Dampak Buruk Bagi Kesehatan Membuka Handphone Saat Bangun Tidur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bukan hal yang aneh lagi jika di zaman sekarang ini ketika baru bangun tidur orang mencari smartphone atau handphonenya terlebih dahulu sebelum benda lainnya. Bisa kita katakan benda satu ini sekaan tidak bisa ditinggalkan selama mata kita terbuka.

    Kebiasaan membuka handphone ini sangat beragam entah itu ingin melihat pesan yang masuk, atau kabar di media sosial. Bahkan ada sebagian orang terlelap dengan ponsel di tangannya dan ketika bangun kembali meraih benda tersebut.

    Di saat padatnya pekerjaanpun kita tetap menyempatkan diri untuk membuka ponsel meskipun hanya sekedar mengecek notifikasi saja. Sebuah penelitian dari IDC Research berpendapat bahwa para pengguna Smartphone sekitar 80 persen memeriksa ponsel mereka tersebut saat bangun tidur minimal selama 15 menit.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Meskipun ponsel ini sangat bermanfaat saat sekarang ternyata ketika kita bangun tidur langsung membuka handphone sangat tidak bagus untuk kesehatan. Kebiasaan tersebut sangat berdampak buruk untuk kesehatan kita.

    Memang terkadang ada informasi penting yang harus kita dapatkan ketika bangun tidur, tapi bukan berarti kita membiasakan diri setelah bangun langsung mengecek ponsel kita. Berikut ini dampak buruk bagi kesehatan kita yang disebabkan kebiasaan tersebut :

    Meningkatkan stres dan cemas

    Ketika bangun tidur kita membuka smartphone dan mengaktifkan paket data maka kita akan mulai dipenuhi dengan pesan singkat di medsos, email, list pekerjaan dan stimulasi lainnya yang itu semua bisa meningkatkan stress dan rasa cemas anda. Rentetan itu mampu mendorong dan mengalihkan perhatian kamu sehingga kamu akan merasa malas bahkan hal tersebut  tidak memberi kamu waktu untuk memulai hari karena disibukan dengan pesan atau sudah mulai stress dahulu dengan list pekerjaan.

    Ada sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia dimana menunjukan adanya peningkatan laporan depresi efek penggunaan smartphone atau handphone berlebihan pada mereka yang berusia 20an baik itu pengguna pria maupun wanita.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Alkhairaat

    Waktu dan perhatianmu dibajak

    Tanpa sadar ketika kita memeriksa email, media sosial atau pesan lainnya ketika bangun tidur tentu membuat otak kamu mudah dimasuki dengan opini maupun permintaan orang lain. Sehingga notifikasi dari handphone kamu tersebut akan membajak pikiran, ide dan fokus kamu. Kamu akan lupa bahkan malas untuk memulai hari dan mengerjakan hal lain, karena fokus kamu sudah teralihkan.

    Selain itu kamu akan ketagihan mengecek media sosial kamu, meskipun niat awalnya hanya ingin berselancar selama menit namun kamu bisa keterusan tanpa sadar menghabiskan waktu 30 menit hanya untuk scroll di media sosial.

    Dampak terburuknya dari hal ini kamu akan enggan beranjak dari tempat tidur kamu karena menikmati media sosial tersebut.

    Mengacaukan produktivitas

    Ketika kita meraih handphone mungkin kita beranggapan bahwa bisa dengan mudah mengalihkan fokus kita dengan cepat dari ponsel tersebut dan melakukan hal lain, tapi ternyata hal tersebut salah besar dan sangat sulit sekali ketika kita sudah sibuk dengan gadget bisa membuat kita lupa waktu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Para ahli penelitian mengungkapkan bahwa ketika kita bangun tidur dan memulai aktivitas namun terlalu banyak mendapati informasi ternyata hal tersebut bisa benar-benar mengganggu kemampuan kita. Dampak buruknya produktivitas kitapun bisa menjadi kacau.

    Bahasa sederhananya bisa menurun drastis kemampuan kita untuk fokus dalam memulai hari karena ponsel ini atau bisa juga berdampak munculnya rasa malas untuk memulai rutinitas harian.

    Nah, untuk kamu yang memiliki kebiasaan mengecek ponsel atau gadgetnya ketika bangun tidur disarankan menghindari kebiasaan ini. Selain tidak bagus untuk kesehatan juga sangat tidak baik memulai aktivitas pagi dengan bermalas-malasan yaitu berselancar di dunia maya. Kamu bisa memulai aktivitas kamu dengan berolahraga agar bisa lebih semangat menjalani hari kamu.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Buruk Bagi Kesehatan Membuka Handphone Saat Bangun Tidur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar