Israel Larang Pasokan Pangan Masuk ke Palestina

Daftar Isi

    Foto: ACT

    LancangKuning.com, YERUSALEM, GAZA – Otoritas Israel melarang produsen susu dan daging memasok dua kebutuhan pokok tersebut ke Yerusalem Timur, Palestina. Larangan itu diberlakukan tanpa alasan mulai 1 Juli hingga Agustus mendatang. Aturan itu dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Israel dan Layanan Kedokteran Hewan Negara dan Kesehatan Hewan, sesuai diberitakan Al Monitor.

    Selain blokade, otoritas Israel kerap melarang sepihak masuknya pasokan pangan ke wilayah Palestina.

    Berbicara kepada Radio Voice of Palestine awal Juli lalu, Menteri Ekonomi Nasional Palestina Khalid al-Assaily mengatakan, keputusan yang sama juga akan dilakukan Palestina jika Israel memaksakan aturan tersebut. Pada Juli 2010 dan Maret 2016, Israel juga telah melarang lima produsen pangan Palestina membawa produk mereka ke Yerusalem timur.

    Kerawanan pangan juga terjadi di Gaza. Berdasarkan data Reliefweb, pada tahun 2018, hingga 1,3 juta orang di Gaza, atau 68 persen populasi diidentifikasi mengalami kerawanan pangan. Faktor utamanya adalah kemiskinan, yang mana persentasenya meningkat 59 persen dari tahun 2014.

    Jumlah orang yang tidak bekerja di Gaza mencapai rata-rata 53 persen di kuartal pertama 2018, 69 persen dari jumlah tersebut adalah pemuda.

     Sedangkan di Tepi Barat, 12 persen penduduk Palestina mengalami kerawanan pangan, dan 18 persen penduduk tidak mempunyai pekerjaan.
    Sejak dua tahun lalu, kerawanan pangan menjadi fakta hitam keadaan di Palestina. Kualitas dan kesediaan pangan menurun akibat blokade yang dilakukan Israel di Jalur Gaza. “Orang-orang sangat sulit memperoleh uang untuk membeli buah dan sayur.

     Seandainya mereka punya uang pun, harga makanan terlampau tinggi,” ungkap Amjad Al shawwa, salah satu pekerja sosial di Palestina kepada Press TV.

    Hingga kini, blokade dan tindak kekerasan yang dilakukan otoritas Israel atas Palestina terus berlangsung.

    Bukan hanya tekanan secara psikologis, perang dan blokade menghancurkan hampir setiap sendi kehidupan di Gaza, mulai dari jatuhnya perputaran ekonomi hingga kerawanan pangan. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Israel Larang Pasokan Pangan Masuk ke Palestina
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar