Fungsi CRM Bagi Perusahaan        

Daftar Isi

    LancangKuning Pengertian crm sendiri adalah istilah yang mengacu pada praktik, strategi dan teknologi yang digunakan suatu perusahaan untuk  mengelola dan teknologi yang digunakan memproses dan menganalisa interaksi pelanggan dan data siklus hidup pelanggan, dengan tujuan memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan.

    Pada awalnya crm mengandalkan tulisan tangan dan Rolodex, tetapi dengan kemunculan zaman yang makin canggih seperti media digital, alat ini akhirnya berkembang menjadi database yang disimpan di komputer individu, dan kemudian definisinya berkembang menjadi suatu yang lebih kompleks.

    Kegunaan CRM bagi perusahaan

    1. Meningkatkan Hubungan Dengan Prospek Dan Pelanggan
      Semua informasi lengkap prospek dan pelanggan diamankan dalam satu tempat penyimpanan sehingga mudah di lacak kapan pun dibutuhkan. Informasi detail tersebut dapat menolong anda mempelajari kebutuhan mereka dengan sangat baik sehingga anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka.
    2. Mengurangi Penggunaan Spreadsheet
      CRM menolong anda untuk mengotomatiskan berbagai pekerjaan-pekerjaan manual yang membutuhkan banyak waktu seperti pencatatan data-data prospek atau konsumen dengan menggunakan spreadsheet. Anda juga dapat secara otomatis membuat prospek baru menggunakan formulir pendaftaran dan dikirimkan ke email terima kasih atau sambutan buat mereka.
    3. Meninjau Kinerja Tenaga Penjualan
      Melalui CRM, Anda dapat dengan mudahnya memonitor kinerja penjualan tim anda. Anda bisa mengetahui status setiap prospek yang ditanggapi oleh masing-masing salesperson, riwayat interaksi mereka dengan prospek, tindakan apa saja yang mereka lakukan untuk mengonversi, dan lain-lain.
    4. Menyederhanakan Saluran Penjualan
      CRM meyakini Anda untuk mendapatkan visualisasi yang sangat jelas mengenai saluran penjualan anda melalui langkah-langkah dan sub-tahapan yang di buat. Ini memudahkan anda mengenali prospek yang memiliki potensi yang tinggi dan mementingkan transaksi anda dengan mereka.
    5. Mempersonalisasi Email Marketing
      Personalisasi masih menjadi salah satu metode pemasaran yang paling efektif. Dengan CRM, Anda dapat membuat dan mengirim email yang berisi promosi, buletin, dan penawaran khusus (untuk setiap pelanggan atau preferensi setiap pelanggan.
    6. Memperkuat Bisnis Melalui Kolaborasi Tim
      Ketika tim Anda bekerja secara mandiri, ini bisa menjadi penghambat pertumbuhan perusahaan Anda. CRM adalah perangkat lunak yang memungkinkan tim penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan untuk berkolaborasi satu sama lain untuk mengelola data bersama melalui satu sistem.
    7. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan
      Karena Anda selalu memiliki pemahaman yang komprehensif tentang calon pelanggan dan pelanggan, Anda dapat menjual dan menjual silang pada waktu yang tepat dan mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Anda juga dapat meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan layanan dan kualitas produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

    Siapa Saja Yang Membutuhkan CRM

    Sistem CRM dapat dengan mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari semua jenis dan ukuran bisnis, sehingga meningkatkan upaya penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan.

    Business to Business (B2B)

    Dari mengelola informasi pelanggan hingga mengikuti transaksi, pembayaran, dan laporan bisnis, perusahaan B2B dapat menggunakan sistem CRM untuk menyelesaikan seluruh proses dengan lebih baik. Sistem ini bertindak sebagai platform berbagi yang dapat membantu perusahaan B2B mempertemukan mitra, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya.

    Business to Consumer (B2C)

    Ketika siklus hidup pelanggan semakin pendek, perusahaan B2C biasanya membutuhkan solusi manajemen pelanggan yang lebih cepat namun tetap lengkap. Fitur dalam sistem CRM (seperti manajemen saluran penjualan, otomatisasi pemasaran, dan log panggilan) dapat membantu perusahaan B2C menarik pelanggan dengan lebih mudah.

    Usaha Kecil & Menengah (UKM)

    Sistem CRM tidak hanya cocok untuk perusahaan besar, tetapi juga cocok untuk usaha kecil menengah atau usaha kecil menengah. Solusi berbasis cloud adalah pilihan yang paling cocok untuk usaha kecil dan menengah karena harganya yang wajar dan implementasinya yang sederhana. Manajemen hubungan pelanggan (CRM) dapat membantu perusahaan kecil dan menengah dibandingkan dengan perusahaan besar di industri.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi CRM Bagi Perusahaan        
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar