Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Baiturrahmah, Padang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Baiturrahmah atau biasa disingkat Unbrah  adalah universitas swasta di Kota Padang, Sumatera Barat, 0.89389 ° S 100.39547 ° E. Didirikan pada 16 Juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dengan ketua Mr. H. Amran.

    Universitas Baiturrahmah saat ini memiliki 7 (tujuh) program studi, yaitu program studi Pendidikan Kedokteran di Fakultas Kedokteran, program Pendidikan Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi, program studi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi Manajemen dan program studi Akuntansi baik di Fakultas Ekonomi maupun di program studi D III Kebidanan serta program D III di Radio Diagnostik dan Teknik Terapi Radio, yang keduanya berdiri sendiri di universitas.

    Selain itu ada juga program studi Keperawatan di Akademi Keperawatan yang juga dalam pengelolaan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, tetapi secara administratif terpisah dan di Universitas Baiturrahmah.

    Universitas Baiturrahmah memiliki satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatra dan satu-satunya sekolah kedokteran swasta di Sumatera Barat. Saat ini, program Klinik Registrar FK Unbrah diadakan di Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Umum Daerah Solok di Solok

    Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa penekanan program pendidikan yang dilakukan di Universitas Baiturrahmah adalah di sektor kesehatan. Jika dilihat dari kekhususan program studinya, dapat dikatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas serupa di 170 Universitas Swasta yang berlokasi di Kopertis Wilayah X (Sumatera Tengah).

    Bahkan Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas serupa dan lebih dari 500 Universitas Swasta di Sumatra. Baik program studi Pendidikan Kedokteran dan program studi Pendidikan Kedokteran Gigi telah terakreditasi secara nasional dan saat ini berada di peringkat B. Program studi yang baru dibuka, yaitu Teknik Diagnostik Radio dan Teknik Terapi Radio juga merupakan satu-satunya program serupa di Kopertis Wilayah X.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Baiturrahmah, Padang;

    Program Studi

    Strata

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Kesehatan Masyarakat

    S1

    0330/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2019

    2019

    B

    2024-06-28

    Universitas Baiturrahmah berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah yang didirikan pada tahun 1994 sebagai forum untuk tiga sekolah menengah yang telah didirikan sebelumnya, yaitu Sekolah Tinggi Ekonomi (1985), Sekolah Tinggi Gigi (1985) dan Sekolah Tinggi Kedokteran (1993) ), yang masing-masing kemudian berubah menjadi Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran. Kemudian, pada tahun 1999 fakultas lain dibuka, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Semua program studi ini telah terakreditasi. Pada tahun 2005 Departemen Kebidanan D.III dibuka, dan pada tahun 2006 Departemen Radiografi D.III.

    Hingga saat ini, Universitas Baiturrahmah mengadakan 8 (delapan) program studi, yaitu; Program Pendidikan Akreditasi Dokter B, Program Studi Profesional Akreditasi Dokter B, Program Pendidikan Dokter Gigi Akreditasi B, Program Profesional Dokter Gigi Akreditasi B, Program Studi Kesehatan Masyarakat Akreditasi B, Program Studi Manajemen Akreditasi, Program Studi Akreditasi B, Program Studi B dan Program Studi Radiografi Akreditasi Ulang Proses.

    Berikut Fakultas dan akademi Kampus Universitas Baiturrahmah, Padang;

    -Sekolah medis;

    Pendidikan Dokter dan Profesional Dokter

    -Fakultas Kedokteran Gigi;

    Pendidikan Dokter Gigi dan Profesional Dokter Gigi

    -Fakultas Kesehatan Masyarakat;

    Ilmu Kesehatan Masyarakat

    -Fakultas Ekonomi;

    Manajemen Akuntansi

    -Departemen Kebidanan

    Kebidanan DIII

    Departemen Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi

    Akademi keperawatan

    Perawatan DIII.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Baiturrahmah, Padang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar