Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Farmasi Samarinda

Daftar Isi

    LancangKuning.com Akademi Farmasi Samarinda - Awal dari akademi ini dirintis yaitu dimulai pada saat pendirian SMA KAGAMA Samarinda pada tahun 1985. Pertemuan yang cukup intensif antara dukungan moral dari PT. Kimia Farma (Tbk) dan Balai POM Samarinda menghasilkan sebuah kesepakatan untuk pendirian Diploma III Farmasi. Pada tanggal 23 November 2001 didirikanlah Akademi Farmasi Samarinda ini oleh Yayasan KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) Kalimantan Timur.

    Program Diploma III Farmasi Akademi Samarinda melaksanakan kurikulum yang disusun berdasarkan realita kebutuhan di pasar tenaga kerja yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan serta terampil untuk bekerja di bidang farmasi yang didasari dengan kemampuan analisis dasar, inovasi dan penerapan teknologi dan juga berhasil secara maksimal baik secara praktis maupun teoritis.

    Mungkin kamu tertarik untuk masuk Ke kampus Akademi Farmasi Samarinda bukan? Jika kamu berminat, tentu saja kamu harus lihat kelebihan atau kekurangan jurusan pada kampus Akademi Farmasi Samarinda ini tentunya. Salah satunya dengan cara melihat rating atau akreditasi dari jurusan yang ada. Namun tenang saja, disini sudah kami uraikan akreditasi jurusan kampus Akademi Farmasi Samarinda sebagai berikut.

    1. Program Studi Farmasi

    Farmasi merupakan program studi yang tidak jauh dari obat-obatan. Di jurusan Farmasi ini kamu tentunya akan belajar serta mengenal struktur senyawa obat dan cara penggabungan nya, lalu kamu bisa mengolahnya menjadi obat yang bisa untuk dikonsumsi. Pastinya di jurusan ini kamu akan dituntut untuk belajar, mencampur, melakukan formulasi, meracik, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang standar dan kelayakannya sudah terpenuhi. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

    Program studi Farmasi ini memiliki jenjang strata D-III, mempunyai No SK: 0075/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2015 yang dikeluarkan pada tahun 2015 dan Memiliki peringkat akreditasi B.

    Prospek Kerja Farmasi

    Bidang Farmasi ini memang tidak akan ada matinya. Bahkan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, hal ini disebabkan karena penyakit pun ikut berkembang dan membutuhkan penanganan yang tepat. Lulusan dari program studi Farmasi akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi atau disingkat “S.Farm”, dan juga bisa meneruskan pendidikan Apoteker untuk memperoleh gelar Apoteker atau“Apt”. Lulusan Farmasi tidak melulu menjadi Apoteker dan berada di sebuah apotek, tapi juga sangat dibutuhkan oleh rumah sakit dan laboratorium serta klinik. Lulusan Farmasi juga diperlukan di berbagai lembaga penelitian baik milik swasta maupun milik pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan lain sebagainya.

    Visi:

    Menjadi sebuah Institusi Pendidikan Diploma III Farmasi unggulan di dalam bidang pelayanan Kefarmasian, Penelitian dan Pengembangan obat tradisional di Kalimantan di tahun 2020.

    Misi:

    1. Melaksanakan Pendidikan Diploma III Farmasi yang memilki mutu.
    2. Melaksanakan dan mengembangkan riset di bidang kefarmasian.
    3. Menjalin kerjasama dengan Stakeholder yang saling memberi manfaat.
    4. Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana untuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu.

    Adapun berbagai macam fasilitas untuk menunjang kegiatan pada kampus Politeknik Negeri Tanah Laut yaitu:

    • Fasilitas Olahraga
    • Perpustakaan
    • Sarana Ibadah
    • Kalender Pendidikan
    • Free Hotspot

    Tempat fasilitas umum terdekat sebagai berikut.

    • Bus Umum
    • Terminal Bus
    • Restaurant
    • Cafe
    • Supermarket
    • Tempat Ibadah
    • Tempat Olahraga
    • Rumah Sakit
    • Apotek
    • Kos/Asrama

    Nah itulah Akreditasi beserta Visi dan Misi Jurusan Kampus Akademi Farmasi Samarinda yang lengkap dengan semua jurusan / program studi, tahun SK serta akreditasinya. Dan perlu kamu ketahui bahwa akreditasi merupakan gambaran kualitas dari program studi itu sendiri, semoga kamu lebih cermat dalam memilih jurusan yang tentunya sejalan dengan minat dan bakat kamu di bidangnya. Semoga bermanfaat.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Farmasi Samarinda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar