Prinsip Kerja Rangkaian Sekuensial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin sebagian dari kalangan kalian tidak mengetahui apa itu prinsi kerja rangkaian sekuensial berikut penjelasannya. Sirkuit berurutan adalah sirkuit logis, di mana output tergantung pada nilai sekarang dari sinyal input serta urutan input masa lalu. Sedangkan sirkuit kombinasional adalah fungsi dari input yang ada saja.

    Sirkuit berurutan adalah kombinasi dari sirkuit kombinasional dan elemen penyimpanan. sirkuit sekuensial menggunakan variabel input saat ini dan variabel input sebelumnya yang disimpan dan menyediakan data ke sirkuit pada siklus clock berikutnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sirkuit berurutan adalah sirkuit logis, di mana output tergantung pada nilai sekarang dari sinyal input serta urutan input masa lalu. Sedangkan sirkuit kombinasional adalah fungsi dari input yang ada saja. Sirkuit berurutan adalah kombinasi dari sirkuit kombinasional dan elemen penyimpanan. sirkuit sekuensial menggunakan variabel input saat ini dan variabel input sebelumnya yang disimpan dan menyediakan data ke sirkuit pada siklus clock berikutnya.

    1. Diagram Blok Sirkuit Berurutan
    2. Diagram Blok Sequential Circuits

    Jenis Sirkuit Berurutan

    Sirkuit berurutan diklasifikasikan menjadi dua jenis

    • Sirkuit Sinkron
    • Sirkuit Asinkron

    Dalam sirkuit sekuensial sinkron, keadaan perangkat berubah pada waktu diskrit sebagai respons terhadap sinyal jam. Di sirkuit asinkron, keadaan perangkat berubah sebagai respons terhadap perubahan input.

    Sirkuit Sinkron

    Dalam sirkuit sinkron, inputnya adalah pulsa dengan batasan tertentu pada lebar pulsa dan penundaan propagasi. Dengan demikian sirkuit sinkron dapat dibagi menjadi sirkuit berurutan clock dan un-clocked atau berdenyut.

    Sirkuit Berurutan Clocked

    Sirkuit berurutan clock memiliki sandal jepit atau kait berpagar untuk elemen memorinya. Ada jam periodik yang terhubung ke input jam dari semua elemen memori sirkuit untuk menyinkronkan semua perubahan kondisi internal. Karenanya operasi sirkuit dikontrol dan disinkronkan dengan pulsa periodik jam.

    Baca juga : Macam Macam Demultiplexer

    Urutan Cocked

    • Sirkuit Berurutan Tanpa Jam

    Dalam rangkaian sekuensial tanpa clock membutuhkan dua transisi berturut-turut antara 0 dan 1 untuk mengubah keadaan sirkuit. Sirkuit mode tanpa jam dirancang untuk merespons pulsa dengan durasi tertentu yang tidak memengaruhi perilaku sirkuit.

    Sirkuit logika sinkron sangat sederhana. Gerbang logika yang melakukan operasi pada data, membutuhkan jumlah waktu yang terbatas untuk menanggapi perubahan input.

    • Sirkuit Asinkron

    Sirkuit asinkron tidak memiliki sinyal clock untuk menyinkronkan perubahan internal negara. Karenanya perubahan keadaan terjadi sebagai respons langsung terhadap perubahan yang terjadi pada jalur input primer. Sirkuit asinkron tidak memerlukan kontrol waktu yang tepat dari sandal jepit.

    • Sirkuit Asinkron

    Logika asinkron lebih sulit untuk dirancang dan memiliki beberapa masalah dibandingkan dengan logika sinkron. Masalah utama adalah bahwa memori digital peka terhadap urutan sinyal input mereka tiba, seperti, jika dua sinyal tiba di flip-flop pada saat yang sama, yang menyatakan sirkuit masuk dapat bergantung pada sinyal yang sampai ke gerbang logika pertama.

    Sirkuit asinkron digunakan pada bagian-bagian penting dari sistem sinkron di mana kecepatan sistem adalah prioritas, seperti pada mikroprosesor dan sirkuit pemrosesan sinyal digital.

    • Flip Flop Circuit

    Flip-flop adalah rangkaian berurutan yang mengambil sampel input dan mengubah output pada contoh waktu tertentu. Ini memiliki dua keadaan stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi keadaan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sinyal diterapkan Ini adalah elemen penyimpanan dasar dalam logika sekuensial dan blok bangunan fundamental sistem elektronik digital. Mereka dapat digunakan untuk menyimpan catatan nilai suatu variabel. Flip-flop juga digunakan untuk mengontrol fungsi suatu sirkuit.

    Flip-flop R-S adalah flip-flop yang paling sederhana. Ini memiliki dua output, satu output adalah kebalikan dari yang lain, dan dua input. Kedua input tersebut adalah Set dan Reset. Flip-flop pada dasarnya menggunakan gerbang NAND dengan pin aktif tambahan. Rangkaian memberikan output hanya ketika pin aktif tinggi.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Kerja Rangkaian Sekuensial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar