Ciri Ciri Gerontologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ciri yang dapat dilihat dari gerontologi yakni sebuah ilmu yang mempelajari tubuh manusia yang mengalami penuaan, mulai dari rambut yang berwarna putih, kinerja tubuh, dan aktivitas yang mulai lambat. Ciri yang sangat jelas dari ilmu gerontologi ialah membahas masalah penuaan dan juga kematian.

    Secara penelitian dan juga beberapa kajian-kajian yang ditemukan serta beberapa pendapat yang mempelajari ilmu ini membahas penuaan makhluk hidup dan juga kematian. Ilmu ini mempelajari mengapa dan bagaimana penuaan dapat terjadi pada makhluk hidup. Gerontologi umumnya banyak membahas manula atau seorang lanjut usia. Hal ini karena, merekalah yang paling dekat dengan penuaan dan kematian. Bahkan sejumlah ahli melakukan penelitian kepada mereka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Gerontologi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari gerontologi sosial, medis, bio, dan teknologi. Yang pertama ialah sosial, gerontologi ini memanfaatkan ilmu-ilmu sosial, baik ekonomi, kejiwaan, dan ilmu yang lain yang berkaitan dengan sosial masyarakat untuk mempelajari dan mengetahui proses penuaan. Selanjutnya, biologi gerontologi yang biasa dikenal dengan biogerontologi.

    Ilmu ini membahas dan mencari tahu mengenai penuaan dapat terjadi yang dilihat dari proses biologi makhluk hidup yang diteliti. Mulai dari ciri fisik makhluk hidup, yang meliputi cara kerja serta fungsi tubuh. Dalam urutan perkembangan makhluk hidup, dapat dilihat perkembangan dan juga sebuah perubahan dari tubuh baik fungsi dan cara kerja. Mulai dari masa termuda kemudian masuk ke masa dewasa, pada masa ini perkembangan baik cara kerja dan fungsi tubuh bekerja dengan baik.

    Kemudian ketika telah masuk usia lanjut beberapa organ dan juga fungsi tubuh yang lain mengalami penurunan. Selanjutnya medis dalam gerontologi, ilmu ini biasa disebut dengan geriatri. Ilmu ini mencari tahu dan membahas kesehatan makhluk hidup terutama lanjut usia. Hal ini dikarenakan, lanjut usia lah yang mengalami penurunan kerja serta fungsi tubuh. Dengan adanya ilmu ini maka para lanjut usia dapat diketahui kesehatannya, serta penyakit yang mungkin akan menyerang.

    Baca juga : Gejala Gejala Perubahan Fisik Dan Motorik Lanjut Usia

    Berikutnya ada gerontologi yang berkaitan dengan teknologi. Ilmu ini dikenal dan banyak disebut dengan geroteknologi. Ilmu ini mencari tahu dan membahas hubungan antara seorang lanjut usia dengan teknologi. Baik yang ada disekitar nya maupun teknologi yang akan datang. Dengan mempelajari masalah ini dapat membantu seorang lanjut usia untuk menggunakan teknologi dengan aman. Karena sebelumnya telah dilakukan penelusuran apakah sebuah teknologi aman untuk lanjut usia atau tidak.

    Dengan adanya hal semacam ini akan dapat membantu dan membuat seorang lanjut usia untuk menjalani kehidupan sehari-harinya untuk seterusnya dengan merasa aman dan nyaman. Seseorang yang telah memasuki usia tua umumnya mengalami penurunan untuk mencapai suatu minat. Seorang yang masuk lanjut usia harus dapat menjaga diri dengan baik. Berikut ini beberapa perubahan yang dapat terjadi pada seorang lanjut usia baik secara fisiknya maupun mental.

    Yang pertama ialah sebuah perubahan yang terjadi pada bagian tubuh. Mulai dari hal yang terkecil seperti sel yang mengalami perubahan sampai dengan organ-organ tubuh. Perubahan fisik yang dapat diketahui dengan jelas mulai dari fungsi pendengaran, pendengaran seseorang yang telah memasuki lanjut usia pada umumnya telah mengalami penurunan sehingga untuk mendengar sesuatu mulai tidak jelas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikutnya untuk melihat sesuatu mulai tidak jelas, hal ini karena fungsi organ yang mulai berkurang. Kemudian kesanggupan seorang lanjut usia terhadap sebuah kejadian sangat lambat. Karena, gerontologi banyak mempelajari masalah penuaan maka yang paling dekat dengan hal ini ialah sesorang yang telah memasuki lanjut usia. Namun, beberapa lanjut usia tidak sependapat dengan beberapa tindakan dari ilmu ini.

    Banyak hal yang mempengaruhi penuaan. Dan setiap orang tidak dapat menghindari penuaan, hal ini pasti akan terjadi. Oleh karena itulah beberapa orang memberikan yang terbaik pada masa-masa mudanya.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Ciri Gerontologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar