Elemen-Elemen Dasar Telekomunikasi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sistem telekomunikasi adalah sistem khusus untuk berkomunikasi jarak jauh. Perangkat mengacu pada pertukaran informasi dengan media elektronik dan listrik pada jarak yang signifikan. Pengaturan yang terdiri dari dua stasiun atau lebih dengan jumlah pemancar dan perangkat penerima yang sama adalah sistem telekomunikasi.

    Perangkat telekomunikasi adalah telepon, telegraf, radio, pengaturan komunikasi gelombang mikro, serat optik, satelit dan internet. Telekomunikasi adalah berbagai macam teknologi transmisi informasi seperti ponsel, telepon kabel, VOIP dan jaringan siaran. Data ditransmisikan dalam bentuk sinyal listrik yang dikenal sebagai gelombang pembawa, yang dimodulasi menjadi sinyal analog atau digital untuk mengirimkan informasi.

    Dapatkan bantuan dalam bantuan tugas Telekomunikasi dan ketahui lebih banyak tentang sistem telekomunikasi secara terperinci. Sistem telekomunikasi adalah penekanan dari beberapa komponen penting yang mengirimkan data dari satu ujung ke ujung melalui media elektronik dan masing-masing komponen melakukan tugas yang berbeda. Sekarang pelajari komponen apa yang sebenarnya mereka lakukan dan tugas yang dilakukan oleh masing-masing komponen.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kemudian input atau output perangkat untuk mengirim dan menerima data yang juga disebut terminal. Input dan output memulai dan menghentikan kutub dari komunikasi apa pun. Dalam jaringan terminal-terminal ini dikenal sebagai simpul-simpul yang dapat berupa komputer atau perangkat periferal dan jika kita mengambil contoh kehidupan nyata maka telepon seluler atau darat adalah sebagai contoh terminal.

    Saluran komunikasi yang menghubungkan terminal dengan berbagai cara kabel dan frekuensi radio nirkabel untuk mengirim dan menerima data. Perangkat Lunak Komunikasi digunakan untuk mengelola jaringan dan menentukan protokol yang menangani sistem telekomunikasi juga menangani dan mengendalikan kegiatan dan fungsi.

    Elemen Dasar Sistem Komunikasi

    • Pemancar

    Pemancar adalah perangkat elektronik yang digunakan dalam telekomunikasi untuk menghasilkan gelombang radio untuk mengirim atau mengirim data melalui atau menggunakan antena. Pemancar mampu menghasilkan arus bolak-balik frekuensi radio yang kemudian diterapkan pada antena, yang kemudian memancarkannya sebagai gelombang radio. Misalnya, banyak perangkat modern yang memiliki kemampuan komunikasi memiliki pemancar seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan seluler.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    • Media transmisi

    Banyak media transmisi digunakan sebagai saluran komunikasi. Kawat tembaga untuk membawa sinyal ke jarak jauh menggunakan jumlah daya yang relatif rendah. Contoh lain dari media fisik adalah serat optik, yang telah muncul sebagai media transmisi yang paling umum digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Tidak adanya media material dalam ruang hampa juga dapat menjadi media transmisi untuk gelombang elektromagnetik seperti cahaya dan gelombang radio.

    • Penerima (radio)

    Receiver (penyerap informasi) yang menerima dan mengubah sinyal kembali menjadi informasi yang diperlukan. Dalam komunikasi radio, penerima radio adalah perangkat elektronik yang menerima gelombang radio dan mengubah informasi yang dibawa oleh mereka ke bentuk yang dapat digunakan. Ini digunakan dengan antena. Informasi yang dihasilkan oleh penerima mungkin dalam bentuk suara (sinyal audio), gambar (sinyal video) atau data digital.

    • Komunikasi kabel

    Komunikasi kabel menggunakan kabel komunikasi bawah tanah (lebih jarang, saluran overhead), amplifier sinyal elektronik (repeater) yang dimasukkan ke dalam kabel penghubung pada titik-titik tertentu, dan peralatan terminal dari berbagai jenis, tergantung pada jenis komunikasi kabel yang digunakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Nirkabel

    Sistem Komunikasi dapat Wired atau Wireless dan media yang digunakan untuk komunikasi dapat Dipandu atau Unguided. Yang memandu sinyal untuk merambat dari satu titik ke titik lainnya.

    Jenis media seperti ini disebut Guided Medium. Di sisi lain, Komunikasi Nirkabel tidak memerlukan media fisik apa pun tetapi menyebarkan sinyal melalui ruang. Karena ruang hanya memungkinkan untuk transmisi sinyal tanpa panduan apa pun, media yang digunakan dalam Komunikasi Nirkabel disebut Unguided Medium.

    Jika tidak ada media fisik, lalu bagaimana komunikasi nirkabel mengirimkan sinyal? Meskipun tidak ada kabel yang digunakan dalam komunikasi nirkabel, transmisi dan penerimaan sinyal dilakukan dengan Antena.

    Antena adalah perangkat listrik yang mengubah sinyal listrik menjadi sinyal radio dalam bentuk Gelombang Elektromagnetik (EM) dan sebaliknya. Gelombang Elektromagnetik ini menyebar melalui ruang. Oleh karena itu, baik pemancar dan penerima terdiri dari antena. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Elemen-Elemen Dasar Telekomunikasi
    Sangat Suka

    42%

    Suka

    14%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    42%

    Marah

    0%

    Komentar