Tol Pekanbaru-Dumai Segera Beroperasi Penuh, Simak Persiapannya

Daftar Isi

    LancangKuning - PT Hutama Karya (Persero) tengah mempersiapkan operasi penuh jalan Tol Pekanbaru–Dumai (Permai) sepanjang 131 km yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

    Kesiapan tersebut nampak dengan telah dilaksanakannya proses uji laik fungsi yang dilakukan mulai dari seksi 2 Minas–Kandis Selatan hingga seksi 6 Duri Utama–Dumai.

    Adapun sebelumnya, seksi 1 Pekanbaru–Minas sepanjang 9,5 km telah dibuka secara fungsional pada bulan Mei 2020 lalu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Senior Executive Vice President (SEVP) Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Hutama Karya, Agung Fajarwanto menyatakan bahwa kegiatan uji laik fungsi yang dilakukan pada 17-19 Juni 2020 berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

     

    "Jadi selama tiga hari tersebut, kami bersama beberapa stakeholder melakukan rangkaian uji laik fungsi mulai dari pembukaan, peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan uji laik fungsi ini," ungkap Fajar dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

    Fajar menjabarkan, tim uji laik fungsi Tol Permai terbagi menjadi tiga sub tim, yakni Sub Tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasi, dan Sub Tim 1 Bidang Keselamatan.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Kegiatan ULF hingga Rabu, 24 Juni 2020 masih terus berlangsung dengan agenda pengecekan oleh Sub Tim 1 Bidang Keselamatan. Saat ini perusahaan tengah menunggu hasil ULF Tol Permai untuk dapat diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

    "Kami optimis semua proses ini dapat terlewati dengan baik sehingga Tol Pekanbaru-Dumai yang telah dinanti masyarakat Riau dapat segera beroperasi," kata Fajar.

     

    Sebagai informasi, Tol Permai terdiri dari enam seksi yakni Seksi 1 Pekanbaru–Minas (9,5km), Seksi 2 Minas–Kandis Selatan (24,1km), Seksi 3 Kandis Selatan–Kandis Utara (16,9km), Seksi 4 Kandis Utara–Duri Selatan (26,5 km), Seksi 5 Duri Setalan–Duri Utara (29,54km), dan Seksi 6 (Duri Utara–Dumai (25,05km)

    Lebih lanjut Fajar, menyampaikan bahwa penyelesaian tol ini juga dapat terealisasi berkat kolaborasi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sebagai kontraktor dan PT Hakaaston (HKA) sebagai penyuplai aspal.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dia mengatakan, Hutama Karya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak terhadap pembangunan Tol Permai.

    "Berkat usaha terbaik perusahaan untuk terus mendukung terealisasinya pengoperasian JTTS ruas Pekanbaru–Dumai sepanjang 131 km sesuai dengan arahan Kementerian PUPR, kami telah melaksanakan uji laik fungsi sebagai bagian dari tahapan operasional jalan tol," pungkasnya.

    Sumber : Liputan6.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tol Pekanbaru-Dumai Segera Beroperasi Penuh, Simak Persiapannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar