Cara Menghindari Kebiasaan Menggosip

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Keasyikan bercerita dengan teman-teman kadang membuat kita lupa akan banyak hal seking serunya. Terlebih lagi teman tersebut jarang sekali berkomunikasi dengan kita, sekali bisa komunikasi anda mungkin bisa lupa waktu dan hal lainnya. Bahkan saat bercerita ini ada kalanya topik yang dibahas mengarah pada persoalan pribadi orang lain yang tidak anda ketahui apakah hal tersebut benar atau tidak. Kebiasaan seperti ini banyak dikenal oleh orang yaitu gosip.

    Banyak diantara mungkin menjadikan gosip adalah bahan pembicaraan yang menyenangkan, terlebih lagi orang yang diceritakan tersebut memiliki hal yang sangat menarik membuat bibir tidak mau berhenti. Namun, perlu kamu tahu bahwa kebiasaan mengosip ini sangatlah tidak baik bahkan bisa merugikan orang lain. Karena banyak hal yang biasanya kisah tersebut tidak bisa dipercayai secara keseluruhan dan membuat orang yang digosipkanpun dirugikan, dan bisa saja orang lain juga akan menjadikan anda sebagai bahan gosipan mereka.

    Nah, untuk kamu yang sebenarnya tidak berniat bergosip bahkan merasa kerap kali terjebak gosip dan ingin menghindarinya, berikut beberapa tips yang dilansir dari LifeIDNTimes :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Hindari bergaul dengan kelompok suka gosip

    Langkah awal untuk menghindari kebiasaan gosip adalah menjauh dari sumbernya seperti mengenali pergaulan kamu. Menghindari yang dimaksud bukan berarti tidak bergaul lagi dengan mereka yang suka menggosip, tapi menghindarlah dari mereka ketika mereka terlihat akan atau sedang membicarakan orang lain yang sifatnya privasi. Memang sulit menjauh dari teman-teman kita, tapi setidaknya hindari mereka sedang bergosip.

    1. Hindari topik yang akan menjurus ke pembicaraan tentang orang lain

    Ketika kamu terlanjur terjebak ke dalam perkumpulan teman-teman yang hendak melakukan gosip, kamu bisa langsung ambil alih pasukan dengan mengalihkan topik pembicaraan mereka. Carilah topik menarik untuk mengajak mereka berbincang agar terhindar dari hal yang berujung pada perbuatan gosip. Kamu bisa saja mengalihkan pembicaraan terkait dengan aktivitas kerja, dan fokuskan topiknya memang hanya membicarakan tentang pekerjaan saja.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    1. Konfirmasi kepada yang bersangkutan jika menerima cerita tidak mengenakan

    Ketika kamu mendengar cerita miring mengenai seseorang, dari pada kamu terjebak di dalam gosip tentangnya ada baiknya kamu mendatangi orang bersangkutan. Kamu bisa mengkonfirmasi kepadanya mengenai apa yang kamu dengar, dengan begitu kamu akan lebih bijak lagi di kemudian hari ketika mendengar cerita burung tentang orang lain. Tidak hanya itu saja, kamu juga selangkah lebih maju terhindar dari gosip karena mengetahui kejadian sebenarnya.

    1. Menyebarkan aura positif agar lingkunganmu terhindar dari penggosip

    Tidak hanya bisa mengobati yang sudah terlanjur, namun juga bisa menjauhkan gosip dari kehidupan kamu. Kamu bisa menyebarkan aura positif kepada setiap orang-orang yang suka penebar berita gosip. Seperti menceritakan hal-hal positig terkait orang yang ada di lingkungan melalui media apapun, sehingga orangpun akan enggan menceritakan hal buruk tentang orang yang sudah kamu ceritakan tentang kebaikannya. Mereka akan segan menceritakan keburukan orang lain di depanmu, serta ketika berkumpul mereka juga lebih menghargai kamu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Selalu ingat tidak ada manusia yang sempurna

    Ketika kamu juga berkeinginan untuk bergosip, kamu harus ingat bahwa manusia diciptakan dalam kondisi yang tidak sempurna alias tidak ada manusia yang sempurna. Setiap kita tentu akan ada kalanya mengalami hal buruk, termasuk juga kamu. Bisa saja saat ini kamu ingin mengosipkan orang lain, dan suatu saat kamulah di posisi mereka yang digosipkan.

    Setiap kita tentu memiliki kekurangan, dan perlu diingat bahwa membicarakan privasi orang lain dari belakang tanpa sepengetahuannya adalah salah satu bentuk merendahkan martabat diri kamu sendiri. Tentu kamu tidak maukan merendahkan diri dengan membicarakan orang lain yang belum jelas faktanya.

    Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu ingin menghindari kebiasaan menggosip. Perlu kamu ingat dan ditekankan lagi bahwa membicarakan orang lain terutama keburukan orang lain, itu adalah sesuatu hal yang buruk dan merugikan orang yang kamu bicarakan. Bahkan dengan adanya gosip terkadang bisa menyebabkan orang memilih untuk mengakhiri hidupnya karena merasa malu dengan cerita yang sudah beredar. Maka, penting bagi kamu menghindari ini agar tidak menjadi penyebab kerugian orang lain.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menghindari Kebiasaan Menggosip
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar