Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjung Pinang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjung Pinang merupakan Sekolah tinggi yang kerap kali disebut dengan STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang. STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang tersebut beralamat di Jalan WR. Supratman, Air Raja, Tanjung Pinang Tim, Kepulauan Riau 29125. STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang memiliki sejarah yang cukup menarik, hal ini bermula dari keprihatinan TNI Angkatan Laut yang sedang bertugas di Tanjung Pinang mereka melihat dari sebuah kenyataan yang ada bahwa kurangnya tenaga perawat dan tingginya keinginan yang kuat dari masyarakat untuk bisa masuk dan memiliki pendidikan perawat. Segala upaya ditempuh untuk mendirikan pendidikan perawat serta mengajukan Satuan Pendidikan kerjasama (SPK) setingkat di Kota Tanjung Pinang.

    Pada tanggal 07 Februari 1994, terdapat pada ST KASAL No. 1026/DIK/0794 pimpinan TNI Angkatan Laut menyetujui pendirian pendidikan SPK di Tanjung Pinang dibawah pimpinan komando TNI angkatan Laut, namun pembinaannya masih masuk dalam SEKESAL Jakarta, tahun 1997. Kemudian STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang dapat berdiri sendiri sesuai dengan izin DEPKES No.HK.00.06.1.1.2192. Dilanjutkan dengan pencapaian akreditasi pada tanggal 03 Februari 2000 hasil pencapaian akreditasi DEPKES. SEKESAL Tanjung Pinang strata A dengan Nilai 88.96.

    Dengan berjalannya waktu Departemen Kesehatan akan memberikan keputusan bahwa Sekolah Perawat Setingkat SPK akan melakukan perpindahan ke jenjang Akademi. Di tahun 2001 sesuai dengan DEPKES RI No. 00.06.1.1.03764 ,  tepatnya tanggal 04 Januari 2001 sudah resmi berpindah menjadi sebuah Akademik dengan nama: Akademi Keperawatan Hang Tuah Tanjung Pinang Provinsi Riau binaan dari Yayasan Nala. Oleh sebab itu SPK SEKESAL Tanjung Pinang sudah tidak lagi melakukan kegiatan penerimaan Mahasiswa Baru.

    Akademi Keperawatan Hang Tuah Tanjung Pinang terus melakukan pembenahan dalam melengkapi kebutuhan serta sarana dan prasarana sesuai dengan standarisasi Pendidikan DIII Keperawatan. Perjuangan demi perjuangan dilakukan untuk memperoleh penilaian akreditasi dengan baik pada tanggal 29 April 2005 surat keputusan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. HK. 00.06.2.2.00.587 menyatakan bahwa Akper Hangtuah Tanjung Pinang memperoleh predikat B dengan nilai 85,62. Kemudian dilanjutkan di tahun 2006 Akademi Keperawatan juga sudah melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi.

    Dengan Tekad dan semangat maka seluruh civitas bergabung diantaranya yaitu Yayasan Nala, TNI Angkatan Laut, Pemerintah Daerah, Kopertisi Wilayah X, Rumah sakit Daerah Tanjung Pinang, RUMKITAL DR. MIDIYATO S, Dinas Kesehatan Provinsi, LANTAMAL IV, Organisasi Profesi Perawat, mendukung untuk Akper Hang Tuah Tanjung Pinang berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjung Pinang hal ini terjadi pada tanggal 01 oktober 2007 berdasarkan surat Nomor 195/D/O/2007 Keputusan Menteri Pendidikan Nasional. Diresmikan oleh bapak Adiyaman A. Saputra, S.IP selaku Ketua Yayasan Nala Laksamana Muda pada tanggal 29 Oktober 2007. Hal ini ditetapkan di Jakarta.

    Perlu diketahui informasi selanjutnya yaitu mengenai akreditasi jurusan Yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjung Pinang yaitu sebagai berikut:

    Program Studi

    Strata

    No.SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Keperawatan

    S1

    0010/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2017

    2017

    B

    2022-01-28

    Keperawatan

    D-III

    0381/LAM-PTKes/Akr/Dip/VI/2017

    2017

    B

    2022-06-22

    Ners

    Profesi

    0011/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2017

    2017

    B

    2022-01-28

     

    Pada saat ini tenaga pengajar STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang sudah berkualifikasi di jenjang S2.  STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang juga memiliki beberapa kerjasama yaitu:

    ·The 2nd International Nursing Conference 2018

    ·Bapelkes Batam

    ·Panti Werdha Panti Werdha

    ·RSUD Tanjung Urban

    ·Mahdi Bogor

    ·RS Dr. Marzoeki

    ·RSBK Batam

    ·RSUD Provinsi

    ·RSUD Tanjung Pinang

    ·RSAL Midiyato S

    ·Puskesmas Tanjung Pinang

    Bagi kamu yang berminat untuk bergabung di STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang maka dapat mengunjungi halaman website di bawah ini untuk melihat informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru lebuh lanjutnya.(Risma)

    Sumber : www.stikeshangtuah-tpi.ac.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjung Pinang
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar