Pengelompokan Archaebacteria

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Archaebacteria dapat dibagi menjadi tiga kelompok.

    • Kelompok pertama terdiri dari produsen metana atau metanogen. Archaebacteria ini hidup di lingkungan tanpa oksigen. Metanogen tersebar luas di alam. Habitat termasuk rawa, perairan laut dalam, fasilitas pengolahan limbah, dan bahkan di perut sapi. Methanogen memperoleh energi mereka dari penggunaan karbon dioksida dan gas hidrogen.
    • Kelompok kedua Archaebacteria dikenal sebagai halofil ekstrim. Halophile berarti "mencintai garam." Anggota kelompok kedua ini tinggal di daerah dengan konsentrasi garam tinggi, seperti Laut Mati atau Danau Garam Besar di Utah. Faktanya, beberapa archaebacteria tidak dapat mentolerir lingkungan yang relatif tidak aman seperti air laut. Mikroba halofilik menghasilkan pigmen ungu yang disebut bacteriorhodopsin, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi fotosintesis, mirip dengan tanaman.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Kelompok terakhir archaebacteria hidup di perairan panas dan asam seperti yang ditemukan di mata air belerang atau ventilasi termal laut dalam. Organisme ini disebut termofil ekstrem. Termofilik berarti mencintai panas. Mereka berkembang pada suhu 160 ° F (70 ° C) atau lebih tinggi dan pada tingkat pH, pH = 1 atau pH = 2 (pH yang sama dengan asam sulfat pekat).

    Archaebacteria bereproduksi secara aseksual dengan proses yang disebut pembelahan biner. Dalam pembelahan biner, DNA bakteri bereplikasi dan dinding sel mencubit di tengah sel. Ini membagi organisme menjadi dua sel baru, masing-masing dengan salinan DNA sirkular. Ini adalah proses yang cepat, dengan beberapa spesies membelah setiap dua puluh menit sekali. Reproduksi seksual tidak ada di archaebacteria, meskipun materi genetik dapat ditukar antara sel dengan tiga proses yang berbeda.

    Dalam transformasi, fragmen DNA yang telah dilepaskan oleh satu bakteri diambil oleh bakteri lain. Dalam transduksi, fag bakteri virus yang menginfeksi sel bakteri mentransfer materi genetik dari satu organisme ke organisme lain. Dalam konjugasi, dua bakteri berkumpul dan bertukar materi genetik. Mekanisme-mekanisme ini memunculkan rekombinasi genetik, memungkinkan evolusi lanjutan dari archaebacteria.

    Archaebacteria pada dasarnya penting untuk studi evolusi dan bagaimana kehidupan pertama kali muncul di Bumi. Organisme juga terbukti bermanfaat dan penting secara komersial. Misalnya, methanogen digunakan untuk melarutkan komponen limbah. Metana yang mereka hasilkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga dan bahan bakar.

    Archaebacteria juga digunakan untuk membersihkan tumpahan lingkungan, terutama di lingkungan yang lebih keras di mana sebagian besar bakteri akan gagal bertahan hidup. Archaebacterium termofilik yang disebut Thermus aquaticus telah merevolusi biologi molekuler dan industri bioteknologi.

    Ini karena sel-sel mengandung enzim yang keduanya beroperasi pada suhu tinggi dan merupakan kunci untuk membuat bahan genetik. Enzim ini telah dimanfaatkan sebagai dasar untuk teknik yang disebut reaksi berantai polimerase (PCR). PCR sekarang menjadi salah satu dasar biologi molekuler.

    Baca juga : Gangguan Pada Sistem Endokrin

    Definisi Archaebacteria

    Archaebacteria adalah jenis organisme sel tunggal yang sangat berbeda dari bentuk kehidupan modern lainnya sehingga mereka menantang cara para ilmuwan mengklasifikasikan kehidupan. Sampai munculnya studi biologi genetika dan molekuler yang canggih memungkinkan para ilmuwan untuk melihat perbedaan biokimia utama antara arkaebakteri dan bakteri "normal", keduanya dianggap sebagai bagian dari kerajaan organisme bersel tunggal yang sama.

    Kerajaan, cara mengatur bentuk kehidupan berdasarkan struktur sel mereka, secara tradisional termasuk Animalia, Planitia, Jamur, Protista (untuk eukariota sel tunggal), dan Monera (yang pernah dianggap memiliki semua bentuk prokariota). Namun, studi genetik dan biokimia bakteri segera menunjukkan bahwa satu kelas prokariota sangat berbeda dari bakteri modern, dan memang dari semua bentuk kehidupan modern lainnya.

    Akhirnya dinamai archaebacteria dari archae untuk kuno, sel-sel unik ini dianggap sebagai keturunan modern dari garis keturunan bakteri yang sangat purba yang berevolusi di sekitar ventilasi laut dalam yang kaya belerang. Analisis genetik dan biokimia yang canggih telah menghasilkan pohon filogenetik kehidupan yang baru, yang memanfaatkan konsep domain untuk menggambarkan pembagian kehidupan yang lebih besar dan lebih mendasar daripada kerajaan.

    Versi paling modern dari sistem ini menunjukkan semua eukariota - hewan, tumbuhan, jamur, dan protista - yang merupakan domain Eukaryota, sedangkan percabangan bakteri yang lebih umum dan modern merupakan Prokarya, dan archaebacteria membentuk domain mereka sendiri secara bersamaan domain Archaea.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Archaebacteria bahkan telah menantang ide-ide ilmuwan tentang cara mendefinisikan suatu spesies, karena mereka mempraktikkan banyak transfer gen horizontal - di mana gen ditransfer dari satu individu ke individu lain selama masa hidup mereka membuatnya sulit untuk menentukan seberapa dekat sel-sel yang berbeda terkait, atau bahkan jika sel archaebacteria memiliki semacam kombinasi sifat yang stabil yang biasanya digunakan para ilmuwan untuk mendefinisikan suatu spesies.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengelompokan Archaebacteria
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar