Menetapkan Segmentasi Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Segmentasi pasar adalah membagi suatu pasar atau konsumen menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang tentu membutuhkan produk atau cara pemasaran yang berbeda pula. Tujuannya adalah untuk mempermudah sebuah perusahaan dalam memasarkan produk atau meraih tujuan mereka, melalui pendekatan yang sesuai dengan kriteria bisnis perusahaan tersebut.

    Penetapan segmentasi pasar adalah sebagai berikut :

    1. Segmentasi  pasar  berdasarkan  geografi

    Perusahaan  membagi  pasar  ke dalam  beberapa bagian berdasarkan letak  geografi  tempat yang ingin dituju  seperti  pembagian berdasarkan provinsi atau berdasarkan kota.  Perusahaan  tersebut bisa  memutuskan  untuk    beroperasi  di dalam  satu  atau  beberapa wilayah  geografis  yang dirasa sesuai atau bisa mencapai tujuan mereka pada lokasi tersebut.

    1. Segmentasi pasar demografi

    Merupakan  pembagian  pasar  ke  dalam  kelompok-kelompok berdasarkan  variabel-variabel   seperti  usia,  jenis kelamin,  jumlah  penduduk,  dll.  Variabel demografi merupakan  dasar  paling  banyak digunakan  dalam penentuan segmen pasar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Contohnya sebuah perusahaan komputer membuat komputer dengan spesifikasi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Ada komputer yang dibuat untuk pelajar atau mahasiswa, ada komputer yang dibuat untuk bermain game, ada computer dibuat untuk desain dll.

    1. Segmentasi pasar psikografi.

    Orang-orang di dalam kelompok demografi yang sama tentu memiliki psikografi yang berbeda-beda hal ini bisa dijadikan segmentasi pasar berdasarkan psikografinya. Pada segmentasi  psikografi,  para pembeli  dibagi  kedalam  kelompok, yaitu :

    1. Kelas sosial.
    2. Gaya hidup.
    3. Ciri-ciri kepribadian.
    1. Segmentasi tingkah laku (behavioristik)

    Dalam segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian mereka terhadap produk tertentu. Segmentasi perilaku atau tingkah laku (behavioristik) mengelompokkan pembeli sebagai berikut :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Cahaya Surya

    1. Kemampuan membeli.

    Setiap orang atau konsumen memiliki alas an atau factor-faktor tertentu dalam membeli sebuah produk, diantaranya adalah :

    1. Faktor biaya.
    2. Faktor kemasan dan ukuran
    3. Ketersediaan tempat
    4. Pemanfaatan penggunaan yang dirasakan
    1. Produk dan jasa yang berkaitan.

    Pemakaian  mungkin  terbatas  karena  produk  dan  jasa  yang berkaitan  yang  penting  untuk  penggunaan  yang  memuaskan tidak memadai

    1. Masalah penggunaan.

    Beberapa  produk  dirasakan  tidak  berfungsi  sama  baiknya untuk  segala  penggunaan.  Adalah  penting  untuk  mengenali situasi-situasi  dalam  mana  masalah  ini  terjadi  dan  untuk menentukan  apakah  masalah  terletak  pada  aspek-aspek produk  atau  karena  kekurangan  pengetahuan  pemakai mengenai bagaimana menggunakan produk dengan benar

    1. Kesesuaian nilai atau pengalaman.

    Jika  produk  baru  mengharuskan  perubahan  pada  perilaku konsumen  atau  penggunaan  yang  bertentangan  dengan pengalaman  pemakai  konsumen  sebelumnya  atau  dengan sistem  nilai  yang  luas,  kecepatan  penyesuaian  diri  akan menjadi lambat. Misalnya mengenai kodak (kamera dan film) mengenali  masalah  penggunaan  dari  lini  kameranya  dan dengan  memecahkan  telah  mampu  memperbaiki  penjualan produk yang berkaitan (film).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Risiko yang dirasakan.

    Kesediaan untuk membeli suatu produk juga tergantung pada macam risiko yang dirasakan oleh para pembeli potensial. Risiko yang  dirasakan  akan  muncul  jika  para  pembeli  percaya  bahwa ada kemungkinan besar untuk mengambil keputusan yang salah dan  bahwa  akibat  dari  keputusan  yang  salah  sangat  besar. Secara spesifik ada enam macam risiko yang mungkin muncul jika membeli suatu bentuk atau kelas produk yaitu :

    • Risiko ekonomis atau keuangan, jika harga beli, biaya pemeliharaan atau biaya operasi tinggi.
    • Risiko waktu atau kenyamanan, jika ada kemungkinan untuk menyita waktu yang cukup lama dalam membeli atau menggunakan produk.
    • Risiko prestasi, jika ada kekhawatiran mengenai seberapa baik fungsi pokok dari produk atau jasa dapat bekerja.
    • Risiko fisik, jika ada ancaman terhadap kesehatan atau penampilan pembeli.
    • Risiko sosial, jika pembelian atau penggunaan suatu produk dapat memepengaruhi sikap dari kelompok acuan terhadap pembeli.
    • Risiko psikologis, jika pembelian atau penggunaan  produk dapat memengaruhi citra diri atau harga diri pembeli.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menetapkan Segmentasi Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar