Jenis Citra Penginderaan Jauh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Data yang dikumpulkan dari jarak jauh tersedia dari berbagai sumber dan teknik pengumpulan data dan seringkali merupakan satu-satunya jenis data yang tidak selalu mudah ditemukan dalam domain publik. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa sebagian besar data ini diperoleh oleh peralatan yang mahal untuk dibangun dan dirawat. Namun, ada banyak jenis citra dasar berkualitas tinggi yang tersedia dengan biaya bersubsidi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fotografi Udara

    Fotografi udara memiliki dua kegunaan yang menarik dalam latihan kelas: (1) koleksi pengukuran rinci dari foto udara dalam persiapan peta; dan (2) untuk menentukan tata guna lahan, kondisi lingkungan, dan informasi geologis (lokasi singkapan, liniasi, dll). Perlu dicatat bahwa foto udara BUKAN peta.

    Peta adalah representasi ortogonal dari permukaan bumi, artinya peta itu akurat dan terarah. Foto udara sering menampilkan distorsi radial tingkat tinggi yang harus diperbaiki. Sebagian besar paket GIS memiliki beberapa mekanisme atau alur kerja untuk memperbaiki distorsi ini (lihat georeferensi) atau Anda berupaya untuk menemukan data yang diperbaiki secara online.

    Jenis Fotografi Udara

    • Hitam dan Putih: Survei yang lebih tua dan berbiaya lebih rendah dikumpulkan pada media hitam putih dan liputan di A.S. pada dasarnya lengkap. Beberapa generasi ideal untuk membandingkan deteksi perubahan permukaan tanah baru-baru ini.
    • Warna: Survei foto udara dengan biaya lebih baru atau lebih tinggi tersedia di media berwarna dan cakupan di sebagian besar wilayah utama AS tersedia tetapi tidak selalu dengan biaya nol.
    • Inframerah: Penggunaan utama adalah studi vegetasi karena vegetasi adalah reflektor radiasi infra merah yang sangat kuat.

    Baca juga : Klasifikasi Berbagai Lembaga Keuangan Milik  Pemerintah Dan Swasta

    Citra Satelit

    Citra satelit dikumpulkan oleh sejumlah pemerintah nasional dan internasional, dan lembaga swasta. Sebagian besar data ini dilindungi oleh hak cipta dan akses menggunakan harus dinegosiasikan oleh pengguna individu atau lembaga. Akses gratis dimungkinkan melalui kolaborasi dengan NASA dan lembaga yang didanai NASA.

    Produk data menjangkau spektrum elektromagnetik yang berguna dalam berbagai resolusi dan jatuh pada instruktur untuk mempertimbangkan kegunaan data ini di lingkungan pengajaran. Dalam banyak kasus, data gratis atau berbiaya rendah memiliki ukuran sel resolusi lebih besar dari 100m / piksel sehingga jenis pencitraan ini sering memberikan tampilan regional gambaran besar tetapi mungkin tidak memberikan wawasan terperinci untuk fitur geologi yang ditemukan di lapangan.

    Meskipun demikian, tipe data ini dapat sangat berguna dalam analisis multi-skala dan untuk membantu siswa mendapatkan penghargaan untuk skala fitur di lapangan yang dapat memiliki pengaruh besar pada reflektivitas massal yang dikumpulkan selama flyover satelit.

    Jenis Citra Digital Satelit

    Data satelit penginderaan jauh datang dalam dua jenis dasar, data yang dikumpulkan secara pasif dan data yang dikumpulkan secara aktif. Pengumpulan data pasif berfokus pada memperoleh intensitas radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh matahari dan memantul dari permukaan planet.

    Pengumpulan data aktif sebagian besar terbatas pada perangkat yang mengirim dan menghasilkan pulsa energi yang dipantulkan kembali ke satelit untuk direkam. Sebagian besar data yang tersedia dikumpulkan secara pasif dan terbatas pada energi yang tidak diserap oleh atmosfer bumi. Citra satelit berdasarkan reflektifitas pasif tersedia dalam 4 tipe dasar, yaitu terlihat, inframerah, multispektral, dan hiperspektral.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Tampilkan takarir

    Jenis dan resolusi data yang dikumpulkan pada umumnya dikunci untuk misi satelit. Data yang terlihat terdiri dari piksel yang terdiri dari nilai warna merah, hijau, dan biru untuk membuat tiga pita data pada gambar raster. Citra inframerah biasanya terdiri dari gambar yang menyertakan saluran yang terlihat serta beberapa rentang spektrum infra merah.

    Data multispektral mencakup hingga 7-12 saluran data dan hiperspektral dapat mencapai 50 band atau lebih dari data yang dikumpulkan melalui bandwidth diskrit dari spektrum elektromagnetik.  Bagaimana semua data ini digunakan melampaui ruang lingkup situs ini, tetapi perlu diingat bahwa ada berbagai produk yang tersedia dan mungkin memerlukan banyak penelitian untuk menentukan jenis data apa yang berguna dalam konteks latihan berbasis lapangan.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Citra Penginderaan Jauh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar