Public Relation dan Marketing

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era modern ini, kegiatan PR sangat berhubungan erat dengan kegiatan marketing, karena pada dasarnya marketing merupakan bagian dari PR. Peran PR sangat membantu perusahaan dalam meraih tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan financial maupun tujuan ruang lingkup internal maupun external perusahaan. Tidak hanya terfokus pada ruang komunikasi publik saja akan tetapi PR juga telah menjadi bagian dari program Marketing.

    Secara umum kegiatan PR merupakan salah satu bagian dari fungsi manajemen perusahaan yang bertujuan untuk membangun dan menjaga image perusahaan melalui kegiatan timbal balik antar pihak yang memiliki kepentingan. Secara khusus tujuan PR lebih kepada mendorong terciptanya pengertian dan keselarasan antara perusahaan dengan publik, dan PR juga merupakan salah satu fungsi yang berperan penting dalam kegiatan Marketing.

    Dalam menjalankan kegiatan marketing, perusahaan dapat menggunakan sejumlah elemen-elemen komunikasi marketing dalam upayanya mencapai tujuan/target perusahaan, antara lain yaitu Direct Marketing, Personal Selling, Advertising, Sales Promotion, dan melalui kegiatan Public Relation. Seorang PR bisa membantu perusahaan melakukan kegiatan marketing dengan melakukan kegiatan Advertising (Periklanan), dengan kegiatan ini PR memberikan informasi kepada publik sasaran menggunakan media massa, baik cetak seperti koran maupun media elektronik seperti televisi. Apalagi di zaman modern yang serba online ini, penggunaan media sosial turut membantu PR untuk menjangkau khalayak luas, oleh karena itu seorang PR harus piawai dalam menggunakan media online. Selain itu, strategi Direct Marketing (penjualan secara langsung) juga bisa dilakukan, yaitu dengan menentukan target konsumen yang dianggap potensial. Bisa melalui direct mail atau pembagian katalog atau brosur di tempat keramaian seperti dijalan atau di mall. Seorang PR juga dapat mendatangi perorangan secara langsung target konsumen potensial yang dikenal dengan Personal Selling (penjualan pribadi).

    Adapun selain yang disebutkan diatas tadi, komunikasi pemasaran lainnya yang dapat dilakukan oleh seorang PR yaitu dengan mengadakan kegiatan Sales Promotion. Seorang PR dituntut menjadi seseorang yang cerdas dan kreatif agar dapat membantu memberikan ide sales promotion yang tepat, merancang sebuah event yang menarik, bahkan harus bisa ikut langsung turun ke lapangan memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan di event yang sedang diadakan.

    Strategi marketing lainnya yang paling penting dan tidak boleh dilupakan yang dapat dilakukan oleh seorang PR yaitu kegiatan publisitas atau kehumasan. Dalam hal ini seorang PR harus mampu mengelola hubungan yang baik dan menciptakan image yang positif di mata publik mengenai perusahaannya. Bisa melalui kegiatan sponsorship untuk kegiatan yang positif, ikut serta dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan komunitas. Dengan cara ini kegiatan seorang PR tidak hanya membantu marketing saja namun juga membantu membangun kesan dan opini publik yang positif yang tentu saja juga akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan dan penjualan itu sendiri. Masyarakat akan membeli suatu produk atau jasa jika hal terebut dihasilkan oleh perusahaan yang memiliki image yang baik. Hal ini juga akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut.

    PR dan marketing merupakan dua hal yang serupa tapi tak sama, namun dalam kegiatannya keduanya saling berhubungan erat dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu seorang PR juga dituntut memahami ilmu marketing dan begitu pula sebaliknya, seorang marketing juga harus memahami ilmu PR, agar keduanya dapat saling bekerjasama dengan baik dalam rangka memajukan perusahaan.(Fadhil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Public Relation dan Marketing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar