Sekolah Libur Dampak Corona, Lakukan Cara Belajar Efektif Ini di Rumah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Saat ini dunia diguncang oleh sebuah wabah bernama Corono, dimana berawal dari china dan kini sudah menyebar ke beberapa negara lainnya termasuk di Indonesia. Wabah yang berupa virus tersebut cukup meresahkan masyarakat karena merengut beberapa nyawa orang yang terinfeksi virus tersebut.

    Informasi pada hari Senin, 16 Maret 2020 pemerintah mengumumkan bahwa sudah ada sekitar 117 kasus yang terdapat di Indonesia. Melihat kondisi tersebut tentu saja pemerintah tidak tinggal diam serta berupaya agar kasus tersebut tidak meningkat.

    Salah satu usaha yang kini dilakukan oleh pemerintah baik itu pusat maupun daerah dalam menekat tingkat kasus tersebut yaitu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan sosial distance. Dimana semua aktivitas lebih banyak di lakukan di rumah saja dan menghindari perkumpulan.

    Himbauan tersebut tentu saja berdampak kepada pendidikan salah satunya sekolah. Dimana semua sekolah di Indonesia diliburkan dan tentu saja akan berdampak kepada proses belajar siswa. Walaupun umumnya anak-anak tidak banyak diserang oleh virus covid-19 ini namun potensi mereka tertular dari orang dewasa cukup ada.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sehingga para pelajar ini harus melakukan proses pembelajaran di rumah masing-masing. Tentu saja belajar di rumah ini kurang efektif salah satunya tidak adanya yang mendampingi anak belajar. Sementara semua pendidikan formal bahkan lembaga bimbingan belajarpun diliburkan. Sebagai upaya agar kamu para siswa atau pelajar untuk bisa tetap belajar di rumah lebih efektif dan mengasyikan tentu saja ada beberapa tips mesti kamu coba.

    Berikut beberapa tips dalam menciptakan suasana belajar di rumah agar lebih efektif dan menyenangkan :

    1. Menciptakan Sudut Belajar Sendiri

    Kamu bisa menciptakan tempat belajar yang nyaman di rumah atau di sekitaran rumah, seperti di balkon, atau di teras rumah. Caranya cukup mudah misalnya mengelar tikar dan meja portable yang gampang untuk di bawa-bawa. Selain itu, jika kamu sulit berkonsentrasi di luar rumah cara lainnya bisa mendekor meja belajar semenarik mungkin agar kamu tetap semangat untuk belajar. Jika membutuhkan kamu bisa mengganti-ganti suasana belajar sesuka hati kamu agar tidak jenuh.

    1. Belajar Kelompok Secara Online

    Adanya pengumuman terkait sosial distance tentu saja belajar kelompokpun tidak bisa kamu lakukan. Namun bukan berarti kamu memang tidak bisa berdiskusi atau belajar kelompok, hanya saja caranya kamu ganti menjadi secara online. Kamu bisa saja membentuk kelompok belajar melalui telepon ataupun video call sehingga kamu tetap bisa menjaga komunikasi dengan teman dan tugas kamu tetap terselesaikan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Menyiapkan Makanan Ringan

    Agar kamu bisa tetap fokus dan tidak mudah mengantuk disarankan untuk banyak mengunyah atau ngemil, untuk itu kamu harus menyediakan makan ringan sebagai teman belajar kamu. Meskipun demikian kamu jangan sampai mengkonsumsi cemilan secara sembarangan, carilah cemilan bergizi agar stamina kamu terjaga sehingga tubuh kamu juga tidak mudah diserang oleh virus.

    1. Menggunakan Fasilitas Belajar Online

    Karena setiap tempat belajar harus di tutup baik itu sekolah dan bimbingan belajar, maka peraturannya setiap pelajar disarankan belajar secara online di rumah. Nah, ada banyak fasilitas belajar online bisa dimanfaatkan sehingga tetap membantu anda untuk tetap mendapatkan ilmu pengetahuan. Salah satu fasilitas belajar online yang bisa digunakan oleh Sekolah adalah E-Learning dari Garuda Cyber.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Memastikan Perlengkapan Belajar dan Gadget Kondisi Bersih

    Paling peting dari semua tips di atas adalah menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri hingga lingkungan tempat tinggal. Pasalnya tubuh yang kotor dan lingkungan yang tidak bersih tentu saja memudahkan virus berkembang biak dan itu memungkinkan kita untuk jatuh sakit. Kebersihan alat tulis, gadget, mouse dan lainnya juga mesti kamu jaga, terlebih jika alat tersebut juga pernah digunakan secara bersama dan itu tidak menutup kemungkinan akan tertular virus seperti corona. Sehingga disarankan sebelum digunakan semprotkan terlebih dahulu disinfektan dan rajin-rajinlah mencuci tangan.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan cara belajar efektif dan menyenangkan di rumah. Pesan untuk kamu jangan panik dalam menghadapi situasi saat ini, tetap selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan agar kamu tidak terinfeksi virus corona ini.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sekolah Libur Dampak Corona, Lakukan Cara Belajar Efektif Ini di Rumah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar