Ruang Lingkup Sasaran dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akuntasi manajemen adalah sebuah sistem akuntansi yang tujuannya untuk memperlihatkan laporan keuangan kepada pihak dalam perusahaan, contohnya seperti manajer di keuangan, produksi, pemasaran dan  pihak-pihak internal lainnya.

    Pengertian menurut para ahli

    Manajemen akuntansi adalah  suatu kegiatan yang mengadung sebuah informasi tentang uang yang dijadikan sebagai dasar untuk menjalankan suatu fungsi manajemen. ( Supomo dan Halim)

    Manajemen akuntansi adalah sebuah informasi yang didapatkan dari akuntansi manajemen dan digunakan untuk pemakaian internal entitas (Mulyadi)

    Manajemen akuntansi adalah proses identifikasi, dan analisis yang digunakan oleh suatu manajemen yang menjadikannya sebagai sumber daya. Akuntansi manajemen juga bisa untuk mengatur saham dan otoritas pajak. ( Chartered Institute of Management Accountants – CIMA)

    Management accounting adalah suatu proses yang membutuhkan pengukuran dan persiapan untuk mendapatkan informasi yang bisa membantu sebuah eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasinya ( Charles T.Homgren)

    Perbedaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan

    Akuntansi manajemen sering digunakan untuk internal perusahaan, dan akuntansi manajemen sering digunakan untuk external sebuah lembaga atau perusahaan.

    Fungsi 

    • Sebagai penyajian data dan informasi yang bersifat penting dan memiliki kaitan yang banyak dengan proses manajemen.
    • Untuk perencanaan sebuah sistem keuangan perusahaan dan di dalamnya termasuk sistem keuangan

    Tujuan dan manfaat manajemen akutansi bagi perusahaan

    1. Membantu penyusunan yang suda direncanakan sebelumnya secara aktif atau bagus.
    2. Dengan adanya akuntansi manajemen bisa membantu sebuah proses pengawasan dan juga bisa menjadi pengendali dalam sebuah perusahaan.
    3. Menjadi tumpuan untuk sistem operasional atau sebagai landasan dalam usaha sehari-hari yang sangat berguna karena sistemnya bekerja sangat efektif dan efisien. Semua informasi yang dibutuhkan oleh kepala perusahaan sudah ada di dalam akuntansi manajemen.
    4. Dengan menggunakan akuntansi manajemen akan mempermudah dalam pengambilan sebuah keputusan yang terkait dengan sistem keuangan sebuah perusahaan. Di dalam sebuah perusahaan bisa jadi sistem yang dijalankan tidak selamanya berjalan mulus. Kadang-kadang juga mengalami masalah. Oleh karena itu manajer sebuah perusahaan bisa mengambil keputusan yang cepat dengan menggunakan informasi yang ada pada akuntansi manajemen.

    Manfaat akuntansi manajemen

    1. Sebagai penyedia informasi keuangan yang pasti yang berisikan tentang anggaran pengeluaran dan pemasukan keuangan sebuah manajemen.
    2. Laporan akuntansi keuangan ini bersifat kuantitatif yang laporan yang bersifat informasi yang di buat dalam bentuk laporan yang bisa membuat sebuah perusahaan mengambil keputusan yang bijak ketika terjadi masalah keuangan.
    3. Akuntansi manajemen memiliki buku yang sangat berguna untuk sumber informasi atau penyedia informasi. Bisa jadi sebuah perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain, nah jadi catatannya da di buku akuntansi manajemen.
    4. Dengan adanya akuntansi manajemen juga bermanfaat sebagai informasi yang berguna sebagai penetapan tanggung jawab masing-masing karyawan dalam sebuah perusahaan. Terutama bagi perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi besar dan pasti sistem kerja di perusahaan terbagi-bagi ke beberapa unit yang kecil. Jadi nanti masing-masing dari unit kerja yang kecil ini akan membuat laporannya masing-masing. Jadi yang akan menyusun semua laporan itu adalah akuntansi manajemen.

    Proses  manajemen

    1. Perencanaan adalah perencanaan bagaimana jalannya suatu perusahaan dari awal sampai akhir.
    2. Pengendalian merupakan Sebuah aktivitas yang dilakukan untuk memonitor kerja suatu manajemen atau perusahaan.
    3. Pengambilan merupakan proses pemilihan yang secara alternatif. Contohnya adalah sebagai penyedia informasi yang bisa memudahkan manajer dalam mengambil keputusan.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Sasaran dan Tujuan Akuntansi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar