Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Urat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Asam urat merupakan suatu penyakit arthritis yang menyerang persendian, persendian yang diserang bisa mencakup semua yang ada pada tubuh manusia. Tetapi penyakit ini lebih banyak menyerang persendian jari tangan, jari kaki, lutut dan pergelangan kaki. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini adalah pembengkakan yang menimbulkan rasa sakit, kemerahan, panas di area persendian dan juga nyeri yang datang secara tiba-tiba dan semakin bertambah sakit dalam hitungan jam.  Penyakit asam urat dialami biasanya 1 dari 200 orang dewasa. Keadaan ini dapat menyerang semua orang, tanpa memandang umur, gender ataupun status, tetapi laki-laki lebih mungkin mengalaminya dari pada perempuan.

    Penyakit asam urat ini biasanya dialami oleh laki-laki yang berumur sekitar 30-50 tahun dan perempuan yang sudah berumur mengalami menopause (tidak mengalami menstruasi lagi). Sedangkan untuk anak-anak serta remaja sangat jarang mengalami penyakit ini karena kondisi tubuh yang masih segar dan belum banyak mengalami pekerjaan berat. Penyakit asam urat tidak bisa dianggap sebagai hal yang mudah pada awal kemunculan tanda-tanda yang belum kontras. Di saat gejala awal sudah dirasakan sebaiknya untuk lebih bisa menjaga pola makanan yang dikonsumsi, rajin meminum air putih dan juga melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

    Penanganan terlambat terhadap penyakit asam urat dapat menyebabkan kerusakan sendi yang cukup parah, tidak bisa bergerak bahkan terkena batu ginjal. Apabila sudah mengalami penyakit asam urat ada baiknya mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi resiko penyakit atau bahkan bisa menyembuhkan penyakit secara perlahan.

    A. Jeruk nipis

    - Jeruk nipis adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga mengandung asam sirat yang dapat melarutkan asam urat secara perlahan. Cara mengkonsumsi jeruk nipis adalah dengan meminum perasan air jeruk nipis sebanyak 2 kali sehari

    B. Buah Ceri

    -  Buah ceri mengandung zat anti inflasi yang dapat menurunkan asam urat.

    C. Teh Hijau

    Teh hijau adalah jenis tanaman kaya akan kandungan antioksidan polifenol, terutama catechin. Daun Teh hijau memiliki aktis oksidan yang bisa memperlambat kerja enzim tubuh. Efek antioksidan itu adalah   xanthine oxidase (XO) yang mempunyai sebuah peran penting dalam penumpukan asam urat di dalam tubuh manusia.

    D. Cuka Apel

     Cuka apel sangat tinggi kalium seperti cuka apel organik sangat membantu dalam menjaga keseimbangan pH tubuh. Cuka apel ini  mengandung kandungan asam yang bisa membantu merangsang pembentukan di dalam pencernaan.

    E. Buah Apel

    -Memakan buah apel dapat menurunkan asam urat, karena kandungan yang ada di dalamnya yang dapat menetralkan asam urat di dalam darah.

    F. Buah Delima

    - Memakan  buah delima bisa menyembuhkan penyakit asam urat karena dapat mengurangi berbagai plak dalam arteri yang menjadi penyebab asam urat.

    G. Buah strawberry

    Buah strawberry merupakan  jenis buah yang bisa menurunkan asam urat karena memiliki zat anti - inflamasi yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat.

    H. Kentang dan Buah Pisang

    Makanan ini sangat baik untuk melancarkan kadar asam - basa dalam tubuh karena memiliki kalium yang sangat tinggi.

    I. Minyak zaitun

    Minyak zaitun ini mengandung lemak sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu juga minyak zaitun sehat ini juga mempunyai kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk menjaga segala produksi asam urat tetap pada kadar yang normal.

    J. Air Putih

    Meminum air putih sehari-hari dapat membuat tubuh menjadi sehat. Mengkonsumsi air putih sebaiknya 8 gelas sehari yang sangat baik bagi tubuh. (Irma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Urat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar