Alfedri Sebut Kualitas Cuaca di Siak Masih Dibawah Ambang Bahaya

Daftar Isi

    SIAK-Bupati Siak H Alfedri mengatakan, saat ini kualitas cuaca di Siak masih dibawah ambang batas membayakan, meskipun saat ini Kabupaten Siak sudah diselimuti asap.

    Hal itu disampaikan Bupati, saat diwawancarai wartawan, usai rapat paripurna di gedung DPRD Siak, Jumat (2/8/19) sore.

    "Meskipun beberapa hari kebelakangan ini, Siak mulai diselimuti asap akibat kebakaran lahan di sejumlah daerah, tetapi asap di Siak masih dibawah ambang bahaya. Jadi sekolah belum perlu diliburkan," kata Alfedri.

    Alfedri mengatakan, beberapa Kecamatan yang dianggap asapnya lebih parah akan diberikan masker, terutama ke anak-anak sekolah.

    Saat ini kata Alfedri, kondisi Karhutla di Siak berkurang jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terhitung luas wilayah yang terbakar saat ini berkisaran 50 hektar, areal terparah di Kecamatan Dayun dan Koto Gasib.

    "Terbaru, ada di Kampung Paluh sekitar 6 hektar, tetapi Alhamdulillah, bisa teratasi karena disitu ada kanal dan sungai," terangnya.

    Alfedri mengatakan, cepat merespon kejadian karhutla, buktinya pihaknya sudah meminta bantuan dari BPBD Riau, selain itu daerah-daerah yang terbakar tetap menjadi kosentrasi semua pihak, baik kerjasaama dari BPBD SIak, Manggala Agni, TNI, Polri maupun MPA.

    "Dari luas lahan yang terbakar, sebagian besarnya lahan masyarakat, di Sri Gemilang memang ada konsesi PT WSSI tetapi diluar inti atau plasma," terangnya.

    Bupati juga meminta kepada aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan. Seperti di PT WSSI pelaku pembakaran lahan sudah ditangani pihak kepolisian.

    "Kita minta pelaku pembakar lahan ini ditindak tegas,  karena menangani asap ini tidaklah mudah  banyak harus dikeluarkan, seperti biaya yang besar dan sumber daya untuk memadamkan api, " ucap Alfedri.

    Terkait kualitas cuaca akibat asap ini  Alfedri mengatakan sejauh ini sekolah belum diliburkan. Karena saat ini di Siak masih dibawah ambang batas bahaya.

    "Kita sedikit yang terbakar, kalau di Pelalawan sudah meluas," kata Alfedri. (LK/Gus_li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alfedri Sebut Kualitas Cuaca di Siak Masih Dibawah Ambang Bahaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar