Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur (STIPER) adalah universitas swasta yang berlokasi di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. STIPER Kutai Timur adalah lembaga pendidikan tinggi yang menjadi tujuan belajar bagi semua orang Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

    Sejauh ini STIPER Kutai Timur memiliki lebih dari 1000 siswa aktif yang terdaftar secara resmi di Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Ada 51 dosen tetap dan 80 dosen tidak tetap dari berbagai disiplin ilmu pertanian.

    STIPER Kutai Timur mengembangkan yayasan penelitian yang dapat diterapkan pada masyarakat umum  terutama di Kutai Timur, sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

    Peningkatan standar penelitian dan kualitas pendidikan terus dipromosikan untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi di Indonesia. Untuk kebutuhan ini dan untuk terus berkembang dalam jangka panjang.

    Kampus STIPER Kutai Timur ini terus mengusahakan agar jumlah guru bersertifikat terus tumbuh dan mampu memiliki daya saing nasional. STIPER Kutai Timur diharuskan memenuhi beban kinerja minimum di setiap semester yang mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

    Dan juga termasuk tugas guru untuk mendorong siswa untuk menjadi orang yang unggul, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab, baik secara akademis dan bukan akademis.

    Penyediaan infrastruktur terus ditingkatkan untuk mengejar ketinggalan di bidang sains. Laboratorium terus dioptimalkan untuk fungsinya, kebun eksperimental sedang dibangun untuk mendukung visi dan misi STIPER Kutai Timur.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur :

    Program Studi

    Strata

    Wilayah

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Peternakan

    S1

    11

    3424/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018

    2018

    C

    2023-12-19

    Agroteknologi

    S1

    11

    2097/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016

    2016

    C

    2021-09-29

    Ilmu Kelautan

    S1

    11

    2411/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

    2016

    B

    2021-10-20

    Kehutanan

    S1

    11

    2412/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

    2016

    C

    2021-10-20

    Teknik Pertanian

    S1

    11

    2521/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

    2016

    C

    2021-10-20

     

    Berikut Visi, Misi dan Tujuan Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur :

    Visi: ‘’Menjadi pusat pendidikan, penelitian, layanan dan pengembangan ilmu pertanian melalui penggunaan lahan pasca tambang dan marjinal, serta pengembangan berbagai produk pertanian di perkebunan, hutan dan daerah pesisir untuk mendukung pengembangan agribisnis dan agribisnis yang berkelanjutan’’.

    Misi:

    1. Mengorganisir universitas terencana dan berkualitas tinggi untuk menghasilkan lulusan yang percaya pada Tuhan Yang Maha Esa, mulia dan profesional, beribadah di Indonesia dan semangat kewirausahaan.
    2. Meningkatkan frekuensi penelitian untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersinergi dengan pengembangan pertanian tropis basah dan pemulihan lahan setelah penambangan.
    3. Tingkatkan relevansi pengetahuan, kualitas dan daya saing berkelanjutan melalui kegiatan Tri Dharma College.
    4. Mengembangkan dan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan menuju kemerdekaan dan mendukung percepatan pembangunan pertanian, terutama di Kutai Timur.

    Tujuan:

    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki iman dan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, kompeten, memiliki sikap mental, dan etika profesional, pengetahuan, keterampilan, kreativitas dan kepemimpinan yang baik dan bangsawan, profesional dan berbudaya Indonesia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas.
    2. Membuat lulusan menyerap diri di dunia kerja dan / atau menciptakan lapangan kerja.
    3. Meningkatkan kinerja akademik dan potensi profesional siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka, memperkuat rasa persatuan di antara para siswa, menciptakan suasana keberuntungan di lingkungan kampus.
    4. Perluas peluang bagi orang untuk mengejar pendidikan tinggi di bidang pertanian.
    5. Menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung visi dan misi STIPER.
    6. Melakukan penelitian dasar dan terapan di bidang pertanian yang cocok untuk lingkungan pasca tambang, perkebunan, kehutanan dan kelautan.
    7. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan penggunaan sumber daya yang optimal.
    8. Pengembangan layanan administrasi dan manajemen yang efisien dan efektif.
    9. Mengembangkan jaringan kemandirian dan kerjasama organisasi untuk meningkatkan daya saing di tingkat regional dan nasional dengan dukungan dari komunitas kampus, alumni, pemerintah, industri dan masyarakat.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar