Sudah Memasuki Musim Hujan ? Jauhi 5 Makanan Ini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dengan adanya dua musim yang terjadi di Indonesia, dan dengan kondisi cuaca saat ini yang sering hujan, maka tidak salah jika kita katakan bahwa saat ini kita telah memasuki musim penghujan. Musim yang di rindukan sebagian orang dan musim yang harus di terima oleh sebagian orang.

    Begitu juga dengan kesehatan, kita juga harus bersiap sedia untuk menghadapi musim hujan dengan lebih memperhatikan kondisi kesehatan kita. Karena musim hujan ini lah musim yang rawan penyebaran penyakit dan rawan terkena penyakit.

    Nah karena hal tersebutlah, makanya sangat penting setiap orang dari kita untuk lebih mementingkan pencegahan dini dari pada melakukan pengobatan setelah terkena penyakit, hal ini agar tubuh kita tetap sehat dan baik walaupun di musim hujan saat ini.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Tentunya ada beberapa cara yang harus dilakukan agar tubuh kita tetap sehat saat menghadapi dan menjalankan musim hujan ini, slah satu cara yang sangat penting untuk menjaga tingkat kesehatan tubuh kita yaitu dengan lebih perhatian kepada jenis makanan yang akan kita konsumsi.

     

    Makanan menjadi hal yang sangat harus di perhatikan, karena makanan salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan sakit pada tubuh kita karena makanan akan langsung berinteraksi dengan setiap organ vital dari tubuh kita.

    Ali Gizi Dr. Simran Saini juga mengatakan, musim hujan juga membuat kita rentan mengalami infeksi. Demi kesehatan, Simran menyarankan agar kita menghindari lima jenis makanan berikut ini, selama musim hujan:

    1. Sayuran berdaun hijau Sayuran hijau memang baik bagi kesehatan. Namun, hindarilah makanan ini selama musim hujan. Saat musim hujan, sayuran berdaun hijau biasanya mengandung kotoran dan kelembaban tinggi sehingga rentan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, hindarilah sayuran seperti bayam, kubis dan kembang kol. Sebaliknya, pilihlah sayuran yang memiliki rasa yang tajam seperti labu. Pastikan, sayuran yang akan kita konsumsi sudah dicuci bersih dan dimasak sempurna.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2. Makanan laut Musim hujan adalah musim berkembang biak untuk ikan dan udang. Oleh karena itu, hindarilah makanan tersebut. Sebaiknya kita memilih bahan makanan berupa daging seperti daging ayam, kambing atau sapi. Tapi, jika kita benar-benar ingin mengonsumsi makanan laut, pastikan kita mengonsumsi makanan laut yang benar-benar segar dan memasaknya sebaik mungkin.

     

     

    3. Makanan yang terpapar udara Kita juga harus menghindari makanan yang terpapar udara demi kesehatan kita. Pasalnya, makanan yang telah terpapar udara juga rentan terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih makanan segar dan mengonsumsi nya secara langsung untuk mengurangi kemungkinannya terpapar udara.

     4. Makanan yang digoreng Makanan yang digoreng juga wajib kita hindari selama musim hujan. Pasalnya, suhu lingkungan yang dingin membuat proses pencernaan lambat yang akhirnya bisa mendatangkan komplikasi pada pencernaan kita. Selain itu, makanan yang digoreng juga mengandung garam tinggi yang bisa menyebabkan retensi air.Simran juga menyarankan agar kita tak mudah mengonsumsi makanan yang dijual di jalanan karena rentan terkontaminasi bakteri.

    Baca juga : Serie A Italia Brescia Vs Intermilan: Kemenangan Inter Diwarnai Gol Bunuh Diri

    5. Minuman bersoda mengurangi mineral dalam tubuh kita, yang pada gilirannya menyebabkan pengurangan aktivitas enzim. Saat musim hujan, sistem pencernaan kita melemah dan pengurangan aktivitas enzim karena minuman bersoda ini bisa semakin membahayakan saluran pencernaan kita. Sebaiknya, kita memilih air putih atau minuman hangat seperti teh jahe demi kesehatan pencernaan kita. Simran juga menyarankan kita agar mengonsumsi susu saat musim hujan. “ Musim hujan membuat sistem pencernaan kita sensitif. Saya akan menyarankan semua orang untuk mengonsumsi susu dan air putih agar pencernaan sehat," ucapnya (Zainal).
     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sudah Memasuki Musim Hujan ? Jauhi 5 Makanan Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar