Upaya Menanggulangi Malnutrisi Anak-Anak Yaman

Daftar Isi

    Foto: Puluhan ribu anak-anak Yaman meninggal dunia karena gizi buruk.

    LancangKuning.Com, SANA’A – Perang saudara telah mengubah wajah Yaman sejak empat tahun lalu. Kerusakan merajalela, bahkan lebih fatal, kematian mulai tidak terhindarkan. Bukan karena pembantaian, namun menurunnya kesehatan penduduk Yaman yang membunuh secara perlahan namun pasti.

    Pada 2017, Dana Anak-anak PBB (UNICEF) menyebut “konflik dan kelaparan memperburuk kondisi malnutrisi anak-anak Yaman”. Anak-anak pasien gizi buruk memenuhi setiap bangsal rumah sakit di Yaman, termasuk rumah sakit-rumah sakit di ibu kota Yaman, Sana’a.

    Dampak konflik yang melebar itu pun menjadi perhatian dunia, termasuk masyarakat Indonesia dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Mei lalu, ACT kembali berupaya meredam krisis malnutrisi di Yaman. Bantuan dana dan obat-obatan diberikan kepada keluarga yang memiliki anak-anak malnutrisi.

    “Bantuan dana dan obat-obatan diberikan bulan Mei lalu menjangkau puluhan keluarga di Sana’a. Mereka memiliki anak-anak yang menderita malnutrisi.” lapor Said Mukaffiy dari Global Humanity Response (GHR) - ACT. Melalui mitra ACT di Sana’a bantuan langsung diberikan ke rumah-rumah penerima manfaat.

    Baca Juga: Konflik di Yaman, 50.000 Jiwa Melayang

    Dalam meredam gizi buruk di Yaman, ACT telah beberapa kali mengirimkan bantuan ke negeri yang berada di sisi Teluk Aden itu. Bantuan itu antara lain suplai makanan penunjang, layanan kesehatan, dan menyediakan pasokan vitamin.

    "Insyaallah, ACT akan terus berikhtiar meredam gizi buruk di Yaman. Sebab itu, peran para dermawan di Indonesia begitu penting dalam meredam krisis kemanusiaan di negeri tersebut," imbuh Said.

    Malnutrisi menjadi pekerjaan rumah bagi Yaman. Keadaan itu muncul sebagai dampak buruk perang saudara yang berkepanjangan. Sejak tahun 2015, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebutkan bahwa sistem kesehatan di Yaman telah mendekati keterpurukkan. Hingga tahun 2019 pun, tingginya kebutuhan pelayanan medis di Yaman belum dapat terpenuhi.

    Selain obat-obatan, masyarakat Yaman juga membutuhkan tenaga medis seperti dokter ahli gizi, dokter kandungan, dan dokter umum.(LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Upaya Menanggulangi Malnutrisi Anak-Anak Yaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar