Pengertian Desain Kolase Busana

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kolase merupakan artistic yang dihasilkan dari berbagai campuran bahan (dari kain, kertas, dan kayu) yang dilekatkan di atas gambar. Sifat kolase tidak sama dengan sifat seni pahat, seni lukis, dan seni cetak. Hasil dari karya itu tidak memperhatikan lagi bentuk awal mula material yang dipakai seperti apa. Kolase juga berarti suatu cabang seni rupa yang  terdiri dari kegiatan tempel-menempel berupa potongan kertas ataupun material, sehingga menjadikan suatu bentuk atau rancangan tertentu.

    Dengan teknik ini, para seniman telah banyak menciptakan seni rupa yang dituangkan melalui media lukisan, pahatan, seni cetak, serta juga menggunakan media busana. Dengan berbagai macam ragam jenis lukisan mulai dari sketsa flora dan fauna serta sketsa abstrak.

    Kolase Dalam Seni Rupa

    Seni kolase yang mempunyai sifat yang berlawanan dengan seni lukis, pahat, serta cetak yang berupa karya yang dihasilkan tidak memperlihatkan bentuk awal material yang dipakai. Seperti kanvas putih yang berwarna-warni. Seni kolase memiliki bentuk asli yang harus terlihat jelas, jika menggunakan potongan kertas, benda bekas, dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Bahan yang digunakan berupa barang yang sudah tidak dipakai lagi sehingga ramah lingkungan dan menghasilkan karya yang indah juga menarik serta memiliki sifat yang kokoh. Hal tersebut memunculkan banyak ide, serta banyak para seniman beralih ke teknik kolase ini, contohnya seniman ternama dunia yaitu Pablo piccasso dan max Ernst dengan menciptakan karya yang luar biasa.

    Sejarah Seni Kolase Dunia

    Seni kolase pertama kali dikenal dan berkembang pesat di Venice, Italia yang diperkirakan pada abad ke-17. Dalam beberapa periode ke depan seni tersebut mulai berkembang di negara bagian eropa seperti inggris, jerman, perancis, serta kota-kota kecil yang berada di bagian Eropa lainnya.

    Seni tersebut, menjadi media yang sangat digemari oleh kalangan seniman. Salah satu seniman yang menggunakan teknik seni rupa kolase adalah Pablo Piccasso dan max Ernst denga karya terkenalnya yaitu karya lukis yang menggunakan teknik kolase.

    Dengan memakai teknik kolase potongan kertas, kain, dan bermacam material lainnya. Pemanfaatan bahan baku kolase yang beragam macam, dapat menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik. Yang bisa dibedakan menjadi kolase dua dimensi dan kolase tiga dimensi untuk fungsi yang berbeda.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja

    Unsur-Unsur Seni Rupa Kolase

    • Titik, adalah rangkaian unsur rupa yang terkecil yang tidak mempunyai ukuran panjang dan lebar.
    • Garis, merupakan suatu deretan dari rangkaian titik yang saling terhubung sehingga membentuk sebuah coretan panjang.
    • Bidang, ialah suatu permukaan yang rata dan mempunyai batas tertentu.
    • Warna, merupakan unsur rupa yang penting dan salah satu wujud keindahan. Yang bisa dilihat dan diserap oleh indra penglihatan manusia.

    Desain Kolase Busana

    Desain kolase pada busana merupakan suatu desain atau rancangan yang menggunakan metode seni rupa kolase pada busana. Seni ini biasa ditemukan pada gambar baju anak, yang menampilkan gambar-gambar yang unik dan menarik. Sehingga mampu membuat anak nyaman dengan busana yang ia kenakan. Dengan ini, anak mampu memahami desain yang diberikan dengan berbagai jenis gambar dan berbagai warna.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Manfaat kolase bagi anak, sebagai berikut:

    1. Melatih mototrik halus,
    2. Meningkatkan kreativitas,
    3. Melatih konsentrasi,
    4. Mengenal warna,
    5. Mengenal bentuk,
    6. Melatih memecahkan masalah,
    7. Mengasah kecerdasan spasial,
    8. Melatih ketekunan.

    Fungsi Utama Seni Kolase Bagi Anak

    Yang bertujuan untuk melatih cara olah pikir anak, dan melatih ilmu pengetahuan. Serta memberikan rekomendasi cara mudah dalam mengajari anak untuk mengenal seni rupa. Hal tersebut, berfungsi untuk memberikan percaya diri pada anak, ketika anak belajar mengenal warna, bentuk, dan seni.

    Fungsi utamanya adalah untuk melatih atau membantu kemampuan berbahasa anak dengan cara anak mampu menjelaskan makna dibalik hasil karya yang telah ia ciptakan. Serta melatih kepekaan estetis anak dan berempati pada barang-barang yang sudah tak terpakai lagi.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel  Pengertian Desain Kolase Busana
    Sangat Suka

    16%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar