Media Komunikasi Grafis Beserta Unsur-Unsurnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komunikasi grafis merupakan suatu proses penyampaian dari suatu lambang-lambang yang memiliki suatu penjelasan tertentu. Komunikasi grafis merupakan suatu pekerjaan yang ada di dalam bidang komunikasi visual. Komunikasi tersebut adalah salah satu bagian dari komunikasi visual dua dimensi. Grafis mempunyai suatu unsur yang di campurkan dan dirancang secara baik agar bisa mengeluarkan sebuah media komunikasi.

    Unsur dari komunikasi grafis yang vital yaitu teks, warna dan ilustrasi. Teks terdiri dari bagian judul, subjudul, logo, kata penutup dan naskah. Secara garis besar, suatu media komunikasi grafis juga bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu barang kenangan dan media display.

    Komunikasi grafis bisa juga diartikan sebagai suatu proses yang memberikan suatu informasi tentang lambang-lambang dimana lambang-lambang tersebut memiliki makna tertentu. Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual dimana cara penggunaannya adalah menggunakan gambar, gambar tersebut digunakan untuk memberikan suatu informasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Seni dari desain grafis terdiri dari suatu kemampuan yang kognitif dan memiliki suatu keterampilan visual, dalamnya juga memiliki tipografi, fotografi, ilustrasi, pengolahan gambar. Seiring berkembangnya zaman, desain grafis juga bisa diterapkan pada suatu media elektronik, dimana media tersebut bisa dikatakan sebagai suatu desain yang interaktif.

    Berikut merupakan unsur-unsur yang ada di media komunikatif, yaitu:

    1) Teks

    Teks adalah suatu wacana yang bisa dijelaskan dengan bentuk tulisan. Dengan hal tersebut teks merupakan suatu pelembagaan dari suatu kejadian yang berbentuk tulisan. Teks terdiri dari beberapa bagian, dimana bagian tersebut adalah :

    • Judul

    Merupakan suatu yang digunakan untuk menandai sebuah karangan atau juga sering disebut dengan kepala karangan. Judul bisa mengarahkan seorang pembaca supaya bisa lebih jauh mengetahui terhadap suatu isi pesan atau produk yang berada di dalamnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Triatma Mulya

    • Subjudul

    Merupakan suatu lanjutan dari judul, dimana judul tersebut menjelaskan tentang makna dari sebuah judul. Subjudul bisa juga sering disebut sebagai suatu kalimat dari peralihan yang bisa mengarahkan seorang pembaca dari sebuah judul ke suatu kalimat pembuka dari naskah.

    • Naskah

    Merupakan suatu kalimat yang menjelaskan secara rinci tentang suatu isi pesan. Dalam naskah skenario film memiliki fungsi sebagai suatu bahan yang digunakan untuk menggabungkan persepsi antara seorang produser dan semua kru terhadap suatu film yang akan di keluarkan.

    • Logo

    Merupakan suatu tanda pengenal tetap dari sebuah perusahaan yang di bikin secara sederhana, pendek dan komunikatif. Berikut adalah faktor yang harus dipertimbangkan ketika menetapkan suatu visualisasi logo yaitu sejarah, identitas, unik, asosiatif, artistik dan simbolik.

    • Kata penutup

    Merupakan suatu kalimat pendek jelas, jujur dan jernih dimana kalimat tersebut bertujuan supaya bisa mengarahkan pembaca agar bisa membuat suatu keputusan yang baik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    2) Ilustrasi

    Merupakan suatu dari unsur grafis begitu vital dan bisa dihidangkan mulai dari suatu goresan sampai begitu kompleks. Tujuan ilustrasi yaitu untuk menjelaskan dan bisa menghiasi sebuah cerita, puisi dan informasi yang tertulis.  Ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut :

    1. Bisa menarik suatu perhatian.
    2. Bisa merangsang minat seorang pembaca terhadap suatu keseluruhan pesan.
    3. Bisa memberikan suatu penjelasan.
    4. Bisa menonjolkan suatu keistimewaan dari sebuah produk
    5. Bisa memenangkan suatu persaingan
    6. Bisa menciptakan suatu suasana yang khas
    7. Bisa memberikan dramatisasi pesan

    3) Warna

    Warna adalah suatu unsur yang begitu penting dalam grafis karena memberikan suatu dampak psikologis terhadap orang yang sedang melihat. Supaya bisa mencapai suatu desain warna lebih baik bisa dimulai dari memilih suatu warna, bisa merepresentasikan suatu tujuan dari media komunikasi grafis yang sedang dibuat. Misalnya, untuk mendesain suatu media grafis yang dibuat oleh anak TK, maka seharusnya memilih suatu warna-warna yang cerah agar bisa membuat suasana lebih ceria.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Media Komunikasi Grafis Beserta Unsur-Unsurnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar