Perbedaan Shopee Dan Jd Id

Daftar Isi

    LancangKuning - Semakin lama akan semakin berkembang pesat teknologi informasi yang telah membawa pengaruh baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Di Negara Indonesia juga telah menempati peringkat yang tinggi dengan jumlah pengguna internet terbesar sekitar 30% dari total seluruh Indonesia. Dengan adanya aplikasi penjualan seperti Shopee dan juga Jd Id, maka kita tidak perlu susah payah untuk berebut barang yang ingin kita beli dan tidak perlu mengantri panjang untuk membayarnya.

    Jika ingin membeli suatu barang dengan cara online, kamu akan dapat membelinya dimanapun dan kapanpun. Dan sang penjual pun akan menerima uang pembayaran setelah barang tersebut diterima oleh si pembeli, dan jika barang belum sampai, maka uang akan disimpan direkening pada pihak ketiga.

    Transaksi menggunakan suatu layanan escrow ataupun rekening pada pihak ketiga, dengan hal tersebut maka transaksi akan aman tanpa perlu khawatir. Dan tentunya hal tersebut akan dipermudah dengan adanya kecanggihan suatu teknologi yang membuat masyarakat di Indonesia akan beralih menggunakan bisnis online atau membeli dengan cara online. Dengan cara menggunakan Smartphone untuk mengakses situs aplikasi belanja online tanpa ribet. Salah satu aplikasi yang saat ini sedang marak digunakan adalah shopee dan Jd Id.

    Shopee

    Shopee merupakan sebuah aplikasi yang bergerak pada bidang jual beli melalui online dan juga dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan smartphone. Shopee ini hadir ke dalam bentuk aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya pada saat melakukan kegiatan belanja secara online tanpa perlu ribet dengan menggunakan perangkat komputer. Shopee akan menawarkan berbagai produk fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari-hari hanya dengan menggunakan smartphone.

    Shopee merupakan sebuah anak perusahaan dari garena dengan berbasis di Singapura. Dengan meningkatnya penetrasi para pengguna gadget, maka hal tersebut akan membuat PT Shopee Internasional Indonesia dapat melihat peluang baru yang ada di dunia e-commerce. Saat ini Shopee sudah menyebar di berbagai Negara yang ada di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filiphina, Vietnam.

    Seorang Chris Feng adalah CEO Shopee yang mengatakan bahwa sejak soft launching pada tahun 2016 aplikasi ini mudah untuk diterima si Asia Tenggara, karena kawasan tersebut adalah kawasan yang gemar dalam bermain media sosial. Bahkan media sosial ini tidak disertakan untuk berkomunikasi kini telah menjelma sebagai kegiatan jual beli.

    Keuntungan

    • Dapat menjual barang dengan waktu yang cukup cepat serta bisa dilakukan hanya dengan waktu 30 detik.
    • Dapat memudahkan para penjual dalam memasarkan suatu barang dagangan dengan fitur foto.
    • Adanya fitur pemberitahuan tentang system pembayaran hingga penyelesaian transaksi yang memudahkan penjual dalam pengecek transaksi jual beli online.
    • Memberikan suatu kemudahan dalam memilih suatu produk seperti saat memilih varian motif, warna sampai ukuran.
    • Memiliki fitur gratis ongkir
    • Memiliki fitur terbaru yang dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN.
    • Memiliki fitur Live Chat yang memudahkan pembeli untuk dapat berbicara langsung dengan penjual.
    • Memiliki fitur tawar menawar

    JD.ID

    Jd Id merupakan pasar terbesar kedua setelah cina, dan focus dalam menjaga keaslian produk di platform e-commerce mereka. JD.ID telah menjalankan dua model bisnis yang berbeda. Pada sebagian besar produk yang telah mereka jual, dan sekitar 90% merupakan produk yang telah mereka miliki sendiri (business-to-consumer/B2C). Sisanya adalah produk yang dimiliki para merchant yang sudah  bekerja sama dengan mereka (marketplace/C2C)

    Kelebihan

    • Free shipping

    Free shipping merupakan magnet yang kuat untuk para shopper saat memutuskan untuk berbelanja. Jika ongkos kirimnya hampir sama atau bahkan lebih mahal dari harga yang dibeli, maka bukan satu-satunya e-commerce yang dapat membebaskan ongkos kirim kepada si pembeli, dan tetap pada pilihan JD.id sebagai pemain baru di Indonesia yaitu pilihan bijak.

    • Customer service

    Biasanya pengalaman buruk bagi Customer service adalah pelayanan yang buruk yang bisa dibilang CS yang merupakan ujung tombak perusahaan untuk memberikan solusi dan jawaban. Dan pada JD.id ini CS nya cukup responsive dengan pertanyaan-pertanyaan di media sosial.

    • Aplikasi

    Adanya suatu aplikasi pada smartphone akan memudahkan para pelanggan untuk berbelanja. Dan tidak perlu ribet harus membuka web browser yang biasanya size webnya tidak matching dengan ukuran layar smartphone.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Shopee Dan Jd Id
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar