Keuntungan Dan Kerugian Jenis Mekanisme Katup

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mesin kendaraan kita dapat berjalan karena adanya mekanisme, salah satu jenis dari mekanisme kendaraan yaitu mekanisme katup. Mekanisme katup memiliki beberapa keuntungan dan juga memiliki beberapa kerugian. Keuntungan dari mekanisme katup adalah sebagai berikut. Mesin penggerak katup dapat melakukan proses masuknya bahan bakar dan pembuangan bahan bakar yang tidak terpakai lagi bisa terjadi dengan baik, atau proses pembakaran berjalan dengan baik.

    Cara mesin penggerak katup melakukannya dengan cara membuka dan menutup katup yang ada. Dengan cara membuka dan menutup katup mesin secara teratur, dapat membuat proses pembakaran dari bahan bakar dapat berjalan dengan baik. Mesin penggerak katup memiliki banyak jenis beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut. Mesin penggerak katup OHV atau singkatan dari Over Head Valve, mekanisme ini posisi dari katupnya berada diatas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Keuntungan yang didapat dari mesin penggerak katup jenis ini adalah sebagai berikut. Mekanisme pada katup ini mempunyai sebuah alat penggerak, penggerak pada mekanisme ini lebih tahan lama. Volume tempat dari pembakaran untuk bahan bakar besar. Untuk memasang dan memodifikasi katup lebih mudah. Sedangkan untuk kerugiannya yaitu, suara mesin keras atau berisik. Karena, bagian-bagian pada katup banyak bergerak dan saling bergesekan sehingga, membuat suara berisik.

    Selanjutnya ada mekanisme SOHC atau singkatan dari Single Over Head Camshaft. Mekanisme ini camshaft berada diatas katup. Keuntungan yang didapat dari mekanisme ini yaitu, katup yang digunakan dapat bergerak dengan cepat karena adanya kerja dari camshaft yang baik. Untuk memindahkan tenaga lebih cepat sehingga mesin memiliki kecepatan yang baik. Sedangkan kerugian dari mekanisme ini banyak bagian-bagian mesin yang berada diatas katup mesin.

    Baca juga : Prinsip Kerja Dari Sistem Pelumas Tekan

    Sehingga untuk menempatkan setiap bagian memerlukan volume ruang yang luas. Belt harus dicek secara rutin karena kemungkinan dapat terjadi kerusakan bahkan dapat putus. Berikutnya ialah mesin penggerak dari penutup dan pembuka katup DOHC. Mekanisme ini memiliki dua bagian yaitu bagian katup untuk mengambil bahan bakar dan katup yang mengeluarkan bahan bakar. Mesin pembuka dan penutup ini memiliki keuntungan yaitu sebagai berikut.

    Proses kerja mesin mendekati kesempurnaan, bisa digunakan untuk mesin kendaraan yang besar. Karena volume ruang yang besar mekanisme ini bisa menampung banyak bahan bakar dan juga udara. Digunakan pada mesin kendaraan berkecepatan tinggi. Sedangkan, kerugian dari mekanisme ini ialah sebagai berikut. Untuk memasang bagian-bagian dalamnya mahal karena kelebihan dan tentunya kerumitan setiap bagian. Untuk memodifikasi sangat sulit dan memerlukan waktu yang lama.

    Mekanisme atau mesin penggerak ialah sebuah bagian yang mengatur proses pembakaran bahan bakar. Sedangkan penggerak katup ialah bagian yang mengatur membuka dan menutup agar bahan bakar dan udara dapat masuk dan keluar dengan baik. Pada mesin penggerak atau mekanisme ada dua katup yaitu katup yang berada didalam dan juga katup yang berada diluar.

    Mesin penggerak katup selalu berkaitan atau tidak dapat terpisahkan dengan bahan bakar. Karena tugas dari mesin penggerak ini adalah mengolah bahan bakar menjadi energi melalui proses pembakaran. Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi akan diubah menjadi tenaga untuk menggerakan bagian-bagian mesin agar dapat bergerak dan dapat menjalankan kendaraan. Bahan bakar pada kendaraan untuk menjalankan mesin menjadi sesuatu yang penting agar mekanisme mesin dapat berjalan. Tanpa adanya bahan bakar mekanisme tidak dapat berjalan dan kendaraan tidak bisa beroperasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bahan bakar menjadi makanan untuk mesin kendaraan kita oleh karena itu, kita perlu memperhatikan keadaan bahan bakar kendaraan yang kita gunakan. Keuntungan yang kita dapatkan dari mekanisme katup yang utama adalah cara mekanisme katup untuk dapat menghemat bahan bakar. Mekanisme yang memberikan penghematan pada bahan bakarlah yang akan memberikan keuntungan yang besar untuk pemilik kendaraan. Selain itu, mekanisme yang dapat memanfaatkan bahan bakar yang sedikit akan dapat mempermudah pemilik kendaraan.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan Dan Kerugian Jenis Mekanisme Katup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    16%

    Tidak Peduli

    16%

    Marah

    66%

    Komentar