Cara Kerja Sistem Informasi Perpustakaan

Daftar Isi

    LancangKuning Apa itu perpustakaan? Dalam makna tradisional, bibliotek merupakan suatu koleksi novel serta majalah. Meski bisa dimaksud selaku koleksi individu perseorangan, tetapi bibliotek lebih universal diketahui selaku suatu koleksi besar yang dibiayai serta dioperasikan oleh suatu kota ataupun institusi, dan dimanfaatkan oleh warga yang rata- rata tidak sanggup membeli sekian banyak novel dengan bayaran sendiri.

    Namun, dengan koleksi serta temuan media baru tidak hanya novel buat menaruh data, banyak bibliotek saat ini pula ialah tempat penyimpanan serta/ ataupun akses ke map, cetak ataupun hasil seni yang lain, mikrofilm, microfiche, tape audio, CD, LP, tape video serta DVD. Tidak hanya itu, bibliotek pula sediakan sarana universal buat mengakses gudang informasi CD- ROM serta internet. Bibliotek bisa pula dimaksud selaku kumpulan data yang bertabiat ilmu pengetahuan, hiburan, tamasya, serta ibadah yang ialah kebutuhan hakiki manusia.

    Oleh sebab itu bibliotek modern sudah didefinisikan kembali selaku tempat buat mengakses data dalam format apapun, apakah data itu ditaruh dalam gedung bibliotek tersebut maupun tidak. Dalam bibliotek modern ini tidak hanya kumpulan novel tercetak, sebagian novel serta koleksinya terdapat dalam bibliotek digital (dalam wujud informasi yang dapat diakses melalui jaringan pc).

    Sistem Data Manajemen Bibliotek (e- library) ialah sistem data yang dibesarkan buat mempermudah dalam pelayanan dan mempermudah petugas bibliotek dalam mengelola bibliotek. Petugas bibliotek bisa senantiasa memonitor tentang ketersediaan novel, catatan novel baru, peminjaman novel serta pengembalian novel.

    Sistem data bibliotek umumnya terdiri dari sebagian materi yang silih terintegrasi:

    • Modul Catatan Pustaka
    • Modul Informasi Anggota
    • Modul Layanan Transaksi Sirkulasi
    • Pengadaan Pustaka
    • Modul Laporan Novel Tamu
    • Digital Library
    • Buku Tamu

    Dengan sistem ini, peminjam novel ataupun yang mengembalikan novel tidak butuh menunggu lama buat proses peminjaman/ pengembalian novel. Petugas bibliotek juga tidak hendak hadapi kesusahan dalam proses pelaporan kepada kepala bibliotek. Sistem data bibliotek yang berbasis webbase, mempermudah kita buat mengakses bibliotek online, apalagi mengenali rekam jejak kegiatan wisatawan bibliotek. Sistem data ini pula memudahkan untuk pengguna buat mencari novel lebih leluasa, kilat, bebas serta aman.

    Fitur-fitur yang bisa di kembangkan:

    1. Materi Pustaka

    Materi pustaka berperan buat melaksanakan pencatatan informasi pustaka. Pencatatan informasi pustaka itu sendiri meliputi status ketersediaan pustaka, posisi pustaka terletak dan jumlah pustaka yang ada.

    1. Materi Informasi Anggota

    Materi informasi anggota digunakan buat pencatatan informasi anggota, masa keanggotaan dan ada fitur cetak anggota.

    1. Materi Layanan Transaksi Sirkulasi

    Materi transaksi perputaran digunakan pencatatan perputaran anggota yang meliputi peminjaman, pengembalian, pemesanan serta perpanjangan dan pencatatan denda keterlambatan.

    1. Pengadaan Pustaka

    Materi pengadaan pustaka terdiri dari:

    • Proses pengusulan pustaka
      Pengusulan pustaka ialah wujud pengadaan yang berasal dari ajuan orang (anggota) ataupun ajuan dari unit.
    • Proses pengadaan pustaka
      Pengadaan pustaka ialah proses lanjutan dari proses pengusulan. Proses pengadaan ini meliputi proses notifikasi upload mandiri dari mahasiswa/ dosen/ karyawan serta validasi dari pengusulan orang ataupun unit.
    • Proses pengolahan pustaka
      Proses pengolahan pustaka merupakan proses lanjutan dari proses pengadaan pustaka dimana pada proses ini ada proses digitalisasi serta inventaris pustaka. Proses digitalisasi meliputi upload cover pustaka dan lampiran pustaka. Sebaliknya proses inventarisasi meliputi pengalokasian pustaka, cetak label dan cetak barcode.
    1. Materi Laporan Novel Tamu

    Materi Laporan ialah materi yang digunakan manajemen buat monitoring aktivitas sistem data bibliotek. Laporan ini meliputi laporan menimpa informasi pustaka, perputaran, pengadaan, keanggotaan dan Digilib.

    1. Digital Library

    Digital Library ialah aplikasi front end yang bisa diakses oleh anggota bibliotek ataupun universal (bukan anggota). Pada digital library ini, anggota bisa melaksanakan transaksi perputaran meliputi pemesanan pustaka, serta perpanjangan, dan bisa melaksanakan pengusulan pustaka baru.

    1. Novel Tamu

    Novel tamu ialah fitur yang digunakan buat mencatat kehadiran anggota bibliotek.(Arif)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Sistem Informasi Perpustakaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar