Macam Macam Demultiplexer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Demultiplexer adalah distributor data yang dibaca sebagai DEMUX. Ini sangat berlawanan dengan multiplexer atau MUX. Ini adalah proses mengambil informasi dari satu input dan mentransmisikan lebih dari satu dari banyak output. DEMUX digunakan untuk mengimplementasikan sistem logika tujuan umum.

    Demultiplexer mengambil satu jalur data input tunggal dan mendistribusikannya ke salah satu dari sejumlah jalur output individual satu per satu. Demultiplexing adalah proses mengubah sinyal yang mengandung banyak sinyal analog atau digital menjadi sinyal asli dan terpisah. Sebuah demultiplexer dengan output 2 ^ n memiliki n jalur terpilih.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Multiplexer / demultiplexer panjang gelombang array fase telah terbukti sebagai demultiplexer WDM superior untuk sistem dengan jumlah saluran yang lebih sedikit. Demultiplexer array fasa terdiri dari array pandu gelombang dispersif yang terhubung ke pandu gelombang input dan output melalui dua skrup radiatif.

    Cahaya dari waveguide input yang menyimpang dalam coupler bintang pertama dikumpulkan oleh waveguides array, yang dirancang sedemikian rupa sehingga perbedaan panjang jalur optik antara waveguide yang berdekatan sama dengan bilangan bulat dari panjang gelombang desain pusat demultiplexer.

    Ini menghasilkan distribusi fase dan intensitas dari cahaya yang terkumpul yang direproduksi pada awal coupler bintang kedua, menyebabkan cahaya menyatu dan fokus pada bidang penerima. Karena perbedaan panjang jalur, bagian depan fase yang direproduksi akan dimiringkan dengan panjang gelombang yang bervariasi, sehingga menyapu titik fokus di berbagai pandu gelombang keluaran yang berbeda.

    Macam-macam Demultiplexer

    • 1 hingga 4 Demultiplexer

    Demultiplexer 1 hingga 4 terdiri dari satu input, empat output, dan dua garis kontrol untuk membuat pilihan. Diagram di bawah ini menunjukkan rangkaian demultiplexer 1 hingga 4. Bit input adalah Data D dengan dua jalur pilih A dan B. Bit input D ditransmisikan ke empat bit output Y0, Y1, Y2, dan Y4.

    Baca juga : Fungsi Utama De-multiplexer

    Ketika AB adalah 01 Gerbang AND kedua atas diaktifkan sedangkan gerbang AND lainnya dinonaktifkan. Dengan demikian, hanya satu data yang dikirimkan pada Y1. Jika D rendah, maka Y1 rendah dan jika D tinggi, Y1 tinggi. Nilai Y1 tergantung pada nilai D. Jika input kontrol berubah menjadi AB = 10 semua gerbang dinonaktifkan kecuali gerbang AND ketiga dari atas. Kemudian D ditransmisikan ke output Y2.

    • 1 hingga 8 Demultiplexer

    Demultiplexer 1 hingga 8 terdiri dari satu jalur input, 8 jalur output, dan 3 jalur pilih. Biarkan input menjadi D, S1 dan S2 adalah dua jalur pilih dan delapan output dari Y0 ke Y7. Ini juga disebut sebagai 3 hingga 8 demux karena 3 jalur seleksi. Di bawah ini adalah diagram blok dari 1 hingga 8 demux.

    Menggunakan tabel kebenaran di atas, diagram logika demultiplexer diimplementasikan menggunakan delapan AND dan tiga NOT gerbang. Kombinasi berbeda dari jalur pilih pilih satu gerbang AND pada waktu tertentu, sehingga input data akan terlihat pada output tertentu.

    • 1 hingga 16 Demultiplexer

    Demultiplexer 1 hingga 16 memiliki satu data input, empat jalur pilih A, B, C dan D dan 16 jalur keluaran Y0 ke Y15. Ini diimplementasikan menggunakan gerbang AND and NOT.

    Aplikasi Demux

    • Demultiplexer digunakan untuk menghubungkan satu sumber ke beberapa tujuan. Demultiplexer terutama digunakan di bidang sistem komunikasi.
    • Demultiplexer digunakan untuk rekonstruksi data paralel dan sirkuit ALU.
    • Demultiplexer menerima sinyal output dari multiplexer dan mengkonversi kembali ke bentuk asli data pada ujung penerima. MUX dan DEMUX bekerja bersama untuk melakukan proses komunikasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    •  Demultiplexer membantu untuk menyimpan output ALU di banyak register dan unit penyimpanan dalam sirkuit ALU. Output dari data yang ALU dimasukkan sebagai input data ke DEMUX. Setiap output dari DEMUX terhubung ke beberapa register yang dapat disimpan dalam register.
    • Konverter serial ke paralel digunakan untuk merekonstruksi data paralel dari aliran data serial yang masuk. Dalam teknik ini, data serial dari aliran data serial yang masuk diberikan sebagai input ke DEMUX secara berkala. Penghitung terpasang pada input kontrol demux. Penghitung ini mengarahkan output sinyal data dari demux tempat sinyal data ini disimpan. Ketika semua sinyal data telah disimpan. Output dari demux dapat diambil dan dibaca secara paralel. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam Macam Demultiplexer
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar