Besaran-Besaran Fisika yang Digunakan di Bidang Pariwisata

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur / dihitung dan dapat dinyatakan dalam satuan. Besaran terbagi atas 2 yakninya besaran fisika dan non fisika. Sebelumnya di kelas VII kita sudah pernah belajar mengenai besaran pokok dan turunan. Untuk mengingatkan kembali, besaran pokok adalah besaran yang satuannya sudah ditetapkan sedangkan besaran turunan merupakan turunan dari besaran pokok tadi. Kedua besaran ini merupakan besaran fisika(besaran yang diperoleh dari pengukuran).

    Ada pula besaran non fisika yang merupakan besaran yang didapat dari perhitungan. Contohnya seperti kertas yang satuannya adalah lembar, hewan satuannya adalah ekor, manusia yang satuannya adalah orang dan pena satuannya adalah biji dan lain lainnya.

    Balik ke judul artikel ini bidang pariwisata, Yang hobinya jalan-jalan atau travelling pastinya sudah tidak asing lagi mendengarnya. Yak pariwisata adalah suatu kegiatan perjalanan berguna untuk liburan atau semacamnya yang dilakukan oleh seseorang yang ingin menggunjugi suatu wisata.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jaman sekarang tidak pernah pergi wisata tidak mungkinkan, karena wisata sekarang sudah banyak ditemukan dimana mana. Wisata pun sekarang sudah menjadi khas atau ketertarikan bagi suatu negara sehingga banyak orang orang asing yang disebut turis sering kita jumpai.

    Nah dari tadi kita sudah membahas dua unsur yang berbeda yakninya besaran fisika dan pariwisata. Apa hubungannya besaran-besaran fisika dan bidang pariwisata? dan digunakan untuk apa sih besaran-besaran fisika ini di bidang pariwisata? Apa saja contoh besaran-besaran yang digunakan di bidang pariwisata? .Di artikel ini kita akan menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut dengan baik agar anda bisa memahaminya. Mari simak penjelasannya.

    • Hubungan besaran besaran fisika dan bidang pariwisata

    Jelas ada hubungunnya, di saat penelitian mengukur jauh atau jaraknya wisata tersebut tentunya menggunakan alat ukur.  Alat ukur tersebut menunjukkan satuan jarak .Ingat kan pengertian besaran tadi “Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur / dihitung dan dapat dinyatakan dalam satuan”.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi

    • Kegunaan atau peran besaran-besaran fisika di bidang pariwisata

    Pada bidang pariwisata peranan besaran dan pengukuran mempunyai banyak kegunaan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

    1. Digunakan untuk menentukan jarak. Pengukuran jarak digunakan untuk mengetahui jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain dalam hitungan meter. Pengukuran ini digunakan untuk menentukan jarak yang akan ditempuh untuk mencapai suatu tempat.

    2. Digunakan untuk menentukan berat suatu benda. Biasanya nih pengukuran berat benda tentunya menggunakan alat ukur berupa timbangan. Dengan menggunakan timbangan kita bisa mengetahui berapa berat suatu benda dalam hitungan gram. Misalkan menghitung berat candi yang terdapat di  wisata tersebut atau beberapa penemuan-penemuan peninggalan sejarah wisata yang harus ditimang maka tentunya timbangan menjadi solusi yang satuannya adalah gram.

    3. Selanjutnya pengukuran dalam bidang pariwisata dapat digunakan dalam skala liter. Skala liter digunakan untuk mengukur jumlah cairan yang akan digunakan. Ini ditujukan untuk penelitian.

    4. Kemudian contohnya wisata kuliner, skala yang digunakan yakni menggunakan sendok atau cup. Sendok dan cup juga dapat digunakan untuk mengukur banyaknya bumbu yang akan digunakan dalam masakan atau makanan yang akan dibuat. 

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • apa saja contoh besaran-besaran yang digunakan di bidang pariwisata

    Contoh besaran yang digunakan dalam bidang pariwisata antara lain :

    - Panjang : Panjang lokasi wisata

    - Volume : Volume air laut          

    - Lebar : Lebar lokasi wisata

    Di Indonesia sendiri, banyak sekali wisata yang dapat anda temui. Dan hal yang paling menarik adalah wisata tersebut merupakan peninggalan sejarah sejarah terdahulu. Tentunya ini menjadi sasaran empuk untuk melakukan penelitian dan berbagai riset. Anda akan menemukan banyak sekali alat ukur atau yang biasa kita sebut alat-alat penelitian yang digunakan para peneliti.

    Alat-alat tersebut sangat membantu mereka dalam menemukan satuan dari barang yang mereka teliti tadi. Dan dari penelitian itulah ditemukan satuan yang kini menjadi penentu untuk besaran suatu benda. Demikianlah penjelasan tentang besaran besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata semoga bsia bermanfaat untuk kita semua.(Sayla)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Besaran-Besaran Fisika yang Digunakan di Bidang Pariwisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar