Manfaatkan Lahan Tidur, 18 Hektar Cetak Sawah Baru di Sabak Auh

Daftar Isi

     

    SIAK-Saat melakukan kunjungan ke Kampung Selat Guntung Kecamatan Sabak Auh, Bupati Siak melihat potensi persawahan di Kampung tersebut, karena sumber air sangat baik.

    "Lahan pertanian di Selat Guntung yang saat lama seluas 65 hektar dan yang baru ada 18 hektar, ini prosefeknya sangat bagus, sudah di coba dibuat air kanal, Alhamdulillah airnya jernih dan bisa menjadi sumber pengairan sawah," kata Alfedri, Selasa (18/6/19).

    Alfedri mengatakan, selama ini memang petani disana agak mengelauh, karena hasil sawah mereka kurang memuaskan, sebab air pasang selalu masuk di lahan sawah itu. Namun tahun ini Pemkab Siak sudah menganggarkan pembuatan tanggul untuk mengelak air pasang masuk.

    "Dulu petani mengeluh, karena air pasang masuk, jadi mudah-mudahan setelah ada tanggul nanti masyarakat tidak ada kendala lagi untuk bercocok tanam ," kata Alfedri.

    Terkait lahan baru seluas 18 hektar tersebut, Bupati juga telah meminta PPL setempat untuk segera membuat proposal dan segera antar ke Dinas terkait.

    "Kita upayakan bisa masuk di APBD Perubahan ini," kata Alfedri.

    Seementara itu PPL Sabak Auh Junaidi mengatakan, lahan 18 hektar tersebut sebelumnya merupakan lahan tidur, yang kini telah disulap menjadi lahan persawahan baru. Ia berharap persawahan tersebut bisa segera dibantu oleh Pemkab Siak.

    "Alhamdulillah, pak Bupati sudah memberikan lampu hijau untuk cetak sawah baru ini, kita berharap APBD Perubahan ini sudah dianggarkan," harap Junadi.

    Pemkab Siak saat ini terus berupaya untuk terus membuka lahan cetak sawah baru, untuk menjadi Siak sebagai swasembada beras di negeri istana. (LK/Gus-li)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaatkan Lahan Tidur, 18 Hektar Cetak Sawah Baru di Sabak Auh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar