Biografi Programmer Terkenal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika kamu mendengar kata Programmer apa saja hal yang terlintas di benak kamu? Programmer adalah orang yang mampu membuat dan mengembangkan aplikasi, program, atau perangkat lunak yang dirancang oleh analisa sistem dan sebuah kode khusus. Keahlian seorang programmer ini sekarang sudah menjadi minat orang-orang dan dapat dilihat sebagai profesi yang hebat. Kali ini kita akan berkenalan dengan 10 programmer terbaik dunia.

    1. Dennis Ritchie

    Seorang pria yang bernama Dennis MacAlistair Ritchie merupakan ilmuwan komputer  dan kepala Lucent Technologies Sistem Departemen Riset Software (LTSDRS) yang berasal dari Amerika dan membantu membentuk era digital. Ritchie bersama rekannya Ken Thompson telah berhasil menciptakan bahasa pemrograman C, Operasi Unix.

    2. James Gosling

    Gosling merupakan ilmuwan komputer yang berasal dari Kanada. Yang dikenal sebagai bapak dari bahasa pemrograman Java. Gosling juga telah membangun kerjasama besar untuk beberapa sistem software lain yang ada. Karena memiliki banyak prestasi, Gosling dipilih untuk menjadi anggota Asosiasi Luar Negeri Amerika Serikat National Academy of Engineering.

    3. Bjarne Stroustrup

    Stroustrup merupakan seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Denmark, Ia memegang College of Engineering Chair di Fakultas Ilmu Komputer di Texas A & M University dan juga merupakan seorang profesor Riset Distinguished. Stroustrup menciptakan dan mengembangkan banyak bahasa pemrograman C++, untuk karyanya ini Ia diundang di Universitas Columbia dan bekerja di Morgan Stanley

    4. Linus Torvalds

    Linus Benedict Torvalds merupakan seorang insinyur dari perangkat lunak Amerika yang berasal dari Finlandia, yaitu seorang yang berada dibelakang pengembangan kernel Linux. Ia telah menjadi kepala arsitek dari kernel Linux dan bertugas sebagai koordinator proyek. Ia sukses menciptakan control system revisi Git dan Bawah Permukaan software log diving.

    5. Anders Hejlsberg

    Anders Hejlsberg yaitu seorang insinyur perangkat lunak yang terdepan di Denmark dan ikut serta dalam merancang beberapa bahasa pemrograman dan telah sukses secara komersil dan lain-lain. Dia adalah seorang pencipta yang populer di bahasa pemrograman C. Tak hanya itu saja, ia juga merupakan kepala arsitek dan seorang penulis dari Turbo Pascal. Pada saat ini Hejlsberg bekerja untuk Microsoft sebagai arsitek utama C dan pengembang inti pada naskahnya.

    6. Tim Berners - Lee

    Tim Berners - Lee atau Sir Timothy John telah dikenal sebagai "TimBL", merupakan seorang ilmuwan komputer dari Inggris, dan yang paling dikenal adalah sebagai penemu atau pencipta dari “www” atau World Wide Web. Untuk mengerjakan proyeknya, ia membuat proposal untuk sistem informasi manajemen dan menerapkan komunikasi pertama yang telah sukses antara Hypertext Transfer Protocol atau yang kita kenal dengan sebutan “http” dari klien dan server melalui Internet. Lee berperan sebagai directed dari World Wide Web Consortium, yang terus mengawasi pengembangan Web.

    7. Brian Kernighan

    Brian Wilson Kernighan, juga merupakan seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Kanada yang bekerja di Bell Labs bersama pencipta Unix Ken Thompson dan Dennis Ritchie, serta ikut antusias bagi pengembangan Unix. Ia juga salah satu penulis dari bahasa pemrograman AMPL dang AWK. Nama Kernighan pun sudah menjadi dikenal dengan luas.

    8. Ken Thompson

    Kenneth Thompson merupakan seorang perintis ilmu komputer yang berasal dari Amerika. Ia dikenal dengan nama Ken di kalangan para Hacker. Thompson membangun dan menerapkan sistem operasi Unix asli. Dan sebelumnya para pendahulunya hanya langsung dengan bahasa pemrograman C, Thompson menemukan bahasa pemrograman B. Thompson adalah salah satu dari banyak pengembang awal dan pencipta dari Plan 9 dalam sistem operasi.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Biografi Programmer Terkenal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar