Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Otomotif

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi kalian yang baru lulus SMK atau sedang yang masih SMK  di jurusan otomotif, tentunya kalian berfikir dua hal untuk ke depannya. Yang pertama, ingin langsung bekerja dan yang kedua, atau ingin kuliah. Bagi yang ingin bekerja, kalian bisa melamar di perusahaan otomotif atau di tempat magang kalian sebelumnya. Atau juga bisa membuka bengkel sendiri.

    Sekarang bagaimana jika kalian ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Jurusan apa yang cocok untuk anak otomotif. Begitu banyak jurusan yang berhubungan dengan otomotif. Mungkin sebagian kalian tidak tahu jurusan apa itu.

    Agar kalian tahu, kami akan memaparkan jurusan kulian untuk lulusan smk otomotif sebagai berikut :

    1. Teknik Otomotif

    Pada jurusan ini kamu akan dibekali pengetahuan mengenai teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi otomotif dan entrepreneur. Jurusan teknik otomotif membekali kita agar bisa mengembangkan serta memadukan praktek dan teori. Orang yang mengambil jurusan ini biasanya sangat tertarik dengan otomotif, mampu berkomunikasi dengan baik, sopan dan santun, serta peka dengan keadaan sekitar.

    Peluang kamu untuk bekerja juga sangat tinggi. Jika yang terpikir di pikiran kamu kalau seorang teknik otomotif hanya bekerja di bidang otomotif saja, kamu salah. Bahkan kebanyakan lulusan dari sarjana teknik otomotif kerjanya di depan komputer. Kamu bisa menjadi seorang spesialis otomotif, insinyur lokomotif dan ahli teknik manufaktur.  Ada banyak perusahaan yang menerima mahasiswa lulusan teknik otomotif, antara lain Saipem, Badak LNG, Astra, Medco, Total E & P, Schlumberger, dan banyak lagi.

    1. Teknik Mesin

    Jika masuk jurusan ini, kamu bisa disebut juga seorang mekanik. Pada mata kuliah di jurusan ini, kamu akan diajarkan design, manufaktur serta pemeliharaan mesin. Kamu harus update mengenai mesin dan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Karena semakin lama peralatan yang berhubungan dengan mesin akan semakin canggih.

    Prospek kerja kamu tak hanya menjadi seorang mekanik yang kerjanya di bengkel saja, namun juga bisa sebagai teknisi di sebuah perusahaan ternama. Kamu juga bisa bekerja di industri yang mengurusi di bagian mesin.

    1. Teknik Elektro

    Pasti kamu di SMK pernah mempelajari mengenai listrik. Otomotif secara tak langsung berhubungan langsung dengan listrik. Mesin otomotif yang dijalankan memerlukan listrik untuk berfungsi. Dij urusan ini kamu mempelajari mengenai instalasi listrik, robotik bahkan mengenai IT pun akan kamu pelajari.

    Pada saat ini, banyak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan juga perusahaan yang memproduksi barang-barang elektronik. Kamu bisa bekerja di perusahaan tersebut sebagai seorang teknisi. Industri seperti pembangkit listrik, manufaktur, IT, dan lain-lain merupakan perusahaan yang cocok untuk kamu bekerja.

    1. Teknik Industri

    Teknik industri juga masih berhubungan dengan otomotif. Pada teknik industri kamu juga mempelajari mesin dan lain-lain. Jika kamu lulusan SMK jurusan otomotif, tentu akan cocok dengan pelajaran kamu sebelumnya. Tetapi bedanya, jika di SMK belajar mengenai mesin mobil, di teknik industri kamu akan mempelajari mesin-mesin yang digunakan dalam industri. Tidak jauh berbeda.

    Kamu juga mudah untuk mendapatkan pekerjaan karena banyak perusahaan yang membutuhkan teknisi yang mampu untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin industri mereka. Tanpa seorang teknisi, sebuah perusahaan akan kewalahan jika ada mesin produksi mereka yang rusak. Kerugian tak terhindarkan jika salah satu mesin produksi mati.

    Demikian yang dapat kami informasikan. Jika anda berminat, segeralah daftar di Universitas yang menyediakan salah satu dari jurusan diatas.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Otomotif
    Sangat Suka

    83%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar