Kekurangan dari Animasi Stop Motion

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penjelasan dari animasi adalah gambar yang bisa bergerak, dimana gambar-gambar tersebut berasal dari gabungan dari beberapa objek yang disusun secara khusus sehingga gambar tersebut bisa bergerak sesuai alur yang telah ditetapkan pada setiap waktu.

    Stop motion merupakan suatu cara yang digunakan untuk membuat animasi dimana animasi tersebut berasal dari potongan-potongan gambar yang dibuat seolah-olah gambar-gambar tersebut bisa saling berhubungan, sehingga dari gambar tersebut bisa menghasilkan sebuah alur cerita.

    Cara pembuatan animasi stop motion bisa dikatakan masih kuno dan sederhana. Jenis dari animasi stop motion menggunakan perpaduan antara gerak dan foto. Jika seseorang tidak bisa membuat gambar namun jika dia bisa memahami tentang prinsip animasi maka dia bisa membuat animasi dengan menggunakan teknik stop motion. Karena dalam teknik stop motion kita hanya perlu memotret objek dengan baik dan beraturan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Animasi stop motion merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk memanipulasi gambar sehingga benda mati bisa bergerak dengan sendirinya dan benda tersebut bergerak sesuai dengan hitungan dari frame.

    Di Indonesia animasi stop motion masih jarang kita temui. Karena teknik dalam pembuatannya memerlukan kesabaran yang cukup besar, akan tetapi animasi tersebut memiliki gerakan yang unik sehingga menghasilkan sesuatu sensasi yang sangat menarik. Untuk pembuatan animasi stop motion yang kita perlukan, yaitu :

    • Ide yang kreatif terhadap cerita yang akan dibuat.
    • Software computer.
    • Berbagai jenis kamera.
    • Dan tripod.

    Kekurangan dari Animasi Stop Motion, yaitu :

    • Proses pengerjaan nya lama, sehingga membutuhkan waktu yang lama.
    • Konsep pengerjaan nya harus masak.
    • Dalam proses pengerjaan nya memerlukan ketekunan tinggi.
    • Gerakan untuk objeknya terbatas.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Kelebihan dari Animasi Stop Motion, yaitu :

    • Animasi tersebut bisa dibuat oleh siapa pun.
    • Dalam pengerjaan animasi stop motion tidak harus menggunakan sebuah peralatan canggih.
    • Animasi tersebut jarang digunakan orang.

    Jenis dari Animasi Stop Motion, yaitu :

    1. Cut Out Animation (Gunting Animasi)
      Animasi cut out merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membuat animasi. Untuk pembuatannya kita harus memotong-motong gambar tersebut sesuai yang kita pengen. Animasi tersebut di bikin menggunakan suatu alat peraga  dan karakternya di bikin datar. Saat ini cut out animasi diproduksi dengan menggunakan komputer, dimana gambarnya bisa kita scan.
    2. Clay Animation (Animasi Tanah Liat)
      Clay animasi biasanya di bikin menggunakan tanah liat atau dengan menggunakan bahan elastis lainnya, yang penting bahan tersebut bisa dibentuk sebagai suatu objek yang bisa kita gerakkan. Tanah liat biasanya bisa di ubah sesuai bentuk yang kita inginkan. Contohnya animasi Chicken Run.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Puppet Animation (Animasi Wayang)
      Puppet Animation biasanya menggunakan tokoh boneka dan wayang atau menggunakan figur yang lain. Boneka dan fitur tersebut biasanya di bikin dari bahan yang bersifat lentur dan mudah digerakkan pada saat pemotretan. Biasanya bahan yang digunakan dalam pembuatan boneka ini adalah kayu yang gampang di ukir, tanah liat, kertas dan masih banyak lagi dimana bahan tersebut bisa menghasilkan karakter tidak baku.
    2. Pixilation Animation (Animasi Pixilation)
      Pixilation Animation biasanya menggunakan seorang aktor yang hidup, dimana aktor tersebut bisa diperlakukan seperti boneka. Untuk pemotretan stop motion ini seperti biasa, dimana aktor tersebut bergaya berulang kali untuk menghasilkan satu atau banyak frame. Sehingga hasil dari frame tersebut bisa bergerak seperti boneka yang digerakkan.
    3. Objek Animation (Objek Animasi)
      Objek Animation merupakan suatu variasi yang catsual dari animasi cel tradisioanal bidang datang. Animation ini biasanya menggunakan benda sebagai pemeran utamanya.
    4. Grafik Animation (Animasi Grafik)
      Grafik Animation biasanya menggunakan suatu benda. Dimana benda yang digunakan tidak mudah dibentuk misalnya tanah liat. Contohnya yaitu: kaleng, balok dan lainnya.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kekurangan dari Animasi Stop Motion
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar