Warga Terdampak Banjir Konawe Terima Paket Pangan

Daftar Isi

    Foto: Banjir Konawe Utara

    LancangKuning.Com, KONAWE UTARA – Jalan berlumpur sisa banjir besar yang melanda Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi Tenggara menjadi medan yang harus dilewati tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) menuju Desa Puusuli, Kecamatan Andowia.

    Mobil berpenggerak empat roda serta motor trail digunakan untuk sampai ke Puusuli. Tak ada jalur lain yang dapat dilewati, banjir telah menghancurkan berbagai fasilitas umum termasuk jalan yang layak untuk dilewati.

    Di Puusuli, ACT datang untuk mendistribusikan paket pangan. Kebutuhan pokok ini diberikan mengingat kegiatan ekonomi serta berbagai aktivitas warga yang sampai saat ini masih terhenti pascabanjir.

    Hasbullah dari tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT mengatakan, masyarakat di Puusuli kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok setelah banjir ini. Jalur utama serta tak adanya transportasi menjadi penghambat keluar-masuknya kebutuhan di desa mereka.

    “Di sini kami mendistribusikan 100 paket pangan bersama Wardah ke masyarakat terdampak,” jelas Hasbullah, Rabu (26/6). Desa Puusuli yang ada di bawah administrasi Kecamatan Andowia merupakan salah satu desa terdampak parah banjir.

    Ratusan kepala keluarga di sini kehilangan tempat tinggal akibat terbawa derasnya arus banjir. Kebun-kebun yang digunakan untuk pertanian juga mengalami kerusakan, akibatnya perekonomian terpaksa terhenti sementara.

    Rumah-rumah rusak mendominasi kondisi desa. Sebagian ada juga yang masih berdiri, hanya beberapa bagiannya saja yang mengalami kerusakan. Setelah banjir berangsur surut, pemilik rumah mulai kembali ke rumah masing-masing, mereka memperbaiki rumah serta mengais harta benda yang masih dapat digunakan.

    Akan tetapi, tak sedikit dari mereka yang masih memilih tinggal di pengungsian sambil menunggu bantuan yang menjadi tumpuan hidup mereka belakangan ini.

    Hingga kini, status tanggap darurat masih diberlakukan di wilayah Konawe Utara sejak banjir melanda empat pekan lalu. Masa tanggap darurat akan diakhiri pada Sabtu (29/6) mendatang setelah diperpanjang pada Ahad (16/6) lalu. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Warga Terdampak Banjir Konawe Terima Paket Pangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar