang/jasa. Prototype ini juga telah membuat sebuah ide yang sangat abstrak untuk menjadi bentuk yang nyata dan lebih kongkrit. Dalam design thinking di dalam suatu komponen barang, tidak akan cukup dengan hanya menggunakan atau memikirkan sebuah ide dalam melakukannya, mendiskusikan dan membicarakannya saja, tetapi akan perlu juga suatu langkah yang konkrit untuk dapat membuatnya menjadi sangat nyata. Dengan menggunakan barang atau jasa akan perlu untuk anda dalam membuat prototype adalah cara yang baik untuk digunakan.

    Tujuan membuat prototype tidaklah untuk menguji suatu produk yang sudah selesai sebelumnya. Tujuan membuat prototype adalah untuk belajar dalam menguasai dan memahami apa yang akan dibuat dengan menemukan sebuah kesalahan dan kegagalan sebelum adanya produk yang benar-benar akan diluncurkan ke pasar. Hal ini penting sekali untuk dijalankan dengan baik agar produk akhir yang dihasilkan bebas cacat dan tidak ada lagi pemborosan dalam produk, karena produk tersebut akan dibuang atau dikerjakan dengan cara diulang.  Maka sebaiknya perhatian terhadap kualitas produk  akan harus dimulai sejak awal pembuatan produk untuk lebih kelihatan maksimalnya.

    Tahapan yang sangat penting dalam suatu perencanaan awal pembuatan produk adalah dengan pembuatan prototype produk agar lebih mudah dalam mengerjakannya.

    Ada empat manfaat dalam pembuatan prototype yang dapat anda ikuti dengan teliti.

    1. Prototyping dapat saja membantu kita untuk berfikir dalam melakukannya. Dan melakukan merupakan cara terbaik untuk anda dalam berfikir. Dalam membuat prototype anda akan lebih mudah untuk memikirkan sebuah ide-ide dengan menyempurnakan produk yang anda miliki.
    2. Prototyping juga membantu anda dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penggunanya. Apakah produk anda akan diminati konsumen dan layak untuk digunakan dan akan bertahan lama?, dan itu yang akan dipertanyakan untuk anda.
    3. Prototyping akan membantu anda dalam berkomunikasi dengan baik untuk mengatakan apa yang akan dibuat dalam mengolah barang/jasa. Dan komunikasi yang terbaik adalah dengan menunjukkannya bukan sekadar mengatakannya didepan konsumen tersebut.
    4. Prototyping juga akan dapat membantu anda dalam membuat suatu keputusan yang lebih baik untuk umpan balik yang akan anda dapatkan dari calon pengguna dengan membuat anda mampu dalam membuat keputusan yang lebih baik dari calon pengguna yang lainnya.

    Metode yang sebelumnya sudah direkomendasikan dalam merancang produk prototype adalah Rapid Prototyping. Berikut ini proses dalam melakukan Rapid Prototyping yang dapat anda ikuti dengan memahami apa yang sudah tertulis dibawah ini.

    1. Mulai dari yang kecil dan sederhana yang akan anda gunakan dalam proses pendahuluan.
    2. Suatu proyek dan penciptaan akan tumbuh dengan adanya pembuatan prototype secara berulang dari sejak dini dan akan memberikan ruang untuk anda agar mendapatkan ide-ide baru dengan dapat menyempurnakan produk yang telah anda buat sebelumnya dengan rancangan kisah yang ingin anda ceritakan di hadapan calon pengguna lainnya.
    3. Visualisasikan konsep anda dalam membentuk sebuah gambar dan dengan menggunakan kata sesedikit mungkin untuk lebih singkat dan jelas untuk disampaikan. Dan anda harus menambahkan detail seiring berjalannya waktu.
    4. Tunjukkan dan jangan hanya dikatakan saja.

    Dengan adanya prototype anda bisa saja memperagakan suatu fungsi tertentu sebelum memperbolehkan pengembangan lebih lanjut dari barang atau jasa tersebut sehingga waktu yang akan anda gunakan akan lebih efisien dan hemat uang karena anda dapat untuk mengembangkannya dengan kondisi seperti prototype final yang baik.

     Fungsi Utama Prototype Produk Dan Jasa Adalah

    • Dapat memberikan bukti dari suatu konsep yang akan dibutuhkan untuk menarik dana dari sebuah pengelola barang/jasa.
    • Biaya yang efektif.
    • Meningkatkan kecepatan pengembangan suatu sistem.
    • Membantu mengidentifikasi sebuah masalah yang dihadapi.
    • Berbagai aspek dapat diuji dengan mengumpan balik secara cepat agar bisa didapat.
    • Membantu untuk memberikan produk dengan kualitas yang lebih bagus.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi  Prototype Produk Barang/Jasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    50%

    Komentar