Perbedaan Pangsa Pasar dan Target Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.comKita sering tanpa sadar menggunakan istilah target pasar dan pangsa pasar secara bergantian. Namun, memahami perbedaan antara kedua istilah ini sangat penting bagi pemasar usaha kecil. Setiap istilah memiliki implikasi praktis yang berbeda pada berbagai komponen produk pemasaran, layanan dan merek. Artikel singkat ini akan menguraikan dan menjelaskan perbedaan antara target pasar dan pangsa pasar.

    Target Pasar

    Target pasar didefinisikan sebagai sekelompok orang yang diputuskan oleh suatu bisnis untuk mengarahkan upaya pemasarannya dan pada akhirnya produknya. Mereka yang ingin menggunakan dan mengkonsumsi produk atau layanan. Kelompok-kelompok orang terutama didasarkan pada selera dan preferensi, namun, kelompok umum atau pasar didasarkan pada karakteristik usia, lokasi, kekerabatan, jenis kelamin, etnis, kelas dan sebagainya.

    Tujuan dari target pemasaran adalah untuk mengoordinasikan berbagai aspek pemasaran produk menuju satu kelompok untuk memaksimalkan daya tarik ke pasar tertentu. Singkatnya, target pasar adalah bisnis yang menargetkan produk atau layanan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Misalnya, target pasar dari produsen mainan anak-anak populer seperti ‘action man’ adalah anak laki-laki berusia 3-11. Selain itu, target pasar untuk popok adalah bayi dan balita dari semua jenis kelamin.

    Mengelompokkan Target Pasar

    Membagi target pasar menjadi berbagai segmen sama mudahnya dengan membagi populasi menjadi kelompok-kelompok yang dapat diukur dengan karakteristik utama. Ini termasuk jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, ras, pendidikan, agama, status perkawinan, dan lokasi geografis.

    Konsumen yang termasuk dalam kelompok ini cenderung menilai produk dan layanan yang sama, itulah sebabnya mempersempit segmen ini adalah salah satu faktor yang harus diingat agar bisa untuk menentukan target pasar. Misalnya, orang yang masuk dalam kelompok berpenghasilan lebih tinggi mungkin lebih cenderung membeli kopi spesial dari Starbucks daripada Dunkin 'Donuts.

    Baca juga : Penetapan Pangsa Pasar

    Pangsa Pasar

    Pangsa pasar adalah proses membagi pasar pelanggan potensial menjadi kelompok atau segmen tergantung pada karakteristik yang berbeda. Pangsa  pasar menjadi perlu ketika perusahaan tertentu memutuskan untuk mengidentifikasi jenis konsumen tertentu untuk produk atau layanan mereka.

    Dalam pangsa pasar, kami membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan faktor-faktor seperti usia, tingkat pendapatan, atau perilaku. Kemudian, segmen ini digunakan untuk mengoptimalkan dan mengiklankan produk.

    Ada beberapa keunggulan pangsa pasar. Pertama, bisnis dapat memperkuat strategi pemasaran mereka dan meningkatkan produk dan layanan mereka. Selain itu, segmen pasar dapat memengaruhi tahap pengembangan produk baru. Misalnya, perusahaan dapat memperkenalkan fitur produk baru dari informasi untuk berbagai kategori umur atau produk khusus untuk tingkat pendapatan tinggi.

    Apa Hubungan Antara Pangsa Pasar dan Target Pasar? 

    Pangsa pasar dan target pasar adalah konsep utama dari rencana pemasaran. Selain itu, ini adalah dasar dari strategi pemasaran. Mereka terkait satu sama lain. Kita harus mengidentifikasi target pasar hanya setelah berhasil mengidentifikasi pangsa pasar. Hampir tidak mungkin memasarkan produk sebelum melakukan pangsa pasar dan menentukan target pasar.

    Apa Perbedaan Antara Pangsa Pasar dan Target Pasar?

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pangsa pasar terjadi ketika perusahaan memutuskan untuk mengidentifikasi jenis pelanggan spesifik untuk produk atau layanan mereka, sedangkan identifikasi target pasar terjadi ketika perusahaan mengidentifikasi pelanggan mana yang memiliki kemampuan untuk membeli produk. Jadi, ini adalah perbedaan utama antara pangsa pasar dan target pasar.

    Dalam pangsa pasar, diperlukan untuk meneliti seluruh pasar secara keseluruhan dan membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang berbeda tergantung pada karakteristik umum. Sebaliknya, target pasar menargetkan kelompok konsumen terbaik yang dipilih untuk menjual produk. Selain itu, pangsa pasar tergantung pada variabel seperti perilaku, demografi (misalnya, jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pendapatan), geografi, dan fitur psikografis, atau pola gaya hidup dan sifat kepribadian. Namun, target pasar mungkin memiliki karakteristik serupa. Oleh karena itu, kita dapat menganggap ini sebagai perbedaan lain antara pangsa pasar dan target pasar.

    Perbedaan utama antara pangsa pasar dan target pasar adalah bahwa pangsa pasar mengacu pada identifikasi kelompok konsumen tertentu untuk produk, sedangkan target pasar mengacu pada pelanggan potensial untuk produk atau layanan tertentu.

    Pangsa pasar dan target pasar adalah langkah yang sangat penting dalam proses pemasaran. Meskipun mereka adalah proses yang serupa, pangsa pasar harus selalu dilakukan sebelum memutuskan target pasar.(egdaf)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Pangsa Pasar dan Target Pasar
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar